My Sweet Home

DO'A ISTIKHARAH


******************************************************************
Catatan ini evi tulis karena teman-teman di kos yang curhat tadi malam..
Semoga bermanfaat ya sahabat-sahabatku khususnya dan pembaca yang lainnya pada umumnya. Semoga bermanfaat.
Dan do'a evi persembahkan buat hati yang bersedih yang selalu bekhusnudzon pada Allah SWT.
******************************************************************

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan [yang terbaik] kepada Engkau dengan ilmu [yang ada pada]-Mu, dan aku memohon kekuasaan-Mu [untuk menyelesaikan urusanku] dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kekuasaanMu [untuk menyelesaikan urusanku] dengan kodratMu.

Dan aku memohon kepadaMu sebagian karuniamu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, dan Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, sekiranya Engkau tahu bahwa urusan ini lebih baik untuk diriku, agamaku, dan kehidupan ku, serta [lebih baik pula] akibatnya [di dunia dan akhirat], maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.

Dan sekiranya Engkau tahu bahwa urusan ini lebih buruk untuk diriku, agamaku, dan kehidupanku, serta [lebih buruk pula] akibatnya [di dunia dan akhirat], maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku dimana pun, kemudian jadikanlah aku ridho menerimanya.


************************************************************************
************************************************************************

CATATAN


Apakah tidak mungkin untuk bershalat
Orang yang sedang tidak bersholat misalnya perempuan yangs ednag mengalami menstruasi, bagaimana?

Jawabnya :

"Ya. Dia boleh mengerjakan istikharah hanya dengan membaca do'anya (tanpa shalat). Demikian juga yang lain yang tidak memungkinkan untuk shalat. Ini adalah madzhab Hanafiyyah, malikiyyah dan Syafi'iyyah. Mereka membolehkan istikharah hanya dengan do'a tanpa shalat, apabila memang berat (ada udzur) untuk mengerjakan istikharah ini dengan shalat dan do'a sekaligus" (Abu Umar Abdullah Al-Hammadi, Misteri Shalat Istikharah)

Do'a istikharah itu hanya membutuhkan waktu kurang dari satu menit untuk di ucapkan, sedangkan shalat istikharah memerlukan waktu bermenit-menit, apalagi jika harus berwudhu lebih dulu sebelum shalat. Apabila Anda membutuhkan pengambilan keputusan secepat-cepatnya, sementara waktu yang tersedia hanya satu atau dua menit, janganlah Anda beralasan kekurangan, berdo'a saja insyaAllah sudah memadai.


Kapan waktu terbaik untuk beristikharah
Waktu yang terbaik untuk do'a Istikharah adalah ketika seusai tasyahud akhir, yakni tepatnya sebelum salam. Teungku Muhammad Hasbi Ash Shiddieqy menerangkan :
Segala hadits yang terkenal dalam kitab Shahih, kitab-kitab Sunan dan kitab Musnad menunjukkan bahwa Nabi saw berdo'a dia akhir shalat, sebelum bersalam.

Akan tetapi kalau terlupa atau karena keadaan tidak mengizinkan kita berlama-lama duduk dalam tasyahud [akhir], maka barulah kita berdo'a sesudah salam. Teungku Muhammad Hasbi Ash Shiddieqy mengabarkan "Sebagian ulama membolehkan berdo'a langsung sehabis shalat". Namun, Ash Shiddieqy menganjurkan, "Sesudah bershalat, hendaklah memuji Allah, bershalawat, kemudian membaca [do'a istikharah]"(Pedoman Shalat, [Semarang : Pustaka Rizki Putra,2001])
author

a wife, a mom, a blogger, a survivor of ITP & Lupus, a writer, author, a counselor of ITP & Lupus autoimmune, a mompreuneur, a motivator, a lecturer.

Terima kasih sudah membaca tulisan saya ini. Mohon setelah membaca, beri komentar di bawahnya.
Silahkan follow IG saya : @eviandriani55 dan Twitter saya : @eviandri55.
Salam santun, Evi.