My Sweet Home

Tips Memilih Tas Bayi Untuk Kebutuhan Bayi Anda

Tas Bayi. (Dok. Pribadi)
Setiap ibu yang memiliki bayi pasti selalu identik dengan tas. Apalagi tas bayi yang bisa menampung semua kebutuhan bayi. Karena kalau tidak ada tas maka seorang ibu akan kewalahan membawa segala perlengkapan bayi saat berpergian.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, perlengkapan bayi yang biasa dibawa seorang ibu di dalam tas adalah botol susu, susu, popok bayi, tisu basah, minyak telon, tisu wajah, baju bayi, celana bayi, handuk, perlak, selimut, perlengkapan mandi, peralatan makan, lotion bayi, minyak telon, mainan bayi, dan lain-lain.

Manfaat tas bayi selain untuk memuat berbagai perlengkapan bayi, bisa digunakan untuk jalan-jalan, stylist dan fashionable. Kok bisa ya? Tentu bisa. Ketika bayi kita sudah besar, tas bayi bisa dimanfaatkan untuk memasukkan barang-barang kita seperti krim siang, krim malam, lipstik, bedak, eyeliner, dompet, sisir, tisu, dan lain-lain. Oleh sebab itu, para ibu di mana pun berada, harus lebih pintar dan cermat dalam membeli tas bayi.

Berikut saya ingin memberikan tips memilih tas bayi yang baik buat para ibu agar di masa mendatang tas kita lebih punya manfaat yang besar. Tujuh tips memilih tas bayi​ adalah :

1. Jenis bahan tas
Bahan tas bayi disesuaikan dengan kesukaan seorang ibu. Kalau saya pribadi menyukai tas berbahan anti air dan katun. Jadi saya memiliki tas bayi dengan bahan katun untuk fashion dan tas bayi anti air agar jika. Ada air tumpah dan kena ke tas bayi kita, maka tas bayi tidak kotor.

Tas bayi yang anti air, saya beli tidak fashionable sedangkan tas berbahan katun, saya beli yang model fashionable. Bagaimana buat para ibu sekalian? Suka tas bayi berbahan apa?

2. Ukuran tas
Ukuran tas juga penting dalam membeli dan memilih tas bayi. Seorang ibu harus bijak dalam memilih tas bayi. Hal ini untuk kenyamanan ibu dalam waktu jangka panjang.
Tas Bayi Sedang (Kredit : maraharimalldotcom)

Ada tiga golongan tas bayi yaitu :

- Besar

Ukuran besar dapat muat banyak barang dan bisa dipakai untuk berpergian jarak jauh. Hanya saja jika untuk jalan-jalan ke mall, ukuran besar tidak cocok dibawa. Tergantung gaya hidup kita. Senang jalan-jalan jauh atau hanya jalan-jalan yang dekat rumah saja.

- Sedang

Ukuran sedang menurut saya ini paling cocok buat saya. Bisa jadi cocok juga buat para ibu sekalian. Karena ukurannya tidak besar dan tidak juga kecil. Jadi kalau jalan-jalan ke mall, silaturrahmi ke rumah nenek kakek atau jalan-jalan ke tempat wisata bisa muat untuk perlengkapan bayi secukupnya saja dan keperluan bayi yang penting-penting saja.

- Kecil

Ukuran kecil cocok buat para ibu yang modis dan ga pake ribet. Jadi bisa muat untuk satu popok, satu basah dan satu botol susu. Tas kecil biasanya ringan, modelnya juga ga ribet. Ada yang gaya sling bag, ada yang ransel dan ada juga model tote bag. Tergantung selera ibu mau model tas seperti apa. Nah di bawah ini kita jugabada bahas tentang model tas. Yuk lanjut ya...

3. Model Tas

- Tote bag,
Tote bag merupakan tas bayi yang paling banyak digunakan oleh para ibu. Khususnya ibu dengan usia 28 tahun ke atas. Modelnya juga banyak yang modis dan fashionable. Tote bag ada ukuran besar, sedang dan kecil. Bahkan para mahasiswi juga suka.

Model tote bag tidak hanya bisa dipakai oleh ibu, juga bisa dipakai oleh ayah. Karena model yang bisa untuk semua kalangan. Tak heran untuk model ini banyak para perusahaan dan desainer membuat desain yang cantik dan unik. Sehingga apabila dipandang tampak menarik. Penampilan juga makin keren untuk hidup di zaman modern ini.
Tote bag (kredit : mataharimalldotcom)
Tote bag ukuran besar dan sedang memiliki kelebihan yaitu banyak ruang di dalam dan luar. Sehingga menampung banyak barang perlengkapan bayi karena kapasitas tote bag besar. Kekurangannya kalau tidak ada barang di dalam tas, ya bentuknya gitu juga, alias tidak menyusut. Tetap tampak besar sesuai ukuran yang dibeli.

- Ransel

Untuk model ransel, tas ini biasanya tempat penyimpannya terbatas. Karena model tas ransel perempuan biasanya hanya ada ukuran sedang dan kecil. Jadi hanya muat perlengkapan bayi yang penting-penting saja.

- Sling bag

Sling bag ini kapasitasnya menurut saya mirip seperti ransel. Hanya cukup untuk barang-barang yang penting saja seperti popok, tisu basah, botol susu dan susunya. Untuk para ibu yang ga suka bawa barang yang berat, cocok beli tipe tas bayi sling bag. Tas ini tidak cocok buat ibu yang bahunya suka pegal atau sakit. Tas ini biasanya digantung di bahu. Untuk memakai tas ini harus diperhatikan juga cara pakainya. Karena kalau kita tidak paham memakainya, tas ini bisa jatuh dari bahu kita

- Tas model multifungsi

Tas multifungsi ini menarik bagi saya. Karena dapat dibentuk berbagai model mulai tote bag, sling bag, selempang hingga ransel. Ada pilihan ukuran besar, sedang, dan kecil. Kalau mau beli sesuaikan kena gaya kita ya. Nyaman pakai ukuran yang mana.

Keuntungan tas model multifungsi ini bisa kita sesuaikan dengan keadaan bayi kita. Di saat jalan-jalan sendiri dan kita gendong anak, maka bisa kita buat model ransel. Kalau kita pergi ada suami atau teman yang jaga bayi kita, maka tas bisa kita buat jadi ssling bag atau slempang.

- Tipe stroller

Tas ini biasaanya dibawa bersama stroller bayi. Jadi sudah langsung ada dan nempel di kereta dorong bayi. Tas bayi model stroller jarang dipakai para ibu. Karena selain berat yang dibawa terbatas, modelnya juga biasa saja.

4. Harga Tas
Harga tas ada tiga macam yaitu
- Mahal
- Sedang
- Murah

Untuk masalah harga, tas bayi dibeli harus disesuaikan dengan anggaran biaya keuangan yang ibu punya. Jika uang ibu banyak, maka bisa beli banyak tas dengan banyak model. Jika uang ibu menengah ke bawah, maka sebaiknya harus cari harga yang tidak terlalu mahal. Agar ibu bisa hemat dan anggarannya bisa digunakan untuk keperluan bayi lainnya.

5. Merk (Brand)
Banyak merk/brand di toko yang jual tas bayi. Baik online maupun offline. Selanjutnya tinggal dari ibu mau beli brand yang mana. Biasanya pertama kali beli, seorang ibu akan melihat modelnya dulu. Semakin terkenal brand-nya maka
L semakin mahal harganya. Jadi sesuaikan dengan anggaran biaya ibu.

6. Motif

Motif tas bayi sekarang ini beraneka ragam. Ada yang motif batik, motif bunga, motif garis, dan ada juga yang motif polos. Selera ibu suka yang mana? Kalau saya pribadi suka motif polos. Jadi hanya bermain di warna saja. Kalau mau beli motif karakter juga boleh. Midal motif kartun sehingga anak bayi senang dan lucu melihatnya.

7. Warna

Untuk warna tas bayi, saya menyarankan untuk membeli warna yang netral saja. Jadi bisa dipakai oleh para ibu dan ayah. Tapi kalau ibu senang dengan warna yang tidak netral juga tidak masalah. Kadang ada ibu yang punya bayi perempuan, ingin memiliki warna pink. Yang oke aja warna pink.

Itulah 7 tips dari saya untuk para ibu dan ayah dalam memilih tas bayi yang baik buat masa depan. Semoga bermanfaat.

Salam santun,
Evi Andriani


This Is The Newest Post
author

a wife, a mom, a blogger, a survivor of ITP & Lupus, a writer, author, a counselor of ITP & Lupus autoimmune, a mompreuneur, a motivator, a lecturer.

6 comments

Tas bayi itu lucu dan unik ya. Cuma saya ga suka yg terbuat dari bahan kain. Suka susah dicuci dan mudah basah juga. Kalo buat pajangan ya bagus sih

reply

Model tas bayi sekarang beragam ya jadi kangen hihi

reply

Wah saya suka yang ukurannya kecil dan modis hihi

reply

Wah, modelnya bagus ya. Semoga suatu saat aku bisa beli buat dipakai sendiri. Sekarang mungkin buat kado aja...

reply

tas bayi sekarang memang lucu-lucu yaa. aku sendiri selama ini masih mengandalkan tas hadiah akikah anakku kemarin heu

reply

Waaah..... sudah bisa belajar milih dari sekarang nih, 😍 siapa tahu dalam waktu dekat bertemu jodoh haha

reply

Terima kasih sudah membaca tulisan saya ini. Mohon setelah membaca, beri komentar di bawahnya.Salam santun, Evi.