My Sweet Home

*# Tingkatkan Komitmen Moral #*

Dalam Surat Al'Muddatsir, ada 5 langkah strategis yang bisa dilakukan seseorang untuk meningkatkan komitmen moral:

1. Bangun dan Memberi Peringatan.
Dalam hal ini, jika kita melihat di sekeliling kita ada hal-hal yang diperbuat tidak sesuai dgn kebenaran, maka nasehatilah dan luruskanlah. Inilah makna bahwa kita peduli sosial.

2. Membesarkan Allah
Orang yg moralnya baik dan selalu ingin meningkatkannya, ia akan membesarkan Tuhannya. Dia tidak ingin membesarkan diri tapi membesarkan Allah diatas segalanya. Apalagi ia tahu bahwa Allah itu pencemburu. Dia selalu ingin menjadi orang yg tidak ada sama sekali di hadapan Allah. Karena Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu yg menciptakan dunia, galaksi beserta isinya.

3. Bersihkan Pakaian
Selalu senang membersihkan pakaiannya baik pakaian luar, fisik maupun pakaian dalamnya. Karena ia tau Allah mencintai keindahan. Hati manusia yg bersih jg akan menciptakan keindahan karena ruhiyahnya diselimuti cahaya kebaikan, cahaya iman.

4. Meninggalkan Perbuatan Dosa.
Untuk meningkatkan komitmen moral, salah satunya caranya lagi adalah meninggalkan perbuatan-perbuatan dosa.
Ia akan menghindari segala perbuatan maksiat, ia selalu berdzikir setiap kali berpikir dan ia selalu merasa bahwa Allah ada bersamanya.

5. Jangan Memberikan Sesuatu Untuk Mendapat Balasan Yang Banyak.
Ketika kita memberikan sesuatu, jangan pernah berniat bahwa kita ingin mendapat balasan, imbalan. Tapi berikan sesuatu itu karena keikhlasan. Inilah makna konsep keikhlasan, bayangkan ketika kita berikan sesuatu pada orang, tapi kita merasa tidak pernah memberikan kepada dia. Subhanallah... Di sinilah tercantum kata saudara, ketulusan dan kekuatan.

Orang beriman bukan hanya sekedar dari ucapan tapi lakukanlah dengan aksi, aktivitas. Take ur action.

Ingat kalimat "Take Action", jadi ingat perkataan saya pada seseorang alias mereka yang pernah curhat ke Evi.
"ukhti, kamu terlalu jauh"
"ukhti, saya orang biasa tidak punya biaya untuk menjemputnya"
"ukhti, wajah saya biasa saja sedangkan ia cantik jelita nan sholehah"
Ada terbesik rasa sedih di hati melihat pemikiran laki-laki sekarang bila dibandingkan dgn zaman Rasulullah dahulu.

Kunci sebenarnya adalah "Take Action"
Kalau kamu anggap ia orang teristimewa di hatimu maka berusahalah. Anggaplah ia sebagai bidadarimu. Upgrade dirimu menjadi luar biasa. Jangan hanya sekedar ucapan, tapi aksi. Karena orang yang malas hanya pandai berkata-kata, hanya pandai menggoda wanita dgn rayuan tp aksinya nol. Jika kamu orang berikan lakukan aksi, bergeraklah dimuka bumi, karena itu kita akan merasakan bahwa rezeki sebenarnya ada di mana2. Keindahan itu pun otomatis akan tampil dari dirimu jika akhlak, ruhiyah kita baik.

Nah loh, kok jadi bahas ini ya. Ini jg masuk pada kategori ketiga bersihkan pakaianmu. Upgrade mindset kita menuju kebaikan yg positif.

*Edisi menyemangati diri di pagi hari dgn membaca buku2 motivasi agar senantiasa meningkatkan komitmen moral untuk perbaiki kualitas diri. Semangat pagi*

Medan, 14 Desember 2011
~Evi A.~
author

a wife, a mom, a blogger, a survivor of ITP & Lupus, a writer, author, a counselor of ITP & Lupus autoimmune, a mompreuneur, a motivator, a lecturer.