My Sweet Home

Kekurangan Bukan Penghalang Untuk Maju

**Kekurangan Bukan Penghalang Untuk Maju**

Gethun Tri Aenah, anak dengan kekurangan fisik, ga punya tangan, yang ditayang di TV One (20/11/13) ini benar-benar menakjubkan. Bisa bermain alat musik, menyanyi, pintar, tulisan rapi, pandai berhitung matematika serta bisa mandiri. Makan sendiri dengan menggunakan sendok oleh kaki kanan dan kirinya, menyapu rumah sendiri dengan memegang sapu oleh mulutnya, cuci piring dan membilasnya sendiri dengan kedua kakinya, begitu juga dengan cuci baju, dan aktivitas lainnya.

Anak wanita asal Banjarnegara, Jateng ini memiliki kepercayaan dirinya yang bagus. Ketika lahir, ibunya Gethun sedih sekali, karena bingung bagaimana nasib anaknya jika sudah dewasa nanti. Namun, sang Ibu terus bersyukur pada Allah, ga menyesal melahirkan dan berjalan sesuai perjalanan waktu kehidupan. Ternyata ketika usia beranjak tinggi, sang Ibu malah tidak susah mendidiknya. Ia bisa melakukan pekerjaan semua.

Subhanallah, keterbatasan yang dimilikinya tak menurunkan semangat untuk terus belajar dan berjuang menggapai cita-cita.

"Apa yang buat Gethun sehingga tidak minder?" tanya presenter Meja Bundar

"Karena ingin seperti orang lain dan mengingat pesan ibu dan ayah harus bisa apa saja," kata Gethun kepada presenter @one_mejabundar di Tv One

Prestasi sekolah dengan ranking satu atau dua selalu diraih. Saat ini Gethun kelas lima SD.

Subhanallah, cerita ini menginspirasi saya sebagai orang dewasa. Masih anak-anak tapi cacat dan mentalnya kuat. Saya harus banyak belajar dari hal ini. Untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik. Harus terus bersyukur dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Untuk terus koreksi diri dan istigfar setiap hari. Karena diri ini tak pernah luput dari dosa. Bisa jadi apa yang saya katakan menyinggung perasaan orang lain, atau apa yang saya perbuat tidak disukai orang lain atau perbuatan saya yang tidak disukai oleh Allah swt.

Sabar dan syukur memang dahsyat dalam menjalani hidup. Senang, ceria, dan gembira adalah obat untuk kita terus tersenyum. Sehingga energi positif selalu mengalir di jiwa. Semangat hidup pun kian meningkat.

Memang ga salah hadist shahih yang mengatakan apabila ia bersyukur dalam senang dan susah maka segala urusannya menjadi baik. Subhanallah.

“Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya adalah baik baginya. Hal ini tidak didapatkan kecuali pada diri seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan, dia bersyukur, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya. Sebaliknya apabila tertimpa kesusahan, dia pun bersabar, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya.” (Hadits shohih. Diriwayatkan oleh Muslim, no. 2999 dari Abu Yahya Shuhaib bin Sinan radhiyallahu ‘anhu).

Semoga kita menjadi insan yang selalu mensyukuri nikmat-Nya dan belajar untuk selalu memohon ampunanNya agar Dia pun selalu ingat kita.

"Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku." (QS. 2:152)

Selamat beraktivitas dan istirahat para sahabatku di malam hari ini.

Mohon maaf lahir dan bathin ya teman-teman jika selama berkomunikasi dengan saya ada perkataan yang menyinggung atau perbuatan yang tidak menyenangkan bagi seluruh sahabatku baik di dunia maya maupun dunia nyata. Semoga kita menjadi insan yang bermanfaat buat umat.

Semangat semangat semangat...

Kisah-kisah seperti ini bisa kita teladani agar bisa semangat untuk terus bergerak, tidak mudah menyerah, maju terus.

Salam santun,
~Evi A.~
Medan, 20 Nov 2013


author

a wife, a mom, a blogger, a survivor of ITP & Lupus, a writer, author, a counselor of ITP & Lupus autoimmune, a mompreuneur, a motivator, a lecturer.