My Sweet Home

PANTANGAN BAGI PASIEN LUPUS, ITP / AUTOIMUN LAIN [PENCETUS AKTIFNYA AUTOIMUN]

Dapat pertanyaan dari pasien lupus lewat email. Berikut pertanyaannya :
"Bu Evi, Apakah lupus atau SLE bisa sembuh total? Sudah banyakkah yang bertahan? Dan apa saja pantangan nya?"

Jawaban :
**Lupus / SLE dapat sembuh tapi tidak bisa sembuh total.
Karena autoimun sudah menempel ditubuh seumur hidup, jika ketemu pencetusnya suatu saat masih bisa aktif dan kumat kembali.

**Yang bertahan hidup sangat banyak. Bahkan yang puluhan tahun juga banyak yang bertahan. Jadi adik jangan takut ya. Selama kita bisa berdamai dan bersahabat dengan si autoimun di dalam tubuh maka selama itu kita akan selalu sehat.

**Pantangan setiap orang beda-beda.
Namun, saya sendiri mempunyai pantangan. Karena pantangan ini bisa menjadi penyebab atau pencetus aktifnya si autoimun.

Berikut pantangan bagi pasien lupus atau autoimun lainnya adalah :

- Usahakan tidak konsumsi makanan yang berpenyedap rasa.
Masak makanan di rumah dengan bumbu dapur. Bila kita harus membeli makanan di luar rumah, usahakan jangan sesering mungkin. Karena penyedap rasa salah satu pencetus si Autoimun aktif. Nanti lupusnya bisa kambuh apalagi saat kondisi tubuh kita lagi ga fit.

- Hindari / Kurangi makanan yang asam-asam.
Karena makanan yang asam dapat memicu peradangan.
Apalagi kalau saya yang makan, maka saya biasanya akan pendarahan dan pendarahan itu lama berhentinya. Jadi saya tahu persis apa yang harus saya hindari.

- Hindari/ kurangi minum susu.
Karena susu yang di kaleng-kaleng sudah mengalami pasteurisasi.
*Beberapa penelitian menyatakan bisa meningkatkan osteoporosis pada tulang.
*Kalau saya malah alergi susu, jadi bagi siapa saja yang alergi susu, usahakan hindari konsumsi susu.
*Susu juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, kalau kekebalan tubuh (imunitas) meningkat maka si autoimun lupus akan bangkit aktif dan merusak tubuh kita sendiri. Lebih baik jangan sesering mungkin minum susu bagi penderita lupus/ autoimun lain.

Untuk lengkapnya tentang susu bisa membaca artikel berikut ini :
http://www.herbalogi.com/863/kebohongan-manfaat-susu/

- Hindari konsumsi gula berlebihan
Karena gula berlebihan bahaya buat tubuh. Jangankan orang normal, orang dengan ada autoimun di dalam tubuhnya lebih berbahaya.
Makan yang mengandung gula secukupnya saja.

- Kurangi makan nasi putih.
Karena nasi putih mengandung glukosa tinggi. Sedangkan obat steroid seperti methylprednisolone/medrol/medixon yang kita konsumsi itu memiliki efek samping untuk meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Harus hati-hati. Diabetes bisa menghantui kita. Kalau sudah diabetes, si autoimun pun bisa aktif kembali. Dan akan menyerang tubuhnya sendiri.

- Kurangi makanan yang tepung-tepungan.
Karena itu memperlambat proses pencernaan di dalam tubuh. Obat yang kita makan pun reaksinya akan semakin lambat. Makan makanan yang berbahan tepung-tepungan berlebihan juga ga baik buat tubuh menimbun banyak karbohidrat+lemak. smile emoticon

- Hindari makanan yang alergi dengan tubuh kita.
Karena jika kita sudah alergi maka akan memicu peradangan infeksi. Infeksi adalah salah satu pencetus aktifnya si autoimun.

- Hindari alkohol dan jangan merokok
Sebab alkohol dan rokok merupakan salah satu pencetus aktifnya si autoimun di dalam tubuh. Kalau sudah aktif, maka akan sulit dikendalikan.

- Hindari stres dan depresi
Stres dan depresi dapat menjadi pencetus utama aktifnya si autoimun. Kok bisa sih Evi berkata begitu? Saya mengatakan hal demikian karena sudah mengalaminya. Jika saya depresi atau pun beban pikiran saya terasa sangat berat, atau sedih yang menyayat hati, maka jangan tanya deh, pasti si autoimun di dalam tubuh berulah. Saya bisa merasakan saat autoimun mulai menyerang tubuh saya sendiri. Saya bisa merasakan saat ia mengamuk di dalan tubuh. Maka hati-hati sama yang namanya stres dan depresi. Tenangkan hati dan pikiran. Atur self healing, kesabaran, ketabahan, semangat agar tubuh kembali stabil.

- Hindari ultraviolet
Sebab ultraviolet salah satu pencetus aktifnya autoimun. Usahakan pakai sunblock atau sunscreen. Saya biasanya pakai SPF 50 atau SPF 100.
Autoimun Lupus sensitif sinar ultraviolet matahari. Jadi harus berhati-hati.

- Jangan memakai silikon.
Sebab silikon salah satu pencetus aktifnya si autoimun lupus.

- Kurangi makanan yang berpengawet dan pewarna.
Walaupun sifatnya lambat, tapi bisa juga menjadi penyebab aktifnya si autoimun lupus.
- Hati-hati dengan virus dan bakteri
*Karena jika virus dan bakteri telah mengalami peradangan dapat juga menjadi pemicu aktifnya si autoimun lupus. Namun jika memang kita telah terkena virus atau bakteri segera di obati. Semakin cepat diobati maka bisa tidak membangkitkan si autoimun.
*Apabila ada disekitar kita orang batuk / flu, kita lebih baik menghindarinya karena kita sangat mudah tertular atau kita memakai masker. Virus, bakteri atau benda asing lainnya tidak dikenal sebagai musuh oleh si autoimun. Namun bisa dianggap sebagai teman, saudara atau sesuatu yang lain. Sehingga si autoimun lupus akan menduplikasi diri menjadi lebih banyak.
Jika sudah menduplikasi banyak maka autoimun akan aktif dan menyerang dirinya sendiri.

- Hindari herbal yang bersifat immuno stimulator
Immuno stimulator yaitu kandungannya yang kontra indikasi dan daopat meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas). Beberapa yang sudah diteliti oleh  SDF(Syamsi Dhuha Foundation) bagian pustaka bahan alam dan farmasi 

http://eviandrianimosy.blogspot.com/2013/02/herbal-yang-tidak-cocok-bagi-autoimun.html

selain itu herbal yang mengandung kulit manggis juga kurang bagus buat penderita autoimun. Karena saya pernah konsumsi, saya langsung hb rendah dan pendarahan. Kejadian ini juga di alami beberapa pasien ITP lainnya. Kalau pasien lupus juga pernah ada yang konsumsi, akhirnya drop dan dirawat di RS. Mungkin karena sifatnya yang asam jadi buat meradang si autoimun.

Mungkin ini sebagian yang bisa saya beritahukan.
Semangat untuk sehat ya

Begitu juga buat semua teman-teman penderita autoimun di mana pun berada. Apapun jenis autoimun yang melekat di dalam diri kita, maka bersahabatlah dengannya. Maka kita akan sehat selalu. Autoimun itu sebenarnya baik jika kita pun baik padanya. Jadi jangan takut dengan si autoimun ya.

Oh ya, ketika tubuh kita sudah kelelahan, atau tubuh sudah tidak fit, jangan dipaksakan melakukan sesuatu yang sifatnya membuat tubuh semakin lelah dan capek. Karena itu juga bisa membangkitkan amarah si autoimun. Istirahat yang cukup.
Jika memang susah tidur, hubungi dokter kita. Biasanya ia akan kasih solusi terbaik. Apakah obat tidur, obat penenang pikiran/ syaraf, atau lainnya sesuai kondisi tubuh kita.


Salam,
~Evi Andriani~
Email : evi_andriani55@yahoo.com
Medan, 9 Februari 2015
SMS / WA : 081315443133

Baca juga : Ibu dan Bayi ITP/Lupus Tetap Sehat Karena Allah
author

a wife, a mom, a blogger, a survivor of ITP & Lupus, a writer, author, a counselor of ITP & Lupus autoimmune, a mompreuneur, a motivator, a lecturer.