My Sweet Home

perbedaan dari transmisi analog dengan digital

Ada perbedaan dari transmisi analog dengan digital yaitu :

a.Sinyal digital lebih tahan noise ( gangguan ) daripada sinyal analog sehingga lebih jernih bila untuk komunikasi.
Hal itu terlihat dari percobaan dari bunyi yang dikeluarkan kedua transmisi berbeda.
b.Pada Transmisi digital lebih jernih daripada transmisi.
bPada transmisi analog, nilainya sulit terjangkau sedangkan transmisi digital sudah pasti 0 dan 1.
Hal itu terlihat pada transmisi analog menghasilkan suara yang kurang jernih sehingga cahaya lampu indikator sulit diketahui nilainya sedangkan pada transmisi digital yaitu komunikasi morse menghasilkan cahaya yang berkedip-kedip yang menunujukkan sinyal digital 1 atau 0.

c.Pada analog, hasil yang diperoleh kurang dapat dibaca dibandingkan dengan digital yang hasilnya pasti.

d.Sistem data analog digunakan bila diperlukan lebar bidang yang lebar atau ketelitian yang lebih rendah dapat ditolerir. Sedangkan sistem digital digunakan bila proses yang akan dimonitor berubah secara perlahan ( lebar bidang sempit ) dan bila diperlukan ketelitian tinggi serta biaya yang rendah untuk setiap saluran.

e.Mendesain sistem transmisi digital relatif lebih mudah dibandingkan dengan mendesain sistem transmisi analog yang sama.
Hal itu terlihat ketika praktikum merangkai rangkaian transmisi analog lebih sulit dan lama dibandingkan dengan transmisi digital.

f.Pada transmisi analog, makin tinggi gain analog receiver maka feedback semakin besar sedangkan pada transmisi digital semakin besar signal generator frekuensi maka semakin cepat cahaya berkedip dan perlahan-lahan semakin nol.
author

a wife, a mom, a blogger, a survivor of ITP & Lupus, a writer, author, a counselor of ITP & Lupus autoimmune, a mompreuneur, a motivator, a lecturer.