My Sweet Home

Body Cleansing, Mind Cleansing and Soul Cleansing (bagian 1)

Assalamu'alaikum wr wb,
Apa kabar sahabat evi semua? Subhanallah akhirnya ketemu lagi di note evi berikutnya hehehe ^_^. Sudah lama evi tidak menulis note karena begitu sibuknya dengan urusan kampus dan juga dengan kondisi kesehatan evi. Alhamdulillah telah semakin membaik. Terimakasih buat do'a-do'a sahabat evi semua dan semangatnya. Dari sebuah buku yang evi baca ada bacaan menarik sekali yaitu : tentang pembersihan didalam fisik, pikiran dan jiwa kita atau bisa disebut : Body Cleansing, Mind Cleansing and Soul Cleansing

Sahabat, dalam tubuh kita ada tiga komponen penting yaitu yang pertama BODY, tubuh kita dari ujung kaki sampai ujung rambut. Yang kedua adalah MIND, pikiran. Dan yang ketiga adalah SOUL, kita punya jiwa. Ketika kita ingin membangun diri kita kita harus membangun tubuh kita, pikiran kita dan juga jiwa kita.

Setiap komponen itu butuh pembersihan, pencucian agar menjadi bersih sehingga ruang yang bersih tersebut dapat kita masukkan energi positif didalam diri kita. Sahabat bisa bayangkan bagaimana jika di depan kita ada sebuah gelas yang kotor, lalu di masukkan susu, tentu susunya akan mengalami pembusukan dan menjadi basi.

BODY Cleansing
Sahabat, kalau kita membicarakan pembersihan tubuh, Rasullullah saw pernah bersabda :
"Sesungguhnya Allah lebih mencintai seorang mukmin yang Qowwiy (kuat secara fisik) dibandingkan mukmin yang lemah"
Sahabat, jika kita melihat hadits diatas Allah lebih mencintai mukmin yang kuat fisiknya tapi bukan berarti Allah tidak mencintai yang lemah. Hal ini terjadi jika harus memillih. Yang dimaksud kuat fisik disini adalah tidak semata-mata secara postur tubuh aja tapi didalam inner health, kesehatan didalam diri manusia itu sendiri.

Ada 3 bagian yang vital masuk ke dalam tubuh kita yaitu :


1. FOOD, makanan
Rasulullah saw memberikan satu pesan, "Kami adalah suatu kaum yang tidak akan makan sebelum lapar, dan berhenti makan sebelum kenyang" Ini merupakan cara mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Sering dalam kehidupan, kita bilang : Lapar tidak lapar kita makan, bahkan jika dah kenyang kita meneruskan makan. Sementara dalam satu ayat Al-Qur'a"n mengatakan : "Sesungguhnya Allah tidak mencintai orang yang melampaui batas". Sesuatu yang melampau batas atau yang over dosis atau melebihi kapasitas akan menimbulkan penyakit.

Jika kita melihat banyak sekali penyakit yang berdatangan, yang dulu mungkin tak terbayangkan seperti penyakit jantung koroner, lever, kanker dsb. Itu semua dari pengontrolonan makanan yang kurang tepat. Oleh sebab itu , kita harus mengurangi toksin-toksin yang masuk dalam tubuh dan memaksimalkan asam amino. Artinya kita juga harus mengurangi junk food, makanan-makanan sampah, makanan yang penuh dengan unsur racun seperti penyedap, pengawet, dan sebagainya. Hal ini bisa mempengaruhi immun kita, kondisi metabolisme dalam tubuh kita dan munculnya penyakit-penyakit.

Oleh sebab itu kita masukkan makanan yang memberikan energi satu energi, power kepada kita untuk bisa lebih energik, lebih vitalitas, dan lebih antusias di dalam kehidupan ini. Selain itu, Allah juga mengajari kita untuk memasukkan makanan yg Thoyyibah, makanan yang bergizi. Dimana ada unsur lemak terbatas, karbohidrat, nabati/sayur-sayuran, hewani, dsb. Jika kita telah berhsil mengontrol keseimbangan makanan maka terjadilah kesegran secara fisik, physical fitness.


2. WATER, Air
Sahabat ku yang dirahmati Allah, untuk survive di dunia ini, manusia butuh air. Minimal 3-4 liter dalam satu harinya. Hal ini untuk meningkatkan proses pencucuian fisik sehingga nanti ujungnya kita bis amembangun diri kita yang baru, building the new you.


3. OKSIGEN
Tadi kita telah membicarakan faktor pertama adalah makanan, kedua faktor minuman dan yang ketiga adalah oksigen. Mengapa? Karena yang bisa buat manusia itu penuh vitalitas adalah oksigen yang masuk kedalam tubuh kita. Karena apabila kita kekurangan oksigen maka yang terjadi adalah pusing, lemah, letih, loyo, bisa jadi karena kita memasukkan racun ke dalam tubuh sehingga timbul sakit bronchitis atau asma.

Nah, disini bagaimana cara kita memaksimalkan pasokan oksigen didalam tubuh dengan membiasakan diri membuat pernafasan secara teratur setiap bangun atau pada saat kita mau tidur. Dua kali dalam sehari kita lakukan selama 10 kali dalam setiap kali kita melakukan pernafasan. Dengan metode 5, 20, 10. Kita tarik nafas, hisap 5 detik kemudian kita tahan 20 detik lalu kita keluarkan 10 detik melalui mulut diantara sela-sela gigi. Jadi kita menghisap, memasukkan udara melalui hidung, lalu kita tahan, kemudian kita keluarkan secara perlahan-lahan dalam 10 hitungan. Lakukan secara rutin 10 kali sehari setiap hari, bangun tidur atau mau tidur. Maka kita akan mendapat fisik yang segar.


Sahabat mari kita sama-sama mencoba selama 2 minggu kita mencoba konsisten, komitmen dan konsekuen pengontrolan terhadapan makanan, minuman, dan pasokan oksigen. InsyaAllah di hari ke-11 kita merasakan hasil yang sangat berbeda yang berubah. Hal ini harus kita buktikan untuk diri masing-masing sehingga diri kita sendiri yang merasakannya.

Semoga apa yang evi tulis ini bermanfaat buat kita semua. Semoga Evi masih terus diberikan kesehatan, kekuatan untuk bertahan dari Allah swt, juga diberi waktu untuk melakukan perbaikian kebaikan, saling berbagi ilmu dan saling mengingatkan dalam kebaikan dunia dan akhirat. Jazakumullah khairan katsiiran.

Wassalamu'alaikum wr wb
~Evi Andri~
Medan, 21 Januari 2010
author

a wife, a mom, a blogger, a survivor of ITP & Lupus, a writer, author, a counselor of ITP & Lupus autoimmune, a mompreuneur, a motivator, a lecturer.