My Sweet Home

SEBUAH JEJAK PENGEMBARA PENGETAHUAN (Catatan)



Alhamdulillah, salah satu anggota dari LRS Medan membuat catatan yang indah tentang buku adalah bahan yang penting bagi kehidupan. Suatu motivasi yang indah.
******************

LRS MEDAN-SEBUAH JEJAK PENGEMBARA PENGETAHUAN

-catatan sederhana pemulung kata-kata-

Oleh: Dani Sukma AS*



“Bagimu mungkin pepatah ‘buku adalah gudang ilmu’ terlalu sederhana, tetapi tidak bagiku! Bagimu mungkin ‘buku hanya sekedar museum kata-kata’, tetapi tidak bagiku! Sebab dalam yakinku; buku adalah sejarah! Buku adalah impian dan harapan! Buku adalah kehidupan yang menghidupkan! Buku adalah bukti keajaiban Tuhan!”

***

Usah berkelakar segala ujar bahwa buku hanyalah candu kedunguan si kutu buku, sebab ketika kau berpikir tentang itu, maka aku akan bersibantah kata denganmu! Mari kita berdebat secara ilmiah, siapa yang meragukan buku adalah gudang ilmu? Kita tahu jejak-jejak sejarah karena kata-kata berkembara dalam buku hingga mencipta peradaban masa lalu! Sejarah mencatat kelahiran para pemikir dunia seperti Thomas Alva Edison, Isac Newtoon, Alexander Graham Bell, hingga Nabi Muhmmad SAW, yang kesemua itu dapat kita ketahui dari buku! Bahkan kita yakin akan adanya Allah SWT, pun karena firman-firman-Nya yang terpahat indah dalam buku (kitab). Maka, apakah kau akan mendustai kebenaran bahwa buku adalah gudang ilmu? Jika ya, terkutuk-lah dirimu! Bahkan dalam hidupmu ada sebentang buku ‘kasat mata’ yang menggurat risalah takdirmu! Jadi usah berpikiran picik, bahwa buku hanya layak disantap para kutu buku, sebab ketika kau menyebut penikmat dan pecinta buku sebagai ‘kutu’ maka kau layak disebut ‘kotoran kutu’ sebab derajatmu lebih rendah dari sang kutu!

Usah berkoar bahwa buku hanyalah sekedar museum kata-kata, sebab ketika kau berpikir tentang itu, maka aku akan berjibaku argumentasi denganmu! Kukatakan padamu; buku bukan sekedar museum kata-kata, tetapi buku adalah penjejak peradaban dunia! Buku adalah tonggak yang memancangkan kibaran bendera ilmu mulai dari filsafat, ekonomi, teknologi, sejarah, bahkan agama sekali pun! Berkat buku segala aspek kehidupan dapat berkibar untuk dihormati anak cucu lewat upacara pendidikan demi memuliakan cita-cita dan impian! Maka jangan kudengar koarmu tentang sedangkal pikir bahwa buku hanyalah museum kata-kata, sebab ketahuilah olehmu bahwa buku adalah lautan pengetahuan yang mampu melayarkanmu menuju dermaga kebahagiaan!

Usah berceloteh menggantungkan impian dan harapan pada buku adalah ketololan, sekali saja kudengar celotehmu maka tak segan kutikamkan kata-kata ke mulut besarmu! Ketahuilah; para intelektual kelas dunia, bahkan wali sekali pun dalam menyebarkan ajaran nabi untuk menggantungkan impian dan harapan memuliakan risalah Tuhan demi kedamaian juga melalui buku (kitab) yang menggurat segala firman! Lalu ketika kau membual bahwa buku bukanlah jalan meraih mimpi dan harapan, sejatinya kau juga telah menikam Tuhan, sebab wahyu Tuhan juga mewujud dalam buku (kitab).

Usah bersibantah denganku, tentang martabat sebuah buku; sebab kukatakan padamu buku adalah kehidupan yang menghidupkan! Buku adalah tatanan kehidupan! Buku adalah jembatan memuliakan Tuhan yang telah menghidupkan segala kehidupan!

Usah meragu! Kepalkan dalam yakinmu: buku juga merupakan bukti keajaiban Tuhan! Ya, kita yakin Tuhan itu ada karena kemuliaan firman-Nya dalam kitab, dan kitab adalah buku terbaik yang memahat wahyu Tuhan dalam menuntun umat menuju jalan kebenaran!

Bersebab itu, jika mata hatimu terbuka untuk memuliakan hidup lewat tulisan. Jika batinmu tertanam yakin bahwa buku adalah pembuka segala peradaban, maka izinkan Leutika Reading Society cabang Medan menggamit jemarimu dan menuntunmu untun menyibak belantara kata-kata hingga menembus segala makna! Di LRS cabang Medan engkau akan menjadi salah satu pengembara pengetahuan yang meninggalkan jejak kehidupan dalam menggapai risalah Tuhan!

LRS Medan, 30 Maret 2011
Persembahan buat Leutika Publisher!

*Penulis adalah Penggagas Komunitas Penulis Anak Kampus (KOMPAK) dan anggota LRS Cabang Medan. Karyanya termaktub dalam beberapa antologi sastra terbitan medan, antara lain Antologi Puisi Suara Peri dan Mimpi (Laboratorium Sastra Medan), Antologi Cerpen Cermin (Laboratorium Sastra Medan), Antologi Puisi 53 Penyair Medan (Dewan Kesenian Medan). Karyanya juga tersebar di beberapa media massa, antara lain di Harian Analisa, Harian Medan Bisnis, Harian Waspada, Majalah Pendistra, dan Majalah Kreatif Unimed.
author

a wife, a mom, a blogger, a survivor of ITP & Lupus, a writer, author, a counselor of ITP & Lupus autoimmune, a mompreuneur, a motivator, a lecturer.