My Sweet Home

Doa Setelah Makanan

Setelah makan membaca:


الْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ، غَيْرَ مُكْفِيٍّ وَلاَ مُوَدَّعٍ، وَلاَ مُسْتَغْنًى عَنْهُ رَبَّنَا


“Segala puji bagi Allah (Aku memujiNya) dengan pujian yang banyak, yang baik dan penuh berkah, yang senantiasa dibutuhkan, diperlukan dan tidak bisa ditinggalkan, ya Tuhan kami.” (HR. Bukhari)


Atau membaca:


اَللّٰهُمَّ اَطْعَمْتَ وَاَسْقَيْتَ ، وَاَقْنَيْتَ ، وَهَدَيْتَ ، وَاَحْيَيْتَ ، فَلِلّهِ الْحَمْدُ عَلىٰ مَا اَعْطَيْتَ


Ya Allah, Engkau telah memberi makan, memberi minum, memberi harta, memberi hadiah (suguhan) dan memberi penghidupan. Hanya milik Allah-lah semua pujian atas semua yang telah diberikan”. (HR. Ahmad dan Lainnya, lihat Ash-Shahihah: 71)


Atau membaca:


الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنِيْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلاَ قُوَّةٍ


Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan dan rezeki ini tanpa daya dan kekuatanku”. (HR. Penyusun kitab Sunan, kecuali An-Nasai, dan lihat Shahih At-Tirmidzi 3/159, dan Tahqiq Kalimu Ath-Thayyib: 187 )


Keterangan:


Hadits kedua: dalam Kalimu Ath-Thayyib disandarkan kepada Nasa’i dan lainnya. Syaikh Al-Albani berkata “Demikian pula diriwayatkan oleh Ibnu Sunni (no: 459) dengan sanad yang shahih, saya telah mencantumkannya dalam Silsilah Hadits Shahih no: 71”.


Adapun tentang hadits ketiga bila diucapkan setelah makan, maka Rasulullah صلي الله عليه وسلم bersabda: “Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.


Tentang Tahmid (Al-Hamdulillah) sesudah makan telah datang riwayat dari Anas bin Malik رضي الله عنه, bahwa Rasulullah صلي الله عليه وسلم bersabda:


إِنَّ اللَّهَ لَيَرْضَى عَنْ الْعَبْدِ أَنْ يَأْكُلَ الْأَكْلَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا أَوْ يَشْرَبَ الشَّرْبَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا


Sesungguhnya Allah meridhai seorang hamba yang mengucapkan tahmid setiap kali selesai makan dan minum” (HR. Muslim)


Sumber:

Terjemah Al-Kalimu Ath-Thayyib oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dengan Tahqiq Syaikh Al-Albani, Terbitan Daar El-Hujjah, Jakarta
Ebook Silsilah Hadits Ash-Shahihah oleh Syaikh Al-Albani
Hisnul Muslim Karya Syaikh Dr. Sa’id bin Ali bin Wahf al-Qahthani

(dari kiriman kakakku : Kak Abi Sabiela)
author

a wife, a mom, a blogger, a survivor of ITP & Lupus, a writer, author, a counselor of ITP & Lupus autoimmune, a mompreuneur, a motivator, a lecturer.