Senin, 12 April 2010

Kasih, Sayang & Cinta

Senin, 12 April 2010
Kasih, Sayang & Cinta


Sering kali orang menganggap kasih, sayang & cinta mempunyai pengertian yang sama. padahal ketiganya memiliki pengertian yang berbeda. namun tidak jarang orang justru tidak bisa menjelaskan walaupun kosa kata tersebut paling banyak diucapkan & menjadi penyebab larisnya suatu komoditas. lagu yang laris, lagu tentang cinta. buku laris, buku tentang cinta. filem laris, filem tentang cinta. jualan paling laris, jualan "cinta".

Kasih artinya memberi dengan tulus, tanpa pamrih, atruistic. tujuanpemberian tersebut hanyalah kegembiraan yang dikasihi. ketulusan ini menyebabkan sesuatu pemberian menjadi bernilai tak ternilai. kita butuh mengasihi karena dengan mengasihi kita menjadi orang yang sukses orang yang mampu memberikan sesuatu yang tak ternilai, sehingga kita menjadi orang yang tak ternilai. (baca Secangkir kopi yang bernilai "TAK TERNILAI', http://www.facebook.com/note.php?note_id=51921369276&id=1569850388&index=0 )

Hanya orang "kaya", yang bisa mengasihi, yaitu orang yang merasa memiliki kelebihan aset (harta, ilmu, waktu dll) sementara orang "miskin" tidak akan mengasihi, yaitu orang yang selalu merasa kekurangan aset, karena dengan mengasihi (memberi tanpa pamrih) ia akan merasa asetnya akan semakin berkurang.

Untuk dapat mengasihi seseorang kita harus harus tahu apa yang tidak dimiliki menjadi keinginan orang tersebut. kita hanya bisa memberi kepada seseorang yang mau mengakui bahwa ia memang tidak memiliki hal tersebut atau memiliki suatu kekurangan. kita tidak bisa memberi sesuatu kepada orang yang mempunyai kelebihan dalam hal tersebut dan juga kita tidak bisa memberi kepada seseorang yang sombonga, yaitu orang tidak mau mengakui bahwa ia memang tidak memiliki hal tersebut atau memiliki suatu kekurangan kekurangan.

Kita butuh dikasihi, karena tidak selamanya kita mampu "membeli" segala kebutuhan kita. ada saat-saat dimana kita tidak kemampuan untuk "membeli", seperti masa anak-anak, sakit, jobless, lanjut usia dll. selain itu menjadi kekasih seseorang berarti menjadi orang terpilih , menjadi orang yang bernilai tak ternilai.

Lalu apa bedanya dengan sayang ? sayang artinya tidak ingin orang yang disayangi susah, menderita, kesakitan, sedih dan sejenisnya.

Untuk dapat menyayangi kita harus tahu apakah sesuatu itu aman atau tidak akan mencederai seseorang yang akan kita sayangi tersebut.

Sayang yang paling rendah adalah tidak mencederai, apalagi ketika kita marah. sayang jenis ini dapat terhadap semua orang & sesama makhluk hidup.

Sayang yang paling tinggi adalah kita memberi dengan tulus perlindungan orang yang kita sayangi inilah yang disebut dengan kasih sayang. ketika kita memberi kita selalu meyakini sesuatu yang kita beri tidak akan mencederai orang kita sayangi tersebut.

lalu apa bedanya dengan cinta ?

Diantara orang dikasihi, ada orang-orang yang sangat istimewa. kita selalu ingin bersamanya, rindu dengannya, ada kegembiraan, kesenangan, kebahagiaan jika bersamanya. adalah kasih ( dan sayang) ketika kita membantu seorang nenek yang tidak dikenal untuk menyeberang jalan namun tidak ada harapan untuk bertemu kembali dengan nenek tersebut. Berbeda dengan orang-orang istimewa itu, kita rindu untuk bertemu, kita gembira jika bersama dan kita berusaha untuk memberi nya apapun yang mereka minta, dan kita lakukan semua itu dengan segala ketulusan. Inilah Cinta, adanya rasa suka, rindu dan kasih. Mencintai : meridukan, menyukai & mengasihi. Dicintai : dirindukan, disukai & dikasihi. Kita butuh mencintai & dicintai.

dari : abangku dr. Untung Sentosa, MSi
blog comments powered by Disqus