My Sweet Home

Tips Tetap Fit Bagi Penderita Autoimun (Lupus dan ITP)

Menjawab pertanyaan adekku sayang -Angellyn Pandjaitan- .Maaf baru kakak balas ya. Kakak akhir-akhir ini jarang online dek ^_^
“kak evy kasih tips ke ade donk cr ttp fit pas kuliah :) pengen bs ngelwatin kul tnpa skit dn ngulang, jujur kak, cuman 1 dosen yg tw ak odapus, tp temen2 kul smw tw,hihi :$”

Tips untuk tetap fit waktu kuliah versi Evi bagi penderita autoimun (baik Lupus maupun ITP) yaitu :

1.Minum Obat teratur
Ada obat dari dokter diminum secara teratur sayang. Kalau kita sibuk dengan kuliah atau kegiatan lainnya sampai lupa minum obat, itu mempengaruhi kondisi tubuh kita. Karena minum obat dengan dosis tertentu sesuai apa kata dokter, bila tiba-tiba kita kurangi, efeknya itu menurut proses kimiawi itu sangat berbeda sekali;
Bila kondisi hb atau ferritin rendah, konsumsi maltofer (Dr. Gino selalu menyarankan kakak begitu).
Bagaimana keadaan hb dan ferritin adek? Kalau kakak saat ini masih sangat rendah sehingga dosis pun dinaikkan dari 1x1 menjadi 3x1

2.Perhatikan makanan dan minuman yang kita makan
► Hindari untuk sementara waktu makanan yang asam-asam, segala yang mengandung susu (baik coklat, keju, susu, kue-kue, dll), yang mengandung santan. Karena itu mengganggu proses pengobatan dalam tubuh kita.
Kalau ingin ngemil, untuk sementara waktu hingga benar-benar tubuh fit, konsumsi aja roti gandum.

►Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan
Kalau kakak rutin selalu makan sayur bayam, sup, bening atau lainnya yang hijau-hijau. Biasanya kakak paling suka sup ayam atau daging dengan campuran kentang, wortel dan brokoli, kadang-kaang dicampur buncis.
Untuk buah, kakak rutin makan pisang dan melon. Kalau papaya kadang-kadang saya, karena perut kakak ga tahan cepat gembung.
Dahulu saat trombosit 6 ribu dan hb 6, kakak rutin tiap hari konsumsi kurma ajwa (tapi belinya di Jakarta, di Medan sulit temui yang bagus) untuk nambah darah dan stamina tubuh.

►Makan suplemen
Biasanya kakak konsumsi habbatsauda, minyak zaitun, madu.
Kalau yang lainnya ga cocok kakak konsumsi dan buat sakit makin kambuh. Nah, kalau keadaan belum stabil jangan diberhentikan. Pernah kakak coba hentikan, daya tahan tubuh jadi lemah alias turun karena ga ada yang lindungi, jadinya drop deh. Obat hanya membantu mengurangi sakit kita tapi untuk daya tahan tubuh kita perlu dari luar.

3.Hindari Panas Matahari, Asap Rokok dan asap-asap polusi lainnya

►Bila kita memiliki aktivitas penuh di luar rumah, usahakan pakai pakaian yang agak tertutup, pakai sunblock/handbody dan sangat diperlukan memakai payung sehingga bias mengurangi tubuh kena sinar matahari.
Hal ini kakak lakukan karena tubuh kakak sensitif terhadap sinar ultraviolet matahari. Orang normal aja berbahaya kena irltraviolet, apalagi kita? Sinar matahari dapat juga menghancurkan trombosit. Untuk hal ini pernah kakak coba. Waktu itu, hampir tiap hari kakak keluar rumah. Keluarnya jam 12 siang ke atas, udah deh pas cek darah, hb dan ferritin turun T_T.

►Bila ada orang merokok di dekat kita sejauh mungkin menghindar karena asak rokok itu jelas sekali mengandung zat berbahaya bagi tubuh. Asap polusi lainnya juga berbahaya seperti asap kendaraan, asap bakaran sampah dan lain-lain. Cuma lebih mengerikan ya asap rokok karena penghirup asap rokok bisa menjadi perokok pasif. Apalagi untuk kita yang immunitasnya terganggu, wuih… *so danger.

4.Jangan beraktivitas berlebihan
►Bila tubuh terasa capek dan sangat letih, Hentikan semua aktivitas dan segera tidur atau baringkan tubuh sejenak. Bisa juga duduk-duduk santai. Kalau kakak biasanya tidur karena kaka sering bandel ya. Semua aktivitas ingin dikerjakan. Alhasil drop hehehe

►Tidur jangan lewat jam 10 malam. Maksimal jam 11 malam deh.
Karena kakak sering mengukur tubuh kakak, kalau kaka tidur diatas jam 11 malam apalagi jam 12 malam maka tubuh kita langsung sakit, mual, kepala pusing, dll.

5.Beritahu orang terdekat di kampus tentang sakit kita
►Beritahu Teman
Kita perlu memberitahu teman karena teman adalah kawan setia kita, penjaga kita, yang menyayangi dan memperhatikan kita. Bila ada sesuatu yang dilarang untuk di makan ternyata kita ingin memakannya, temanlah yang terlebih dahulu mengingati kita; bila kita lupa minum obat, teman juga yang mengingati kita karena adanya jalinan persaudaaran itu. Bila ada tugas yang banyak, biasanya teman kita akan membantu kita sepenuh hatinya karena ia sayang pada kita. Carilah teman sejati, teman yang selalu ada di saat kita senang dan duka. ^_^

Kalau tugas menumpuk, seringlah kerja kelompok walaupun itu tugas sendiri. Ajak teman main ke rumah atau kumpul di mana, kerjakan tugas bersama-sama. Itu sangat penting sekali. Saling berbagi jawaban dengan teman dan saling mengajari, sangat asyik sekali. Karena kalau dikerjakan sendiri bisa buat pikiran stress dan kondisi tubuh bisa jadi lemah.

►Beritahu Guru dan bagian administrasinya
Karena saat tubuh sakit, atau kita tidak bisa hadir, mereka sudah paham. Kalau perlu jika kita tidak bisa hadir dipertemuannya, minta surat dengan dokter untuk menyatakan kita perlu istirahat akibat penyakit lupus/ITP yang kita alami. Sehingga dosen/bagian administrasi akan tahu bahwa kita punya penyakit yang luar biasa mantap hehehe alias penyakit yang emang susah untuk disembuhkan tapi bisa diatasi kok ^_*

6.Olah raga
Untuk olah raga, biasanya kakak hanya jalan-jalan di depan rumah, menginjak-injak batu-batu kecil yang ada di halaman rumah. Senam kecil-kecilan lah seperti giytangkan kepala,tangan, kaki, macem senanm pemanasan. Kalau dokter Gino nyuruh kakak melakukan olah raga renang. Tapi kakak ga bisa renang. Pengen cari guru renang wanita belum nemu. Itu pun kata dokter renangnya harus sore atau malam , karena menghindari panas terik matahari.

7.Hindari stress
►Untuk satu ini sangat-sangat rawan sekali. Karena mengganggu psikologi jiwa kita. Orang normal saja kalau lagi stress bisa gila, stroke, trauma, dll apalagi kita yang memiliki sakit autoimun. Kalau ada teman yang buat hati kita sedih selalu dan setiap saat, acuhkan saja kalau perlu jauhi atau bisa beritahu kita dengan baik-baik bahwa kita tidak bisa hidup di bawah tekanan karena itu mengganggu kesehatan kita. Carilah teman-teman yang baik dan mendukung kita karena itu akan membuat kesehatan kita bertambah lebih baik dan hidup kita tambah sukses.

►Bila kita harus sedih, langkah pertama tenangkan diri. Basuh wajah dengan air (kalau kakak biasanya melakukan wudhu). Ceritakan pada Tuhan tentang kesedihan kita, setelah itu cerikan pada orang terdekat yang mendukung kita, bisa orang tua, teman dekat kita, dll karena itu akan melegakan pikiran kita.

►Saat stress melanda atau biasnaya nih sebelum ujian, kakak suka kunjungi tempat-tempat pemandangan alam yang menyejukkan hati dan pikiran. Atau main-main ke rumah teman atau bisa juga ajak teman-teman main ke rumah. Pokoknya kita bersenang-senang deh dengan iri kita agar pikiran stress hilang. Ketawa itu kadang perlu juga. Asal jangan ketawa yang berlebihan.

****************************************

Petikan diskusi dengan beberapa teman di facebook :



•Kevin Aldrien ‎:)
18 hours ago • Like

•Fiyan Arjun tips boleh juga
abng aja jg sakit udah bbrp mingu
bsok jumat mau dirontgen
minta doanya agar nggak apa2
amin
18 hours ago • Like

•Fawwaz Corner mantap mb evi... ika kagum bgt dech mb.. kuat dan tegar,semangatnya luar biasa... keep on ukhuwah mb..
18 hours ago • Like

Lenny Marlina tipsny bagus jg
18 hours ago • Like

Wiwi Khumaira
plus jgn lupa ya kebiasaan suka telat2 makan... ( menasihati sdr kyknya) bisa telat bisa menyebabkan asam lambung naik.alias maag...berakibat sakit kepala/pusing..dan sesak napas bagi yg akut..jg bisa masuk angin...bagi yg sibuk dan py akti...See more
18 hours ago • Like

•Nenie Saftyani Permadi jazakillah tips nya :)
18 hours ago • Like

•Nurhikmah Taliasih semangkA mbak sayang... tally hanya bisa menyemangati dari jauh... :(
mba Evi!!!!! semangkA!!!!!!
#begaya ala anak alay :P
18 hours ago • Like

•Erpin Leader Semangat Evi Andriani...
luar biasa ilmunya, sangat bermanfaat.
Keep spirit!!
18 hours ago • Like

•Isky Kamil wah, sayang sekali kita 'agak' jauh ya rumahnya... kalo dekat mau nih volunteer berbagi ilmu renang... hehehe ;)

tetap semangat! :)
17 hours ago • Like

•Annisa Kono 'Penyejuk Hati' mbak evi q syg.. adikmu ini jg ingin berbagi info ttg hemoglobin..

nabi menyuruh kt untk tidur diawal malam n bangun diawal pg.. sktr pukul 9 malam n 3 pg.. tubuh akan memproduksi hb dr pkul 9-12 malam n paling maksimal hasilx jika dlm masa proses tsb kt dalam keadaan tdur.. makax org2 yg sholat lail jarang sakit krna hbx cukup walaupun tdurx hax 3 smpe 4 jam perhari, mereka tdur diawal malam..

moga bermanfaat :)
17 hours ago • Like • 1

•Aidh Al Qarni Nice Tips,,
17 hours ago • Like

•Fitri Gita Cinta tetap semangat Evi Andriani .... semoga selalu diberi kekuatan bertahan sama Allah ya.... :D
17 hours ago • Like

Fenthie As Nice tips juga buat kk vi,.. Mg qt bs jaga kesehatan.
16 hours ago • Like

•Fitri Laily Ahmad semangat saaaayyyy :) (kapan ke pulau jawa? nanti aq ajarin renang ^^)
16 hours ago • Like

•-Angellyn Pandjaitan- maakasii kak evi :D tp ak gk bs renang :( akhir2 ini badanku gmpg lelah kak -.-" kenapa yah gk bs mnum yg ngadung susu? ak mik susu kmrin diare -.-"

• Arya Noor Amarsyah : Untuk mendeteksi tubuh kita kurang atau tidak dengan sayur dan buah2an, perhatikan saja 'maaf' buang air besarnya. Bila berbentuk bulat2 itu petanda kurang sayur dan buah2an. ukuran normalnya panjang seperti huruf S. bila buair kecil terlih...at keruh, itu petanda kurang minum air putih. (begitu yg dijelaskan Dr Oz dalam acara Oprah Winfrey.
Terkait dengan sinar matahari. Bila kulit sering terkena sinar matahari antara pukul 09.00 hingga 16.00, itu berpeluang terserang kanker kulit. Untuk menetralisirnya sering2lah kulit yang terkena matahari dibasuh dengan air. Dalam Islam, jeda waktu antara jam Sembilan pagi dan empat sore, kulit kita ada dua kali terkena air. Pertama pada saat wudhu’ untuk menunaikan shalat Dzuhur dan kedua wudhu’ ketika hendak menunaikan shalat Ashar.
4 hours ago · Like

• Arya Noor Amarsyah : Terkait dngn olah raga, ada olah raga yg saya dapatkan dari Prof Hembing. Yaitu olah raga ayunan tangan. Caranya kita berdiri tegak, kaki berdiri normal. punggung tangan menghadap ke depan, telapak tangan menghadap ke belakang dan letakkan ...di sisi tubuh kita. lalu ayunkan ke dapan dan ke belakang. lakukan ini selama 15 menit. Olah raga ini menurut Hembing sama saja dengan meletakkan jarum akupuntur ke semua titik akupuntur. artinya olah raga ini utk mengobati semua penyakit. coba klik http://books.google.co.id/books?id=9E6yaUWRRvUC&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=falseSee more
15 menit menuju sehat dengan ayunan tangan
books.google.co.id
3 hours ago · Like

• Syifa Khanzia subhanallaah...ujian mendatangkan 'ilmu'
jadi bertambah luas pengetahuan dan pengalamanmu, evi...
semoga Allah lipatgandakan kesabaran dalam mengahadapi segalanya..aamiin
:)

*************************************

Jawaban dari diskusi di atas oleh Evi :

►Sama-sama ya adekku sayang -Angellyn Pandjaitan-. Kata dokter Gino, susu itu mengandung asam dek. Asam itu mengganggu proses pengobatan di dalam tubuh kita atau memperlambat proses penyerapannya.

►Nah, masalah diare itu mirip banget dengan kejadian yang kakak alami waktu pertama sekali alami ITP. Kakak juga habis minum susu juga diare, ternyata waktu di diagnosa ada bakteri "Helicobacter Pylori" di dalam lambung. Bukan hanya diare saja dek, bahkan BAB berdarah T_T.

Bahkan waktu bulan puasa Ramadhan kemarin pun kakak mencoba memakan makanan yang asam-asam, susu, coklat dan hidangan buka puasa serba sup buah dan itu banyak mengandung susu. Alhasil, haid kakak blooding, transfusi darah, diare, dll. Itulah akibat kelalaian kita yang sepele terhadap sesuatu yang kecil tapi berisiko besar terhadap kesehatan

Dalam hal ini. Kita harus perhatikan sistem immun dalam tubuh kita dek. Apalagi kita yang memiliki gangguan proses immun, belum lagi obat yang sering kita minum itu memicu osteoporosis. Susu jg bisa menyebabkan osteoporosis khususnya susu buatan. Beda dengan susu alami. Banyak bukti jurnal internasional dan ilmuwan yang telah melakukan pengujian.

Sebagaimana kakak pernah baca buku "the Miracle Of Enzym", ada sebuah Fakta tentang susu yaitu :


* Tidak ada makanan lain yang lebih sulit dicerna daripada susu

* Kasein, yang membentuk kira-kira 80% dari protein yang terdapat dalam susu, langsung menggumpal menjadi satu begitu memasuki lambung sehingga menjadi sangat sulit dicerna

* Komponen susu yang di jual di toko telah dihomogenisasi dan menghasilkan radikal bebas

* Susu yang di pasteurisasi tidak mengandung enzim-enzim yang berharga, lemaknya telah teroksidasi dan kualitas proteinnya berubah akibat suhu yang tinggi.

* Susu mengandung banyak zat lemak teroksidasi mengacaukan lingkungan dalam usu, meningkatkan jumlah bakteri jahat, dan menghancurkan keseimbangan flora bakteri dalam usus

* Jika wanita hamil minum susu, anak-anak mereka cenderung lebih mudah terjangkit dermatitis atopik

* Minum susu terlalu banyak sebenarnya menyebabkan osteoporosis.


►Bagi yang sistem immunnya baik, tidak masalah, bagi kita yang system immunnya terganggu, itu bahaya. Maka dari itu, kita harus perhatikan kondisi tubuh.
Kalau prinsip bagi kakak, makanlah makanan yang halal lagi baik. Artinya tidak hanya sekedar halal saja tapi juga harus baik menurut kondisi tubuh kita.
Kita harus tahu mana makanan yang baik untuk tubuh kita dan mana makanan yang tidak baik untuk tubuh kita.

►Masalah tubuh adek gampang lelah, bisa disebabkan factor,
1.Adek terlalu banyak pikiran
2.Adek terlalu banyak aktivitas
3.Adek kurang istirahat
4.Penyakit mulai menunjukkan kambuhnya
5.Kurang memperhatikan pola makanan dan minuman
6.Hb adek masih rendah

Untuk mengatasi itu, adek harus perhatikan, berapa waktu maksimal energi/tenaga di dalam tubuh adek melakukan sesuatu pekerjaan. Setelah itu, diatur dengan aktivitas sehari-hari. Perhatikan makanan yang boleh dimakan dan dihindari.

Kalau kakak biasanya setelah satu hari aktivitas full, besoknya kakak harus istirahat full di rumah. Makanya jika kaka kuliah hari jumat, kadang hari sabtunya, kakak sedikit lemas dan mual. Tapi mau gimana lagi, ini tuntutan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Klau ga kita ketinggalan. Yang pola kesehatan di atas yang kakak laksanakan.

Semangat untuk sembuh ya adekku sayang. Kalau beban pikiran berat terhdap tugas-tugas kampus, minta kerjasamanya aja dengan teman-teman dalam belajar kelompok adek ^_* atau saling tukar tugas sehingga ga pusing atau bagi-bagi nomor tugas yang bisa kita kerjakan.

**
@Kevin Aldrien: Kakak senyum aja ^_^

@Fiyan Arjun : Syafakallah ya abangku. Cepat sembuh. Semangat Bangfy

@Fawwaz Corner : Jazakillah khairan ya mba ^_*. Semoga ukhuwah kita terus terjaga hingga akhir hayat

@Lenny Marlina : Syukron ukhti Lenny. Alhamdulillah jika bermanfaat buat ukhti.

@Wiwi Khumaira : Hehehe sepakat mba Wiwi sayang. Itu juga kebiasan yang sering evi lakukan T_T. Makan telat. Makanya kadang evi selalu sedia cemilan di mana pun berada ^_^. Makasih ya mbaku sayang. Udah ditambahin

@Nenie Saftyani Permadi : sama-sama ya mba Neni. Semoga kita dapat selalu berbagi tips buat sahabat-sahabat di manapun berada

@Nurhikmah Taliasih : SemangKA… Syukron adekku sayang Tally ^_^

@Erpin Leader : Alhamdulillah jika bermanfaat ya El. Keep spirit always n smile

**

@Isky Kamil : Wah.. ntar tahun depan kalau Evi dalam keadaan sehat dan jadi ke Jakarta, kita ketemu ya mba. Ntar ajari Evi renang ^_^

@Annisa Kono 'Penyejuk Hati' : Adek kakak sepakat kalau pembentukan hb itu dari jam 9-12 sayang. Makanya itu yang sedang kaka usahakan. Tapi karena itu sudah menjadi kebiasaan kakak sejak di Depok-Ui mengerjakan tugas yang begitu banyak dari kampus menyebabkan kaka sering bergadang dahulu.

Tapi untuk masalah “org2 yg sholat lail jarang sakit krna hbx cukup walaupun tdurx hax 3 smpe 4 jam perhari”>> ini tergantung dek. Kalau ia ikuti pola hidup sehat tentu akan merasakan sehat sedangkan bila ia tidak jalani pola hidup sehat, maka sesering apapun solat lail juga tidak akn mendukung adek sayang. ^_^ Saat kita sering solat lail, Allah merahmati kita, mengabulkan doa2 kita dan para malaikat serta penghuni langit senang dan memberikan cahaya untuk kita. Semua karena Allah. ^_*

**

@Aidh Al Qarni : Alhamdulillah, semoga bermanfaat akhi

@Fitri Gita Cinta : Amin ya rabbal’lamin. Jazakillah khairan ya mba Gita.

@Fenthie As : Amin ya rabbal’alami. Syukron ya kak Fenty. Ternyata kakak ku ini ganti ID FB ya ^_^

@Fitri Laily Ahmad : insyaAllah tahun depan mba Fitri. Asyik… mau diajari renang hehehe. Blannya belum tahu mba. Bisa bulan Februari, Maret, atau April

@Syifa Khanzia : amin ya rabbal'alamin. Jazakillah khairan ya mba Syifa Khanzia. Semoga bisa ketemu dengan mba Syifa di Jakarta.

*************************************************


Teman-teman juga bisa membaca cerita lain tentang ITP dan Lupus di bawah ini :

ITP (Idiopathic Thrombocytopenic Purpurae) [bagian 1]

Diagnosis dan Pengobatan Bagi Penderita ITP [BAGIAN 2] 

Demam Panjang dan Trombosit Rendah, Waspada Itu Lupus

Semangat Untuk Bertahan Hidup

KESABARAN YANG PENUH NIKMAT & KARUNIA

Bagaimana Sehat Bersama Lupus
author

a wife, a mom, a blogger, a survivor of ITP & Lupus, a writer, author, a counselor of ITP & Lupus autoimmune, a mompreuneur, a motivator, a lecturer.

41 comments

subhanaallah, semangat yg luar biasa untuk selalu beraktifitas dengan baik.

Alah pasti slalu kasih semangat yg bertambah-tambah untuk mba evi, salam kenal mba.

oh ya, aku rekomendasikan konsumsi transfer factor untuk mengatasi autoimun, aku dan keluarga memang tidak ada yg punya penyakit autoimun, tp kesehatan aku dan keluarga menjadi lebih baik sekarang, Dan memang sudah banyak yg terbantu dengan transfer factor ini, termasuk untuk Autoimun, sperti SLE atau DLE.

semoga bermanfaat ya mba,
untuk informasi lebih lanjut, silahkan buka ini
http://www.indonesiatransferfactor.com/2011/12/penanganan-dan-pengobatan-autoimun.html

reply

Sudah pernah ada teman di Medan yang mengkonsumsi tapi tidak berpengaruh mba Husnul transfor faktor tersebut.

Mungkin tergantung pada penderitanya ya. Ada yang cocok dan tidak cocok.

Terimakasih telah berkomentar di catatan ini ^_^

Salam
~Evi A.~

reply

ada apa dg susu? knp dihindari?

reply

@Anonim : Karena susu itu bersifat asam dan mengganggu proses pengobatan dan penyembuhan. Apalagi untuk orang-orang yang memiliki masalah dengan lambung, sebaiknya di hindari

reply

wah makasih byk mba masukannya..anakku usia 5y awalnya ama dr anaknya blng itp tp stlh opname di rs lain slm 40 hari n di bnp, mrk blng anemia aplastik..kemrin anakku lab stlh 2 bln ga lab, hslnya smua normal kecuali trombositnya aj 110rb tp itu udh ckp bgs krn biasanya max 50rb..anakku sjk keluar dr rs maret lalu udh tdk konsumsi obt dokter krn efeknya keras..tiap pagi susu n telur kampung rebus 1,dia suka mkn tempe n sehari makan 1 apel..Puji Tuhan hslnya spt yg sy tulis..anakku da bebbrp bln ini udh ga pernah mimisan n keluar bintik merah..
intinya cm 1 yaitu qta pasrah sm yg diatas..aq anggap apa yg Tuhan ksh utk anakku itulah anugerah, walopun hsl kecilku berat utk nerima tp aq slalu mencoba n mencoba terus..

reply

@Anonim 12 Desember 2012 : alhamdulillah kalau anak mba sudah sembuh ya. Tapi kalau masih 110ribu itu belum stabil alias sembuh total, namun anak mba sudah sehat. Alhamdulillah trombosit saya juga sekarang sudah stabil diatas 150rb-176rb :)

reply

Assalamualaikum nona, saya mau tanya, 14 tahun lalu saya menderita ITP, dan sekarang masuk RS lagi krn demam berdarah, krn saya pny riwayat ITP, jadi saya takut mengkonsumsi sembarang herbal,
ada 1 herbal yg cukup menarik, namanya fu fang ejiao jiang, dapat dri tetangga saya,
apakah aman klo saya konsumsi itu? efek pada umumnya untuk penderita ITP apa klo konsumsi itu?
komposisi fu fang ejiao jiang:
- colla cornii asini (ejiao)
- Radix Codonopsis (dangshen)
- Radix rehmanniae (shudihuang)
- Fructus crataegi (shanzha)

Kegunaan:
tambah darah n energi penderita anemia,
meningkatkan trombosit pd pndedita DBD,
tuk atasi gangguan haid,
meningkatkan daya tahan tubuh dan jumlah sel darah putih pada pasiwn kanker yg mjalani kemo.

Bagus ato tidak tuk penderita ITP pada umumnya,
Mohon bantuannya, wassalamualaikum.

Best regards,

Danang P
081703253338 (whatsapp)
085706699688 (ponsel)
danang.permana@gmail.com

reply

Menjawab pertanyaan Mas Danang P tanggal 24 Juli 2013
***'

Wa'alaikumussalam wr wb

Untuk herbal fu fang ejiao jiang itu cocok-cocokan. Ada yang bagus dikonsumsi buat naik trombosit dan ada yang biasa-biasa saja ga ada perubahan. Tergantung dari respon tubuh mas Danangnya sendiri.

Di coba saja mas Danang. Siapa tahu cocok buat mas Danang. Kalau saya pribadi memang ga terlalu suka sama herbal karena responnya selalu negatif di tubuh saya. Lebih baik makan sayuran dan buah-buahan segar dan alami ^_^

Salam santun,

~Evi A.~
HP/whatshap : 081315443133

reply

Assalamu'alaikum.. salam kenal mbak evi.. nama sy ilma. mw sharing dikit ya mbk..kebetulan ibu sy jg menderita lupus krg lebih sdh satu tahun. tp sampai skrg blm bisa berjalan, padahal semua pengobatan mulai dr yang alternatif sampai dokter sudah dilakukan semua..apa memang penderita lupus itu cenderung sulit untuk kembali berjalan? dan apa penyakit lupus bisa mempengaruhi sifat penderita, karena sy lihat ibu sy juga mengalami bnyak perubahan dalam sifat serta emosinya..mohon sarannya ya mbak byr ibu sy bisa semangat menghadapi penyakitnya..terimakasih. wassalamu'alaikum..

reply

@Mba Ilma (23 November 2013) : wa'alaikumussalam wr wb. Salam kenal juga mba Ilma, Oh ya, bagaimana pengobatannya, kok sudah satu tahun belum bisa berjalan? Bisa jadi karena pengibatan yang kurang tepat dan beban psikis yang sangat mengganggu tingkat stres dalam tubuh. Sehingga lambat pengobatannya.

Kalau soal perubahan emosi, itu memang hal biasa dialami oleh pasien lupus.Kadang-kadang mau marah atau sedih ga karuan.

Coba melakukan self healing agar menenangkan jiwa ibu.

Berikut ada self healing sederhana yang bisa dilakukan.

Selamat mencoba mba Ilma. Bias abuat mba dan juga si ibu.
*****

Latihan self healing "terapi hati penuh cinta" (teknik menyembuhkan diri sendiri):
1. Caranya: posisi badan dlm keadaan duduk atau posisi apa saja yang penting serileks dan senyamannya.
2. Lalu bayangkan hal yg indah-indah atau lepaskan pikiran yg membebankan tubuh, bisa juga kosongkan pikiran negatif jika mampu seperti kita meditasi.
3. Selanjutnya tarik nafas sedalam2nya dari hidung, tahan 5 detik lalu hembuskan perlahan2 dari mulut.
4. Katakan dalam hati, "Ya, Allah saya ikhlas akan sakit di tubuh yg saya derita ini. Saya ikhlas, saya serahkan semuanya padaMu. Sel-sel dan saraf di tubuhku, maafkan aku karena telah membuatmu sakit. Saya ikhlas." » Pasien sambil bayangkan di mana tempat atau daerah yang sakit.
5. Lakukan sepuluh kali atau senyamannya saja.
#Dibaca sebelum tidur dan sesudah tidur serta di saat tubuh sangat sakit setiap hari.

Salam
Evi Andriani
081315443133

reply

Hallo...salam kenal, saya Ella.

Saya ingin sharing mengenai ITP ini.
Anak saya (usai 7tahun 11 bulan) menderita ITP, bulan Oktober 2013 kena DBD, dan dirawat di RS Mitra Keluarga Depok sampai 14 hari, pada saat kritis trombositnya hanya 7000, lalu ditransfusi trombosit, besoknya malah turun jadi 5000. Dari situ dokter yang menangani (dokter spesialis anak) diagnosa anak saya suspect ITP, diberi Prednisson dan dirujuk ke ahli hematologi anak di RSCM.

Setelah konsultasi di RSCM, diteruskan Prednissonnya, dan sambil di tappering off dosisnya.
Setelah habis obatnya, kembali konsul. Tapi oleh dokter (dokternya masih pendidikan) tidak diberi obat lagi dan dinyatakan memang positif ITP.

Awal Januari 2014 (selang 2 bulan setelah DBD, grade IV=DSS) anak saya mimisan hebat, mulai jam 21.00 lewat di rumah mimisan semakin banyak sampai kira-kira 1 gelas. Lalu saya bawa ke RS Mitra Keluarga Depok lagi, ditampon dan diberi suntikan anti pendarahan. Jam 4 pagi baru mimisannya berhenti,
Dia disuruh bed rest, istirahat total, lalu mulai jam 5 sore transfusi darah 1 kantong sampai jam 11 malam baru selesai.
Besok paginya setelah cek darah trombositnya naik menjadi 28.000 (awalnya 12.000) sehingga diperbolehkan pulang oleh dokter.
Sore setelah proses check out dan mau pulang, anak saya kembali mimisan.
Oleh dokter saya disarankan untuk rawat inap kembali, tapi mesti mengulang dari pendaftaran lagi.
Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya kami menolak dan tetap pulang walaupun dengan menandatangani surat penolakan rujukan dokter.

Dokter suspect anak saya ITP nya sudah kronis, dan memberi rujukan ke dokter yang benar-benar ahli (konsultan) hematologi anak.

1) Apakah teman-teman ada yang tau dokter Murti spesialis hematologi anak di RSCM?
Dimanakah tempat praktek beliau?
Saya ingin konsulkan anak saya ke dr. Murti, apakah anak saya perlu di BMP, apakah ada penyakit penyertanya seperti Lupus, Thallasemia, dll. Bulek kandung saya juga penderita Thallasemia, saat ini transfusi sebulan sekali di RSCM karena tubuhnya tidak bisa produksi sel darah merah lagi. Dan yang saya tau, Thallasemia juga diturunkan.

2) Dokter yang merawat anak saya justru menyarankan untuk memperbanyak minum susu karena kandungan kalsiumnya yang tinggi. Tapi kenapa ada yang bilang malah pantang minum susu ya?

3) Dokter yang merawat anak saya juga tidak menyarankan akupuntur. Tapi kok banyak yang malah terapi akupunktur ya??

4) Angkak atau beras cina yang berwarna merah sempat saya berikan kepada anak saya, tapi tidak menolong menaikkan trombositnya, bahkan ketika saya googling,belum ada penelitian yang mengatakan angkak dapat menaikan trombosit, tapi kalau untuk penderita diabetes memang baik.

Mohon pencerahannya, mungkin teman-teman ada masukan..

Terima kasih untuk bantuannya, dan sharing nya.
HP saya 0877.800.33177, lokasi Depok

reply

@Mba Ella (6 Februari 2014) :
Sore Mba Ella, saya Evi. Saya juga penderita itp tp sudah normal sekarang. Oh ya mba sblm saya jawab pertanyaan mba, saya pengen tahu hasil lengkap darah anak mba. Selain trombosit yg ga normal alias rendah, apalagi yg ga normal? Krn ini utk mengetahui ada indikasi penyakit lain atau tidak.

Saya akan coba jawab pertanyaan mba Ella.
1. Utk dokter Murti, saya tidak tahu. Tp saya akan rekomendasikan hematologi anak yg bgs yaitu Prof Jayadiman di RSCM sbg konsulen harus ada rujukan. Selain itu,beliau praktik di RS Evasari, jl. Pramuka Jaktim. Atau mba hubungi saja no telpon rumah profesor tsb :
0218630154.

Utk masalah perlu atau tidaknya di BMP, saya perlu lihat hasil lengkap darah anak ibu yg diperiksakan. Kebetulan sabtu ini, insyaAllah sy akan pindah ke pocin depok,gang madrasah, (sbelah apartemen margonda). Atau hasilnya bisa diemail ke: evi _andriani55@yahoo.com. Thalasemia dgn itp berbeda. Namun ITP mirip dengan lupus karena sama-sama autoimun.

2. Dokter hematolog saya menyuruh utk menghindari sementara konsumsi susu krn bersifat asam, menghambat kerja obat dan penyerapan obat di darah. Kalsium bs minum vitamin cavit D3 dan dr sayur dan buah sgt banyak kalsium.

3. Sebaiknya ketika trombosit msh rendah, hindari akupuntur.Krn darah sgt mudah pecah.

4. Angkak memang ga menaikkan trombosit pd penderita itp. Lbh bagus kurma ajwa dan dibuat ramuannya, sembari dilakukan terapi self healing dan quantum love terapy. InsyaAllah manjur.Juga konsumsi obat spt medrol,ranitidin,imuran, maltofer. Utk mimisan bisa konsumsi transamin.

Salam,
Evi Andriani
Jakarta, 6 Feb 2014
081315443133

reply

Mba, tubuh sy banyak lebam, ternyata trombosit sy turun sampe 14ribu, sudah transfusi trombosit tiga kantong,stelah di cek darah lagi hasilnya tetap 14ribu, lha trombosit yg 3 kantong itu jalan-jalan ke mana ya..?

reply

@Anonim 31 Mei 2014 : Bagaimana dengan kondisi HB mba? Adakah pendarahan krusial pada organ penting seperti mata, telinga, ginjal, perut, limpa, dll? Jika tidak ada pendarahan dan hb normal, maka tidak perlu transfusi trombosit. Transfusi trombosit diperlukan apabila ada pendarahan dan hb rendah, fungsinya itu untuk menutup luka, dan hanya bertahan selama 3 hari. Jadi fungsinya bukan untuk menambah trombosit pada penderita ITP. Pada penderita ITP, trombosit akan naik secara otomatis, jika autoimun dan peradangannya ditekan dengan pemberian obat yang benar dan tepat, serta membiasakan diri dengan pola hidup sehat dan pola pikir sehat. Semoga bisa dipahami ya mba ;)

Salam,
~Evi A.~

reply

Mba, ni sy 31mei2014, sampe sekarang sy masih dirawat di rs, tadi pagi dan sore sy bab kluar darah, trombosit sy turun naik naik turuun lagi sekarang 33ribu, dokter meminta transfusi trombosit 4 kantong lagi, dan apabila besok cek darah tidak ada knaikan pada trombosit, maka akan dirujuk ke dokter hematologi, sy hy bisa pasrah dan tersenyum meski hati ini menangis mba, separah itukah sakit sy..?

reply

Komentarnya mana mba..?? Koq dihapus..?? Sy sdang tidak bisa tidur mba..,apapun komentarnya sy terima dg ikhlas..

reply

Siang Mba. Namanya siapa ya mba? Karena saya lihat ga ada namanya :).
Pertanyaan 1 : tadi pagi dan sore sy bab kluar darah

Jawab 1 : BAB berdarah itu kemungkinan ada bakteri di dalam perut yaitu sejenis helicobactery pylori. Coba di cek ke bagian laboratorium bakteri pylori ini ya mba. Biasanya itu positif dan bila positif atau aktif maka dokter biasanya kasih obat ciprofloxacin.

Pertanyaan 2 :
trombosit sy turun naik naik turuun lagi sekarang 33ribu, dokter meminta transfusi trombosit 4 kantong lagi, dan apabila besok cek darah tidak ada knaikan pada trombosit, maka akan dirujuk ke dokter hematologi,

Jawab 2 :
Untuk kasus transfusi trombosit, bila hb (hemoglobin) normal maka tidak diperlukan transfusi darah/trombosit. Apakah hb mba normal? Kalau normal itu jarang ada pendarahan krusial seperti pendarahan di mata, jantung, ginjal, limpa, dll. Fungsi transfusi trombosit hanya untuk menutup luka dari pendarahan krusial yang terjadi. Kalau hb rendah biasanya hanya transfusi darah saja. Transfusi trombosit hanya bertahan hanya 3 hari habis itu trombosit kita akan turun kembali ke semula. Jadi jangan heran, udah transfusi trombosit kok turun lagi. Trombosit 33ribu itu tidak parah. Jangan khawatir. Karena Trombosit Evi pernah hanya 3ribu. Bahkan Evi pernah membawa rawat jalan anak umur 9 tahun dengan trombosit seribu. Dianya sehat-sehat saja dan bisa beraktivitas normal. Jadi ibu ga perlu takut ya. Be positif ;). Anggap sakit ini adalah rezeki dari Allah buat kita. Sakit ini adalah penggugur dosa kita dan terus tegar menerimanya sebagai teman dalam tubuh kita.

Tangisan hanya akan buat sakit tambah parah ibu. Jadi ibu harus bisa tegar menghadapinya, ikhlas, dan tetap semangat. Masih banyak yang lebih parah dari kita. Dan sakit kita ini apabila ditangani dengan tepat dan dikenali dengan cepat maka cepat sembuhnya.

Oh ya, iya karena ini penyakit ITP maka ibu harus konsultasikan ke dokter hematologi (bagian darah) agar bisa mendapat penanganan dan pengobatan yang tepat.

Salam,
~Evi A.~

reply

Coba baca tulisan Evi yang lainnya juga ya mba, agar bisa bertambah pengetahuan tentang ITP.


http://eviandrianimosy.blogspot.com/2014/05/demam-panjang-dan-trombosit-rendah.html?m=1

Baca :

http://eviandrianimosy.blogspot.com/2011/09/diagnosis-dan-pengobatan-bagi-penderita.html?m=1

reply

Makasih mba, nama sy dessy, sy ibu dari hy satu orang anak, usia 36th, saat ini sy terbantukan dg smua tulisan mba ttg itp, alhamdulillah hari ini trombosit sy sudah naik sampe 103ribu.., puji syukur dokter tidak merujuk ke dokter hematologi,klo mmng harus tetap konsul ke dokter hemetologi..sy takut klo dilakukan bmp yg ktnya rasanya aduhaai sekali.., skrg saja sy sdah merasakan ngilu dan pegal di lebam2x yg ada dan ditulang belakang bagian bawah.., makasih atas info itp nya, mudah2xan Allah selalu beserta kita smua dan mendapat pnyembuhan utk penyakit itp kita..amiiiin.. salam kenal..dessy di Bumi Allah.

reply

Alhamdulillah kalau trombosit Mba Dessy sudah berangsur naik. Evi pun ikut senang. Semoga kembali normal di atas 150ribu ya mbakku.

Sebenarnya ga perlu tes BMP, cukup autoantibodi seperti anti dsDNA, anti Sm, anti SSA (La), anti SSB (Ro), cek kidney function, ferritin, dan tiroid fuction. Ada di tulisan Evi.
http://eviandrianimosy.blogspot.com/2011/09/diagnosis-dan-pengobatan-bagi-penderita.html?m=1

Semoga bisa dibaca ya mba. Tetap semangat, sehat, dan kuat. ;)

Salam santun,
~Evi A.~

reply

anak saya menderita itp sejak bulan mei 2014,sempat dirawat di icu krn mimisan dan muntah darah,sudah 4 bulanan tp blm sembuh, dia makan metil prednisolon malah buat tambah gemuk dan dibadannnya ada stredmarch (guratan merah kayak hbs lahiran)skrg sdh tdk makan metil , sekarang makan obat imuran.mba trombosit anak sy selalu turun naik.biasanya tiap 2 minggu selalu tranfusi trombosit krn mimisan trombositnya 22000 kadang sampe 10000,yg sy tanyakan obat imuran itu fungsinya utk apa,makan metil prednisolon jg bukannya naik trombositnya salam kenal vinelita

reply

wahh,,, infonya sangat bermanfaat sekali,,,, :)

reply

@Mba Vinelita 11 Juni 2014 : usia anak mba berapa? mungkin bisa saya bantu share penanganannya yang tepat seperti apa. imuran fungsinya untuk menekan autoimun sedangkan methyl fungsinya untuk menekan radang. Mungkin mba sms/wa saya di 081315443133

salam,
~Evi A.~

reply

@Anonim tgl 6 Oktober 2015 : Alhamdulillah. Semoga bermanfaat ya :)

reply

maaf mba/mas saya mau nanya apakah penderita lupus di perbolehkan mengonsumsi obat herbal? jika boleh kira-kira apa obat herbal nya?


makasih sebelumnya...

reply

@Nuriana Anissa : untuk herbal bisa di baca tulisan saya :
http://eviandrianimosy.blogspot.com/2013/02/herbal-yang-tidak-cocok-bagi-autoimun.html

Boleh herbal jika fungsinya tidak untuk menaikkan kekebalan tubuh (imunitas). Karena jika fungsinya untuk menaikkan kekebalan tubuh maka autoimun kita berlebihan dan menyerang tubuh kita sendiri.

Kalau saya biasanya hanya makan madu hutan dan buah kurma ajwa. Untuk kurma ajwa biasanya saya buat ramuan. Resep ramuan kurma ajwa ada di tulisan saya : http://eviandrianimosy.blogspot.com/2011/09/diagnosis-dan-pengobatan-bagi-penderita.html
Ramuannya:
1.Ambil buah kurma utuh yang kualitasnya bagus (kurma Madinah atau biasa yg dijual di Indonesia disebut kurma Rasul atau Kurma Ajwa) sebanyak 10 biji
2.Belah-belah lalu diseduh dengan air mendidih 1 gelas bersama dengan biji kurma tersebut.
3.Tutup dan tunggu hingga dingin.
4.Minum airnya dan makan buah kurmanya
5.Lalukan sekali setiap hari.
6.Dan jangan lupa, membaca doa-doa kesembuhan serta ayat-ayat kesembuhan baik sekali jika dibacakan pada ramuan yang akan kita minum.

catatan : buah kurma ajwa juga boleh dimakan sebagai cemilan. Itu sangat bagus juga.

Bagi umat muslim bisa membaca surat Al Fatihah bersama do’a berikut ini :

.... Anni massaniyadhdhurru wa anta arhamurraahimiin.

"... (Ya Tuhanku), sesuangguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang diantara semua yang penyayang". (QS. Al-Anbiya [21] : 83)

Allaahumma rabbannaasi, adz-hibil ba’sa, isyfi antasysyaafii, laa syifaa-a illaa syifaa-uka, syifaa-an laa yughaadiru saqamaa.

"Ya Allah, Tuhan pemelihara manusia, hilangkan bahaya (kejahatan dan penyakit), sembuhkanlah karena hanya Engkaulah yang bisa menyembuhkan, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-MU. Kesembuhan yang tidak menunggalkan satu penyakit pun" (Muttafaqun'alaih)

reply

begini mba.. jika saya mengonsumsi obat herbal Jelly gamat gold g boleh?


ohhh iyaa saat ini rambut saya rontok parah dan semakin menipis bahkan sebagian terjadi kebotakan.. kira-kira apa yang harus saya lakukan atau saya konsumsi untuk menghentikkan kerontokkan itu?

Resep kurmanya akan saya coba mba.. terimakasih ini sangat membantu.. salam kenal ya mba saya dari Garut, Jawa barat.

reply

Assalamualaikum mbak evi, salam kenal mb evi, sy titin,umur 33 thn penderita itp kira2 sudah 2,5 tahun....saat ini sy terapi metil prednisolone 8 mg selang seling sehari minum sehari tidak dan juga celcept 2 kali setiap hari....trombosit terakhir sy 67 ribu mbak tetapi itu habis menstruasi,hb alhamdulillah normal mbak 12...dulu sy pernah lepas obat kira2 setahun dan trombosit sy naik turun pernah sampe 2 ribu tetapi pernah sampe 85 ribu tanpa obat....tetapi sy alhamdulillah tidak ada perdarahan ketika trombosit 2 ribu dan tdk transfusi darah....yang sy tanyakan, menurut mbak bagaimana kondisi itp sy dilihat dari pengalaman mb evi selama mengenal itp dan apakah sy bs sembuh ya mbak? sy ingin bertanya juga bagaimana kondisi mb evi sekarang, supaya bs jadi motivasi sy biar sembuh seperti mb evi, amiiin....

reply

fufang ejiao jiang di buat dari gelatin keledai, sedangkan menurut hadist dan kesepakatan ulama haram memakan keledai

reply

@Anonim 24 Maret 2015 : "fufang ejiao jiang di buat dari gelatin keledai, sedangkan menurut hadist dan kesepakatan ulama haram memakan keledai " >>> Jawab : Terima kasih untuk infonya ya. Saya sendiri tidak pernah mengkonsumsi fufang ejiao jiang dan ga tahu pula kalau itu terbauat dari gelatin keledai. InsyaAllah nanti saya beritahukan ke teman-teman lainnya, bahwa itu terbuat dari gelatin keledai dan haram di konsumsi. Syukron

Salam,
~Evi Andriani~

reply

Asalamualaikum mbx nama saya nurnaini
Sya umur 18thun difonis dokter sakit itp. Diumur 20thun saya sakit lagi dan harus di tawat diRs. Pada saat itu hb saya 3,5 trombosit saya 14 rb. Dalm 1blm 2x saya msuk rmh sakit dan dlm 2x saya trnfusi darah terus. Sampai akhirnya saya di ambil cairan sumsum. Untuk tes karena trombosit saya tdk prnh naik.dokter tdk prnh mnjwb ktika sy tny sakit apa saya ini. Stlh saya keluar dari Rs mata kanan dan kiri saya ada bintik hitam sblh kanan hilang. Tp seblh kiri tidak hilang mlah melebar. Sehingga penglihatan saya terganggu.saat ini saya sakit gejala tipes. Panas dngn suhu 39.dlm 2hari panas sy sdh trun sy mlh trkna diare dan haid. Krn panas dy tahan tubuh saya lemah. Tlong solusi y yg tdk hrs kedokter. Krn saya orang gk punya gk mmpu untuk ke rumh sakit dan saya gk pny jaminan kesehatan dr pemerintah

reply

Perkenalkan nama saya yudha aditya, maaf saya mau tanya soal penyakit itp. Apakah bnar penyakit itp ini blm ada obatnya? Dan saya mau tanya kalo ada yg bisa sembuh itu obatnya apa ya??
Trimakasih mbak/mas salam kenal dari saya

reply

@Anonim pada tanggal 10 Januari 2015 15.18 >> terima kasih untuk komentarnya. Alhamdulillah jika info ini bermanfaat buat Anda. Salam, Evi A.

reply

Pertanyaan Titin pada 12 Maret 2015 15.19

Assalamualaikum mbak evi, salam kenal mb evi, sy titin,umur 33 thn penderita itp kira2 sudah 2,5 tahun....saat ini sy terapi metil prednisolone 8 mg selang seling sehari minum sehari tidak dan juga celcept 2 kali setiap hari....trombosit terakhir sy 67 ribu mbak tetapi itu habis menstruasi,hb alhamdulillah normal mbak 12...dulu sy pernah lepas obat kira2 setahun dan trombosit sy naik turun pernah sampe 2 ribu tetapi pernah sampe 85 ribu tanpa obat....tetapi sy alhamdulillah tidak ada perdarahan ketika trombosit 2 ribu dan tdk transfusi darah....yang sy tanyakan, menurut mbak bagaimana kondisi itp sy dilihat dari pengalaman mb evi selama mengenal itp dan apakah sy bs sembuh ya mbak? sy ingin bertanya juga bagaimana kondisi mb evi sekarang, supaya bs jadi motivasi sy biar sembuh seperti mb evi, amiiin....

Jawaban Evi Andriani :

Wa’alaikumussalam wr wb. Salam kenal juga Mba Titin.
Ok Mba Titin. Saya sudah membaca riwayat sakit Mba. Pengobatan dokternya sebenarnya sudah tepat dan baik. Untuk masalah pendarahan, selama HB normal walaupun hb 12 maka kemungkinan kecil akan terjadi pendarahan krusial. Kecuali ada trauma atau kecelakaan, itu kasus berbeda. Oleh sebab itu, saat trombosit mba hanya 2 ribu tidak terjadi pendarahan. Bahkan saya pernah ketemu pasien anak usia 9 tahun, trombosit hanya seribu dan hb normal juga tidak alami pendarahan dan hanya rawat jalan, tidak sampai dirawat di RS.

Kalau saya lihat dari perkembangan penyakit mba, insyaAllah mba bisa sembuh dan sehat kok. Tetap pola makan sehat, pola hidup sehat, pola pikir sehat dan tentunya makan obat teratur serta berdoa pada Allah swt ya mba :).

Oh ya kenali juga pantangan bagi pasien autoimun :
http://eviandrianimosy.blogspot.com/2015/03/pantangan-bagi-pasien-lupus-autoimun.html

Alhamdulillah kondisi saya sekarang sudah sehat mba. Trombosit saya jika dilihat langsung di bawah trombosit sudah sehat dan aman. Trombosit saya sering berada dalam kondisi normal di atas 150ribu.
Namun bila aktivitas saya berat, beban pikiran berat, sering kena ultraviolet, biasanya turun sedikit ke level 90ribu. Namun tidak masalah, karena kondisi trombosit saya sudah sehat. Penurunan nilai angka trombosit itu biasanya disebabkan oleh diri kita sendiri. Kalau kita kembali ke pola hidup sehat, pola pikir sehat, dll maka akan normal lagi dengan cepat. Makanya trombosit saya tidak pernah lagi di bawah 50ribu .

Semoga bermanfaat mba.

Salam sehat,
~Evi A.~

reply

Assalamualaikum mbak evi.. Aku mahasiswi 18 tahun
Mbak kalo mens suka banyak bgt ga? Terus sempet minum obat medixon ga ampe skrg? Aku sempet masuk rs karena db bulan lalu terus selang 3 minggu aku mens banyakkk bgt sampe pucat, trs mulai curiga ada bintik2 dikit di kaki tp ga sebanyak pas db sih, sama pas kepentok pintu langsung biruu bgt aku, mimisan si enggak cuma kalo ngupil waktu itu sempet kyk ada merah2nya, mulut ada bekas darah dikit tp ga separah pas db.. Akhirnya pas di cek hb 8,3 trs trombo 16000 langsung rawat inap lg ke rs.. Trs pas di rs saya ga tranfusi apa2 si disuruh dokternya cuma dikasih obat2 injeksi gt.. Setelah 4 hari trombo saya jd naik turun ke 25rb terus 23rb, 90rb dan terakhir keluar rs 225000 alhamdulillah itu mens nya jg udah dikit skrg tp msh suka keluar flek sama darahnya gt dikit kadang mbak.. Mbak kalo mens biasanya suka kayak saya gini ga mbak? Apa harus cek dokter kandungan? Aku jd takut kalo setiap mens ni mba jd cemas gt mikirin ini apa mbak pernah minum primolud? Trs saya kadang abis keluar rs tuh kok suka ngerasa panas bgt di dalem kyk pgn nyalain AC trs, berdebar, tiba2 nyeri aneh gt di beberapa bagian tubuh tp cepet ilang, agak pusing ya kadang mata keliwengan apa itu cuma efek obat ya mbak? Trs kadang mau jalan2 beraktifitas buat ngelatih fisik saya gt saya ragu kadang suka capek trs berdebar tiba2 jd saya dirumah terus ni liburan :( tp kadang saya nganggep apa itu cuma sugesti saya ya krn ketakutan.. Saya dikasih obat medixon 2x2, lambung omevel kayaknya namanya, trs kayak tablet acid kecil gt, sama zat besi isep2...
Saya jujur keganggu bgt sama penyakit ini soalnya dokter blm bilang ini itp msh mau ditelusuri lg sehabis tes imun, minta motivasi nya ya mbak aku soalnya orangnya gampang stress gt mbak suka kepikiran apa2 heheh makasih bnyk mbak tolong respon nya yaa need your support bgt :)
Thank you mbak tulisan2 di blog nya informatif bgt hehehe sehat selalu dan sukses mbak evi..

reply
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

terimakasih banyak ya atas informasinya

reply

Sip, terima kasih mbak untuk sesi sharingnya.

reply

Assallamu'alikum mbak evi saya serang ayah yang anaknya menderita ITP ,pada mulanya saya kaget karena penyakit ini saya ketahui setelah anak saya dicubit temannya sehinnga tangan nya biru lebam kami sangat marah kemudian timbul bintik merah akhirnya saya bawa keRS dan teryata Trmbsite nya 20000 didiagnsa DB tapi anak saya tidak terlihat lemas ,akirnya hari ketiga trmbsit nya sampai 8000 ,kemudian dirujuk di RS DRSE0T0M0 setelah itu dicek dan teryata ITP saya sempat sck karena trmbsite nya sempat naik 13000 kemudian drp sampa1330 kemudian sempt mimisan dan sempat diinjek dengan suntik untuk pembekuan darah setelah itu saya terus mencari infrmasi mengenai penyakit ini.kemudian saya menemukan artikel mbak kemudian saya mencari kurma ajwa disekitaran MASJID AMPE dan Alhamdulillah trmbsitenya naik mualai 4600 kemudian terahir dtes 61000 akirnya diperblehkan pulang.hya untuk sayuran saya beri herbal kl0r0pil dan untuk menganti sel yang rusak saya bri gamat em0lsi0n ,bagaimana pendapat mbak evi mengenai hal tersebut,sampia saat ini anak saya tetap menk0nsumsi kedua herbal tersebut ditambah kurma ajwa ......?

reply

Assalamu’alaikum mbk evi, saya wiwik seorang penderita ITP dan baru baru ini baru tahu pasti. Gini ceritanya: kejadiannya baru bulan juni 2017,saya sedang hamil 6,5 bln waktu itu sedang persiapan untuk idul fitri. Mungkin karena kecapean atau kenapa punggung saya sakit banget banget dan ga bisa tidur semalaman dan perut kram janin ya dorong dorong kebawa. Akhirnya besok paginya dibawa ke UGD biar cepat ditangani. Pas dicek darah trombosit nya 21000.dan posisi 9janin masih hidup tp detak jantung melemah. Akhirnya dokter langsung pasang oksigen dan transfusi darah 6 kantong. Alhamdulilah naik jd 29000.kemudian transfusi lagi 7 kantong trus cek USG yg kedua janin ya meninggal. Trombosit turun jd 13000. Dalam kondisi trombosit 13000 saya harus diinduksi dan lahiran normal. Trus ditransfusi lg 6 kantong tp trombosit turun 9000.tp dokter sdh mengizinkan pulang. Trus selang sehari drumah kencing darah. Lalu kontrol dan beri antibiotik. Selang seminggu tiba tiba kaki saya nyeri dua duanya dan sakit banget sampai 2hari 2malam nahan sakit, karena udah ga kuat dan g hilang hilang sakitnya kami putuskan ke RS. Dan harus dirawat lg karena trombosit 3000.akhirnya transfusi lg 3kantong dan trombosit naik 9000.lalu selang sehari kaki kembali kambuh nyeri hebat semalaman ga tidur nahan sakit. Besoknya ke UGD dan cek darah trombosit kembali turun 3000.akhirnya kami dirujuk ke RS panti rapih jogja, sebelumnya kami di batam(pulkam). Kami ditransfusi 6kantong naik 14000.lalu transfusi lg 6kantong turun 2000.lalu dokter kasih saya obat sandimun penekanan imun tubuh. Dokter bilang ini kemungkinan lupus juga. Akhirnya dokter memberikan obat metil prednisolon dan sandimun. Dan dicek darah trombosit naik 11000.akhirnya kami diperbolehkan pulang setelah rawat inap 1minggu.selang 5 hari saya cek darah trombosit turun jd 2000.(sebelum cek darah saya paginya berjemur) dan kaki saya sampai saat ini masih nyeri banget terutama kalau malam. Dan nyerinya sampai ga bisa menopang tubuh yg bagian kanan.
Pertanyaannya:
1.Apakah ada hubungannya nyeri dikasi saya dng trombosit turun. (dokter tdk memberi jawaban yg pasti)?
2.apakah penyakit ITP seperti saya bisa disembuhkan total?
3. Obat dan langkah apa yg anda tempuh sehingga trombosit bisa normal?
4. Berapa lama trombosit anda bisa naik sampai 150000?

reply

Assalamu’alaikum mbk evi, saya wiwik seorang penderita ITP dan baru baru ini baru tahu pasti. Gini ceritanya: kejadiannya baru bulan juni 2017,saya sedang hamil 6,5 bln waktu itu sedang persiapan untuk idul fitri. Mungkin karena kecapean atau kenapa punggung saya sakit banget banget dan ga bisa tidur semalaman dan perut kram janin ya dorong dorong kebawa. Akhirnya besok paginya dibawa ke UGD biar cepat ditangani. Pas dicek darah trombosit nya 21000.dan posisi 9janin masih hidup tp detak jantung melemah. Akhirnya dokter langsung pasang oksigen dan transfusi darah 6 kantong. Alhamdulilah naik jd 29000.kemudian transfusi lagi 7 kantong trus cek USG yg kedua janin ya meninggal. Trombosit turun jd 13000. Dalam kondisi trombosit 13000 saya harus diinduksi dan lahiran normal. Trus ditransfusi lg 6 kantong tp trombosit turun 9000.tp dokter sdh mengizinkan pulang. Trus selang sehari drumah kencing darah. Lalu kontrol dan beri antibiotik. Selang seminggu tiba tiba kaki saya nyeri dua duanya dan sakit banget sampai 2hari 2malam nahan sakit, karena udah ga kuat dan g hilang hilang sakitnya kami putuskan ke RS. Dan harus dirawat lg karena trombosit 3000.akhirnya transfusi lg 3kantong dan trombosit naik 9000.lalu selang sehari kaki kembali kambuh nyeri hebat semalaman ga tidur nahan sakit. Besoknya ke UGD dan cek darah trombosit kembali turun 3000.akhirnya kami dirujuk ke RS panti rapih jogja, sebelumnya kami di batam(pulkam). Kami ditransfusi 6kantong naik 14000.lalu transfusi lg 6kantong turun 2000.lalu dokter kasih saya obat sandimun penekanan imun tubuh. Dokter bilang ini kemungkinan lupus juga. Akhirnya dokter memberikan obat metil prednisolon dan sandimun. Dan dicek darah trombosit naik 11000.akhirnya kami diperbolehkan pulang setelah rawat inap 1minggu.selang 5 hari saya cek darah trombosit turun jd 2000.(sebelum cek darah saya paginya berjemur) dan kaki saya sampai saat ini masih nyeri banget terutama kalau malam. Dan nyerinya sampai ga bisa menopang tubuh yg bagian kanan.
Pertanyaannya:
1.Apakah ada hubungannya nyeri dikasi saya dng trombosit turun. (dokter tdk memberi jawaban yg pasti)?
2.apakah penyakit ITP seperti saya bisa disembuhkan total?
3. Obat dan langkah apa yg anda tempuh sehingga trombosit bisa normal?
4. Berapa lama trombosit anda bisa naik sampai 150000?

reply