My Sweet Home

Nanogel, Penemuan Obat Baru Untuk Lupus



Wow, dari jurnal “Nanogel-based delivery of mycophenolic acid ameliorates systemic lupus erythematosus in mice” oleh Michael Look1, Eric Stern, Qin A. Wang1, Leah D. DiPlacido, Michael Kashgarian, Joe Craft2, and Tarek M. Fahmy, dipublikasikan oleh The Journal of Clinical Investigation pada 1 Maret 2013, dijelaskan bahwa :

"We postulate that nanoparticulate drug delivery systems can improve lupus therapy because they can be designed to effectively target small-molecule drugs or other agents to immune cells that contribute to disease. In this work, we developed a nanoparticle that consists of a biodegradable, gel-like core containing cyclodextrins that are enclosed by a lipid bilayer (18). This unique formulation is a nanogel (19) that resembles a hybrid of two clinically used platforms, liposomes (20) and biodegradable polymer matrices (21), and adopts favorable biophysical features of each. Its liposomal-like properties are amenable for facile encapsulation of a broad range of hydrophilic and hydrophobic molecules, while its polymeric core helps enhance or retain drug loading and imparts stability. Mycophenolic acid (MPA), whose prodrug form mycophenolate mofetil (MMF) is used in lupus patients (22, 23), was encapsulated inside nanogels. Although MPA is a hydrophobic drug with a reported partition coefficient (log P value) of 3.88 (24), the use of cyclodextrins in the particle formulation permits its robust aqueous solubilization and encapsulation."

Selanjutnya kita simak yuk artikel berita dari LRI di bawah ini :
*************************************************************

LRI- Kemajuan Teknologi Pengobatan Lupus yang Aman dan Lebih Efektif Didanai

Dengan pendanaan dari Lupus Research Institute (LRI), para peneliti di Yale University telah mengembangkan kapsul ‘peluru ajaib (magic bullet)’ yang memberikan dosis obat yang kecil langsung ke sistem sel kekebalan tubuh (immune). Spesifisitas ini membantu dalam mengelakkan efek samping racun dari obat yang digunakan untuk mengobati penyakit autoimun seperti lupus.

Dr Tarek Fahmi dan tim multidisiplin yang mencakup rheumatologist,Dr Joe Craft, merancang kapsul yang disebut nanogels yang dapat diisi dengan obat-obat yang berbeda dan diprogram untuk mencapai sel-sel spesifik.

Tikus dengan lupus diobati dengan nanogels diisi dengan obat imunosupresan konvensional memiliki penyakit kurang parah dibandingkan dengan tikus yang tidak diobati dan dilindungi dari kerusakan ginjal, salah satu komplikasi yang paling parah dari lupus. Nanogels juga menunjukkan tidak ada efek samping racun.

Dapat menargetkan sel-sel kekebalan tubuh (immune), nanogels memiliki potensi untuk digunakan untuk berbagai kondisi imunologi termasuk penyakit autoimun, penolakan transplantasi, dan kanker sistem kekebalan tubuh. Seperti dilaporkan di sini (http://news.yale.edu/2013/03/01/nanogels-offer-new-way-attack-lupus) oleh Yale University, hasil yang menarik ini dipublikasikan secara online 1 Maret di publikasi biomedis terkemuka, Journal of Clinical Investigation (http://www.jci.org/articles/view/65907).

"Kami mengucapkan selamat kepada Dr Fahmy dan timnya atas temuan yang menarik," komentar Margaret Dowd, Presiden dan CEO dari Lupus Research Institute. "Dia datang kepada kami dengan pendekatan yang sangat inovatif untuk merancang suatu sistem pengiriman obat baru sampai kepada menargetkan penyebab penyakit sel. Seperti kebanyakan LRI-- Hibah Penelitian Novel didanai, karya Dr Fahmy ini adalah membuka pintu untuk kemajuan besar dalam pengobatan untuk lupus dengan implikasi yang lebih luas untuk penyakit autoimun lainnya. "

Sebuah Solusi Nano dengan Potensi yang Besar

"Nanopartikel untuk terapi yang tidak biasa dalam kanker, tapi ini formulasi khusus yang sangat cocok untuk memberikan kombinasi dari unsur (agents) ke tempat peradangan dan merangsang (stimulating) sistem kekebalan tubuh (immune)," kata Dr Fahmy. "Hasilnya sangat menarik karena penggunaan nanoteknologi dalam penyakit autoimun adalah baru dan menunjukkan janji yang nyata. Upaya kami menggambarkan bagaimana keyakinan lembaga Lupus Research Institute terhadap inovasi, telah menimbulkan kemajuan yang berimplikasi luas pada penelitian tentang penyakit Lupus dan hal-hal lain yang lebih dari itu."

referensi : http://www.lupusresearchinstitute.org/node/1528

*************************************************************
Semoga bermanfaat ya tulisan ini.
Salam sehat selalu
~Evi A.~
Medan, 23 Maret 2013
author

a wife, a mom, a blogger, a survivor of ITP & Lupus, a writer, author, a counselor of ITP & Lupus autoimmune, a mompreuneur, a motivator, a lecturer.