Selasa, 17 Juli 2012

Faktor-faktor Penyebab Susah Tidur

Selasa, 17 Juli 2012

Keadaan susah tidur itu hal biasa dihadapi oleh pasien autoimun baik ITP maupun Lupus. Begitu juga yang dikatakan oleh beberapa narasumber dan para dokter pemerhati lupus.

Berikut faktor-faktor yang sebabkan susah tidur yaitu :

1. Pengaruh efek autoimun dalam tubuh yang sedang bereaksi alias meradang. Jika sudah meradang maka emosi akan terganggu. Hormon tubuh juga ikutan terganggu.
Faktor emosional dalam tubuh yang terganggu menyebabkan susah tidur, mudah marah, cepat tersinggung, dll.
- Solusinya : Penderita ITP/Lupus harus bisa belajar mengendalikan emosional dirinya sedangkan pihak lain baik keluarga, teman atau pun orang lain harus memahami bahwa kondisi ITP/Lupus emang mudah emosional dan berusaha untuk tidak memancing emosinya meningkat. Untuk hal ini perlu diadakan sosialisasi kepada masyarakat tentang salah satu jenis penyakit autoimun yaitu ITP/Lupus.

2. Banyaknya pikiran di dalam otak
Apakah itu kurangnya informasi pengetahuannya tentang penyakit yang ia hadapi, masalah pekerjaan, masalah keluarga, atau pun tidak tahu bagaimana cara bergaul dengan orang-orang secara normal, dll
- Solusinya : sering bertanya kepada teman-teman ITP/Lupus lainnya yang sudah berpengalaman atau sharing di group ITP/Lupus; membaca literatur baik buku, internet, jurnal, dll; bertanya kepada dokter ahli pemerhati ITP/Lupus, berbagi masalah dengan orang-orang terdekat sehingga masalah dapat ditemukan solusinya dan beban pikiran menjadi ringan; silaturrahmi / berkunjung ke rumah teman/saudara, dll.

3. Efek samping obat kortikosteroid salah satunya menyebabkan ganggguan elektrolit dan cairan tubuh.
Sehingga apabila penderita ITP/Lupus tidak memenuhi asupan air di dalam tubuh maka obat akan meningkatkan efek sampingnya dan penderita mengalami cepat dehidrasi dan cairan elektrolit akan terganggu di bandingkan dengan orang normal. Jika hal ini terjadi maka asupan oksigen di dalam tubuh akan berkurang dan menyebabkan susah tidur.
- Solusinya : minumlah sesuai standar yang dibutuhkan tubuh kita. (dilihat berapa berat badan tubuh kita dan apakah kita mempunyai penyakit lain selain ITP/Lupus). Normalnya tiga liter perhari.

4. Sakit Kepala yang berlebihan
Sakit kepala ini biasanya di derita tidak ringan. Hal ini juga menyebabkan penderita ITP/Lupus susah tidur.
- Solusinya : Minum obat. Biasanya dokter sering berikan obat pada pasiennya. Dokter ahli hematologi di Medan biasanya memberikan obat jika sakit kepala vertigo (berputar-putar) yaitu “Merislon” sedangkan bila hanya sebagian saja yaitu “Sibelium”.
- Solusinya : Namun, selain obat biasanya saya juga melakukan Teknik Healing atau pemberian afirmasi positif ke tubuh. Biasanya saya melalukan teknik EFT atau QLT seperti sebelum tidur dan bangun tidur, kita berbicara pada organ tubuh kita, sel-sel tubuh kita memohon maaf pada mereka atas apa yg kita lakukan selama ini. Katakan pada mereka bahwa kita mencintai mereka. Kakak juga melakukan afirmasi kepada Allah, "Ya Allah, aku pasrah atas penyakit yang aku alami ini, aku ikhlas dan bersabar padaMu, ampuni aku, ya Allah"
- Solusinya : Mengobrol atau berbicara kepada teman dekat, keluarga atau orang-orang yang sangat menyayangi kita dengan tawa canda sehingga perasaan kita bahagia.

5. Kurangnya olah raga
Jika penderita ITP/Lupus kurang olah raga maka metabolism dalam tubuhnya biasanya akan terganggu. Sehingga jika terganggu maka akan menyebabkan penderita sulit tidur.
- Solusinya : olahragalah dengan teratur. Sehingga tubuh kita sehat, jiwa kita juga sehat.

Semoga sharing ini bermanfaat ya. Kunci SEHAT hanya satu. Berdamailah dengan penyakit kita dengan perasaan bahagia dan ikhlas menerimanya maka kita akan sembuh dan dalam keadaan baik-baik saja. ^_*

Salam santun,
~Evi A.~
Medan, 16 Juli 2012
blog comments powered by Disqus