My Sweet Home
Doa Untukmu, Ayah
author

Doa Untukmu, Ayah



#Doa Untukmu, Ayah.

Ayah...
Kukirimkan doa untukmu.
Semoga Engkau selalu diberi kekuatan, kesabaran dan kesembuhan.

Nas-aluwlloolhal 'azhiim. Robbal 'arsyil 'adziim. Ay-yasyfiya Khairul Anwar, wal muslimiina wal muslimaat..

Ayah...
Sungguh tak kuasa perasaan hatiku.
Melihat engkau terbaring di Rumah Sakit,
menahan rasa sakit yang teramat sakit.

Ayah...
Ayah...
Ayah...
Aku sangat menyayangimu

.....
Bismillah...
Pada hari Jumat tanggal 11 Januari 2019, Subuh hari jam setengah enam pagi, mendadak ayah saya pergi ke Rumah Sakit Columbia Asia karena merasakan sakit yang luar biasa sampai ayah saya merintih menangis kesakitan.

Saya bingung ayah sakitnya apa. Karena baru pertama kali saya lihat ayah menderita sakit luar biasa dan muntah-muntah.

Saya tanya Ayah, "Bagian mana yang sakit, Ayah?"

Ayah menunjuk dibagian bawah perut. Saya menduga-duga ayah kena infeksi saluran kemih. Saya suruh ayah segera ke rs untuk diperiksa.

Sampai di RS, ayah diperiksa mulai dari tekanan darah, jantung, tes lab, usg, dll. Sudah di USG masih belum kelihatan apa penyebab sakit di perut ayah. Begitu di CT Scan baru terlihat bahwa ada batu di saluran kemih ayah saya. Batu itu membuat ayah muntah-muntah 24j am dari kamis siang sampai jumat siang.

Sebelumnya kadar gula darah ayah 460 tapi sudah normal karena ayah sudah kontrol ke Dokter Spesialis Diabetes di Klinik Bunda beberapa hari sebelum masuk RS Columbia Asia. Ketika suster cek tekanan darah ayah, ternyata sangat tinggi yaitu 233. Saya video call mama terus untuk tanya bagaimana perkembangan ayah saya.

Saya suruh mama untuk cek mata ayah. Karena mata ayah merah hampir satu Minggu lebih tidak sembuh. Padahal sudah dikasih obat mata. Saya takut itu efek dari diabetesnya.

Dulu saya pernah praktik di RS Cicendo waktu mau buat penelitian tesis mengenai mata. Saya belajar juga tentang penyakit mata akibat diabetes. Jadi saya punyalah beberapa pengetahuan mengenai mata. Alhamdulillah kata dokter mata, mata merah ayah saya bukan karena diabetes. Tapi karena ada luka di matanya.

Saya ingin sekali menjenguk ayah, tapi ga dikasih mama. Karena ayah dapat kamar yang isinya 6 bed. Semua ruangan di sana penuh. Banyak pasien yang sakit apalagi batuk parah. Mama takut kalau jenguk ke RS, Rifqi tertular batuk oleh pasien-pasien di sini. Kasihan.

Ya Allah, cobaan apa ini.
Saya sedih, tapi saya harus kuat.
Saya lemas, tapi saya harus semangat.
Saya berdoa terus kepada Allah, agar ayah saya cepat sembuh.

Alhamdulillah, selama di RS Columbia Asia Medan, ayah dibantu oleh seorang suster yang saya kenal banget yaitu Mamanya Angel. Saya dan Angel bersahabat karena kita sama-sama #autoimunsurvivor. Kita bertahan hidup hingga sekarang dan memberikan semangat juga bagian pasien #autoimmunedisease lainnya.

Terima kasih saya ucapkan sebesar-besarnya kepada mamanya Angel yang sudah merawat ayah saya dan memerhatikan mama saya selama di RS.

Subhanallah walhamdulillah hampir seminggu dirawat di RS, kesehatan ayah semakin baik. Tekanan darahnya terkontrol baik, diabetesnya terkontrol baik, luka di matanya sudah mulai baik, batu di saluran kemihnya juga sudah hancur.

Sebenarnya ayah saya punya BPJS, sebab dia kan dosen PNS di Unimed. Tapi kita ga pernah pakai. Karena kalau pake BPJS di Medan, ampun ribet banget untuk dapat rujukan ke RS yang bagus. Karena rujukannya harus berdasarkan lokasi yang dekat dengan rumah kita. Oleh karena itu, saya langsung suruh ayah berobat ke RS Internasional Columbia Asia Medan.

Karena saya, anak saya dan mama saya pernah dirawat di sana. Cepat penangangannya, tepat pengobatannya, bagus dokternya, lengkap peralatannya. Kekurangannya hanya satu, kamar mandi tiap kamar kurang bagus. Mungkin karena RS lama. Sebelumnya RS Columbia Asia Medan bernama RS Gleneagles Medan. Kekurangan terakhir adalah mahal. Ya di sana semua serba mahal. Dokternya juga mahal. Hehehe.

Senyum dan rasa syukur saya panjatkan kepada Allah swt sehingga ayah saya bisa sehat kembali.

Terima kasih juga saya ucapkan kepada semua keluarga yang sudah memerhatikan ayah dan mama saya selama di RS.

Terima kasih juga kepada semua teman-teman saya dan sahabat saya yang sudah mendoakan ayah saya.
Semoga Allah selalu memberikan keberkahan kepada semuanya. Aamiin.

Salam santun,
Evi Andriani
Medan, 28 Januari 2019
Jadilah Diri Sendiri yang Terbaik
author

Jadilah Diri Sendiri yang Terbaik




Tinggi dan rendah sesuatu,
bisa memengaruhi dan tidak memengaruhi sesuatu.
Jadilah dirimu sendiri yang terbaik,
karena akan menghasilkan yang baik.
(Evi Andriani)

Ibarat dua bros tersebut, jika kita lihat tinggi dan rendahnya berbeda. Ternyata bahan untuk membuat dan merangkai bros tersebut juga berbeda. Sehingga harga kedua bros itu juga berbeda.

Begitulah dengan kita.
Ada masyarakat golongan tinggi alias orang kaya. Kehidupannya semua serba mewah. Pengeluarannya juga besar.

Ada masyarakat golongan menengah. Kehidupannya biasa sederhana. Apa yang didapatnya selalu merasa cukup atau dicukupkan. Jadi disesuaikan dengan keadaan keuangan dan kehidupannya.

Ada masyarakat golongan bawah atau miskin (fakir miskin). Masyarakat ini umumnya hidupnya serba kurang.

Makanya Allah dan Rasul-Nya selalu mengingatkan kepada kita untuk berbagi kepada sesama. Khususnya orang-orang miskin (fakir miskin), para janda, karib/kerabat, dan anak yatim yang benar-benar membutuhkan. Sebab, dari rezeki yang kita dapatkan, ada bagian mereka yang harus kita sedekahkan agar penuh berkah.

Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu , Rasulullah shallallahu' alaihi wa sallam bersabda,
“Orang yang bekerja agar bisa memberi sebagian nafkah kepada janda, dan orang miskin, sebagaimana orang yang berjihad di jalan Allah, atau seperti orang yang tahajud di malam hari, puasa di siang hari.“ (HR. Bukhari 5353 dan Muslim 2982). .

Allah berfirman,
"Dan berikanlah kepada karib-kerabat akan haknya dan orang miskin…” (QS. Al Isra 26)

“…dan memberikan harta yang ia cintai kepada karib-kerabat...” (QS. Al Baqarah 177)

Jadi, bagaimanapun status kita, kondisi kita, baik tinggi maupun rendah, tetap terus semangat berbagi kasih sayang. .
Semoga kita selalu menjadi insan yang senang berbagi kepada orang lain. Aamiin.

Salam santun,
Evi Andriani
Medan, 11 Januari 2019.


Menikmati Liburan Tahun Baru di Taman Air Mancur Sudirman Medan
author

Menikmati Liburan Tahun Baru di Taman Air Mancur Sudirman Medan



Ga kalah juga nih sama anaknya. Emaknya juga pengen terekpos juga hehehe.

Sembari Rifqi lagi sama atoknya jalan-jalan, saya juga berfoto ria nih.

Kapan lagi bisa ke Taman Sudirman yang sudah renovasi jadi cantik? Mungkin bulan Januari ini saya sudah balik Jakarta hehehe.



Sayang tiket masih mahal. Kenapa sih perusahaan pesawat di Indonesia selalu menaikkan harga tiket pesawat sehingga jadi mahal banget? Mentang-mentang libur anak sekolah, tiket dibuat mahal saja. #cuitanemak

Selain saya dan keluarga melihat air mancur, saya mengajak Rifqi main perosotan. Karena itu salah satu permainan yang Rifqi sukai.

Tempat main perosotan yang dinaikin Rifqi ini umumnya untuk anak-anak usia 5 tahun ke atas. Yang tempat main perosotan untuk anak di bawah 5 tahun penuh sesak. Terlalu banyak anak-anak main.



Jadi Rifqi main di perosotoan yang besar. Tapi Rifqi tetap berani menaiki perosotan ini. Rifqi pun bahagia.

Sebelum pulang dari Taman Sudirman, kami membelikan Rifqi banyak #mainan. Mulai dari truk besar, balon-balon udara yg dihebuskan, sampai satu set alat main bulu tangkis. Ada banyak penjual keliling yang menjual berbagai mainan anak di taman ini.

Awal tahun baru ini, meninggalkan kenangan manis buat Rifqi di Medan.

Selamat Tahun Baru 2019. Semoga di tahun ini kita semua semakin sehat, sukses, sholeh/sholeha, dan menjadi pribadi yang terus maju ke depan. Aamiin

Apapun  cobaan hidup ini, jangan pernah kita terjatuh dan apalagi mundur.
Kalau kita terjatuh, bangkit lagi.
Kalau kita mundur, maka maju lagi.
Karena kita bisa, apalagi berusaha.
Jangan menyerah, karena kita keren.

Salam santun,
Evi Andriani
Medan, 02 Januari 2019
Tips Memilih Tas Bayi Untuk Kebutuhan Bayi Anda
author

Tips Memilih Tas Bayi Untuk Kebutuhan Bayi Anda

Tas Bayi. (Dok. Pribadi)
Setiap ibu yang memiliki bayi pasti selalu identik dengan tas. Apalagi tas bayi yang bisa menampung semua kebutuhan bayi. Karena kalau tidak ada tas maka seorang ibu akan kewalahan membawa segala perlengkapan bayi saat berpergian.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, perlengkapan bayi yang biasa dibawa seorang ibu di dalam tas adalah botol susu, susu, popok bayi, tisu basah, minyak telon, tisu wajah, baju bayi, celana bayi, handuk, perlak, selimut, perlengkapan mandi, peralatan makan, lotion bayi, minyak telon, mainan bayi, dan lain-lain.

Manfaat tas bayi selain untuk memuat berbagai perlengkapan bayi, bisa digunakan untuk jalan-jalan, stylist dan fashionable. Kok bisa ya? Tentu bisa. Ketika bayi kita sudah besar, tas bayi bisa dimanfaatkan untuk memasukkan barang-barang kita seperti krim siang, krim malam, lipstik, bedak, eyeliner, dompet, sisir, tisu, dan lain-lain. Oleh sebab itu, para ibu di mana pun berada, harus lebih pintar dan cermat dalam membeli tas bayi.

Berikut saya ingin memberikan tips memilih tas bayi yang baik buat para ibu agar di masa mendatang tas kita lebih punya manfaat yang besar. Tujuh tips memilih tas bayi​ adalah :

1. Jenis bahan tas
Bahan tas bayi disesuaikan dengan kesukaan seorang ibu. Kalau saya pribadi menyukai tas berbahan anti air dan katun. Jadi saya memiliki tas bayi dengan bahan katun untuk fashion dan tas bayi anti air agar jika. Ada air tumpah dan kena ke tas bayi kita, maka tas bayi tidak kotor.

Tas bayi yang anti air, saya beli tidak fashionable sedangkan tas berbahan katun, saya beli yang model fashionable. Bagaimana buat para ibu sekalian? Suka tas bayi berbahan apa?

2. Ukuran tas
Ukuran tas juga penting dalam membeli dan memilih tas bayi. Seorang ibu harus bijak dalam memilih tas bayi. Hal ini untuk kenyamanan ibu dalam waktu jangka panjang.
Tas Bayi Sedang (Kredit : maraharimalldotcom)

Ada tiga golongan tas bayi yaitu :

- Besar

Ukuran besar dapat muat banyak barang dan bisa dipakai untuk berpergian jarak jauh. Hanya saja jika untuk jalan-jalan ke mall, ukuran besar tidak cocok dibawa. Tergantung gaya hidup kita. Senang jalan-jalan jauh atau hanya jalan-jalan yang dekat rumah saja.

- Sedang

Ukuran sedang menurut saya ini paling cocok buat saya. Bisa jadi cocok juga buat para ibu sekalian. Karena ukurannya tidak besar dan tidak juga kecil. Jadi kalau jalan-jalan ke mall, silaturrahmi ke rumah nenek kakek atau jalan-jalan ke tempat wisata bisa muat untuk perlengkapan bayi secukupnya saja dan keperluan bayi yang penting-penting saja.

- Kecil

Ukuran kecil cocok buat para ibu yang modis dan ga pake ribet. Jadi bisa muat untuk satu popok, satu basah dan satu botol susu. Tas kecil biasanya ringan, modelnya juga ga ribet. Ada yang gaya sling bag, ada yang ransel dan ada juga model tote bag. Tergantung selera ibu mau model tas seperti apa. Nah di bawah ini kita jugabada bahas tentang model tas. Yuk lanjut ya...

3. Model Tas

- Tote bag,
Tote bag merupakan tas bayi yang paling banyak digunakan oleh para ibu. Khususnya ibu dengan usia 28 tahun ke atas. Modelnya juga banyak yang modis dan fashionable. Tote bag ada ukuran besar, sedang dan kecil. Bahkan para mahasiswi juga suka.

Model tote bag tidak hanya bisa dipakai oleh ibu, juga bisa dipakai oleh ayah. Karena model yang bisa untuk semua kalangan. Tak heran untuk model ini banyak para perusahaan dan desainer membuat desain yang cantik dan unik. Sehingga apabila dipandang tampak menarik. Penampilan juga makin keren untuk hidup di zaman modern ini.
Tote bag (kredit : mataharimalldotcom)
Tote bag ukuran besar dan sedang memiliki kelebihan yaitu banyak ruang di dalam dan luar. Sehingga menampung banyak barang perlengkapan bayi karena kapasitas tote bag besar. Kekurangannya kalau tidak ada barang di dalam tas, ya bentuknya gitu juga, alias tidak menyusut. Tetap tampak besar sesuai ukuran yang dibeli.

- Ransel

Untuk model ransel, tas ini biasanya tempat penyimpannya terbatas. Karena model tas ransel perempuan biasanya hanya ada ukuran sedang dan kecil. Jadi hanya muat perlengkapan bayi yang penting-penting saja.

- Sling bag

Sling bag ini kapasitasnya menurut saya mirip seperti ransel. Hanya cukup untuk barang-barang yang penting saja seperti popok, tisu basah, botol susu dan susunya. Untuk para ibu yang ga suka bawa barang yang berat, cocok beli tipe tas bayi sling bag. Tas ini tidak cocok buat ibu yang bahunya suka pegal atau sakit. Tas ini biasanya digantung di bahu. Untuk memakai tas ini harus diperhatikan juga cara pakainya. Karena kalau kita tidak paham memakainya, tas ini bisa jatuh dari bahu kita

- Tas model multifungsi

Tas multifungsi ini menarik bagi saya. Karena dapat dibentuk berbagai model mulai tote bag, sling bag, selempang hingga ransel. Ada pilihan ukuran besar, sedang, dan kecil. Kalau mau beli sesuaikan kena gaya kita ya. Nyaman pakai ukuran yang mana.

Keuntungan tas model multifungsi ini bisa kita sesuaikan dengan keadaan bayi kita. Di saat jalan-jalan sendiri dan kita gendong anak, maka bisa kita buat model ransel. Kalau kita pergi ada suami atau teman yang jaga bayi kita, maka tas bisa kita buat jadi ssling bag atau slempang.

- Tipe stroller

Tas ini biasaanya dibawa bersama stroller bayi. Jadi sudah langsung ada dan nempel di kereta dorong bayi. Tas bayi model stroller jarang dipakai para ibu. Karena selain berat yang dibawa terbatas, modelnya juga biasa saja.

4. Harga Tas
Harga tas ada tiga macam yaitu
- Mahal
- Sedang
- Murah

Untuk masalah harga, tas bayi dibeli harus disesuaikan dengan anggaran biaya keuangan yang ibu punya. Jika uang ibu banyak, maka bisa beli banyak tas dengan banyak model. Jika uang ibu menengah ke bawah, maka sebaiknya harus cari harga yang tidak terlalu mahal. Agar ibu bisa hemat dan anggarannya bisa digunakan untuk keperluan bayi lainnya.

5. Merk (Brand)
Banyak merk/brand di toko yang jual tas bayi. Baik online maupun offline. Selanjutnya tinggal dari ibu mau beli brand yang mana. Biasanya pertama kali beli, seorang ibu akan melihat modelnya dulu. Semakin terkenal brand-nya maka
L semakin mahal harganya. Jadi sesuaikan dengan anggaran biaya ibu.

6. Motif

Motif tas bayi sekarang ini beraneka ragam. Ada yang motif batik, motif bunga, motif garis, dan ada juga yang motif polos. Selera ibu suka yang mana? Kalau saya pribadi suka motif polos. Jadi hanya bermain di warna saja. Kalau mau beli motif karakter juga boleh. Midal motif kartun sehingga anak bayi senang dan lucu melihatnya.

7. Warna

Untuk warna tas bayi, saya menyarankan untuk membeli warna yang netral saja. Jadi bisa dipakai oleh para ibu dan ayah. Tapi kalau ibu senang dengan warna yang tidak netral juga tidak masalah. Kadang ada ibu yang punya bayi perempuan, ingin memiliki warna pink. Yang oke aja warna pink.

Itulah 7 tips dari saya untuk para ibu dan ayah dalam memilih tas bayi yang baik buat masa depan. Semoga bermanfaat.

Salam santun,
Evi Andriani


Pantai Cantik Di Bali Yang Cocok Untuk Melihat Sunrise
author

Pantai Cantik Di Bali Yang Cocok Untuk Melihat Sunrise


Bali adalah salah satu pulau di Kepulauan Nusa Tenggara yang penuh dengan keindahan dari segala aspek. Mulai dari adat istiadatnya, seni yang khas, suku yang beragam, sampai pada objek wisata yang luar biasa indah seperti wisata alam, wisata budaya dan wisata bahari.

Keindahan tempat wisata di Bali tersebut tak hanya diakui warga Indonesia saja, tetapi juga wisatawan dari luar negeri suka dengan Pulau Bali. Setiap harinya, wisatawan keluar masuk Pulau Bali untuk menikmati keindahan suasana tempat wisata di Bali.

Bali juga terkenal akan pantainya yang bersih dan indah. Nah, jika selama ini kamu adalah seseorang yang menyukai matahari terbit atau sunrise, cobalah untuk menyaksikan indahnya matahari terbit di pantai cantik berikut ini.  

Pantai Matahari Terbit

Sumber:melukisdengancahaya.wordpress.com

Sesuai namanya, Pantai Matahari Terbit merupakan tempat yang pas untuk memulai hari dengan menikmati indahnya mentari pagi yang terbit di ufuk timur. Pantai ini terletak tidak jauh dari Pantai Sanur, dan hanya sekitar 40 menit saja dari Kuta.

Matahari terbit di tempat wisata di Bali satu ini akan membuatmu terkagum-kagum. Kamu bisa melihat sinar mentari yang menyongsong berdampingan dengan perahu-perahu nelayan. Indah dan romantis, sekaligus artsy untuk dipandang. Karena penuh dengan karya seni yang liar biasa. Kamu juga bisa menikmati matahari terbit dengan jogging ringan di pantai ini. Ada jogging track di pinggir pantai yang siap menemanimu.

Nusa Dua


sumber:wikipedia.org

Ada banyak pantai cantik yang berada di daerah Nusa Dua. Tempat wisata di Bali ini terkenal akan pantainya yang bersih dan penginapannya yang mewah ini. Pantai Nusa Dua juga cocok untuk menikmati indahnya mentari pagi yang baru terbit. Saking indahnya, Nusa Dua disebut sebagai tempat spot terbaik di Bali untuk melihat matahari terbit lho. Untuk menuju ke sana juga sangat mudah, Nusa Dua ini terletak di Kabupaten Badung.

Pantai Lovina

Sumber : korinatour.co.id

Jika ingin mencoba melihat matahari terbit dengan suasana yang berbeda, maka cobalah untuk berkunjung ke Pantai Lovina. Kamu bisa naik perahu untuk menyaksikan indahnya matahari terbit. Jika beruntung, kamu bisa bertemu lumba-lumba yang berenang melompat-lompat di laut. Bayangkan saja menyaksikan matahari terbit dengan ditemani lumba-lumba yang lucu. Sudah pasti akan membuat pengalaman liburanmu tak terlupakan deh. Menyenangkan sekali menikmati pemandangan alam di Pantai Lovina.


Pantai Candidasa

sumber:edyraguapo.blogspot.com

Tempat wisata Pantai Candidasa ini berada di daerah Karangasem, Bali. Pantai ini memiliki pemandangan matahari terbit yang eksotis karena pantai menghadap ke timur dan menghadap ke Pulau Lombok. Pantai ini terletak jauh dari pusat kota, sehingga nuansanya terasa tenang dan menyejukkan hati. Kebanyakan yang menikmati indahnya matahari pagi di sini adalah turis mancanegara. 

Pantai Amed

sumber:laksmindirajournal.blogspot.com

Sebenarnya Pantai Amed ini terkenal akan spot diving dan snorkelingnya yang indah. Namun jangan salah, cobalah ke Pantai Amed saat fajar menjelang. Kamu akan disuguhi matahari terbit nan cantik di sana. Hebatnya lagi, tak hanya sunrise yang bisa kamu lihat. Kamu juga bisa menikmati indahnya matahari tenggelam di pantai ini. Keren kan?

Tempat wisata di Bali memang tidak ada matinya ya. Yuk segera cari tiket ke Bali di halaman traveloka dan dapatkan diskon menarik untuk kamu. Selamat berlibur!

Ini Alasan Kenapa Produk Seller Dihapus Shopee
author

Ini Alasan Kenapa Produk Seller Dihapus Shopee



Pengalaman saya tentang produk saya dihapus shopee adalah :

1. Karena ada penimpaan produk.
Ketika ada produk yang sudah habis, maka produk saya hapus. Lalu saya ganti dengan produk lain. Sehingga edit semua judul, deskripsi, dll.

2. Karena ada kata-kata barang bermerk yang punya lisensi. Seperti burberry, louisvitution.

3. Karena upload produk baru di halaman produk lama.
Sebab sebelumnya saya pakai foto dari pabrik atau suplier. Karena kurang cantik dan kurang meraih minat pembeli, jadi saya foto ulang dengan lebih bagus. Ketika saya upload, ternyata sistem anggap itu produk baru.

4. Judul.
A. Judul yang memiliki simbol dan karakter unik tidak begitu disukai mesin sistem shopee. Karena bisa jadi dianggap spam atau produk terlarang.
B. Judul sama semua dan tidak ada beda. Sehingga tak nampak keunikan.
C. Judul mengandung unsur kata yang dilarang. Misal produk MLM.

5. Kategori produk
Contoh : plastik bungkus dimasukkan ke bagian kategori serba serbi. Jika dimasukkan ke lain kategori, dianggap salah. Bisa dihapus/diblokir shopee. Bisa juga disuruh shopee untuk diedit. Begitu untuk yang lainnya. Kategori harus pas.

6. Produk Duplikat
Biasanya produk duplikat di alami oleh penjual yang memiliki produk sama dalam satu toko. Cotoh penjual hijab/jikbab, buku, sepatu, bros, jaket, dll.

Bingung Memilih Bahan Baju Gamis Buat Idul Fitri? Ini Ada 7 Tips Wajib Dibaca.
author

Bingung Memilih Bahan Baju Gamis Buat Idul Fitri? Ini Ada 7 Tips Wajib Dibaca.

Gamis Katun. Dok Pribadi

Assalamu'alaikum para pembaca blog Evi. Di bulan suci Ramadan ini, banyak sahabat muslimah dan hijaber mencari baju gamis buat menyambut bulan Ramadan agar ibadah semakin mantap. Bahkan banyak juga yang mencari baju gamis buat Idul Fitri.

Mengapa sih incaran sahabat muslimah adalah baju gamis saat Idul Fitri ? Karena baju gamis itu baju yang sederhana, mudah dipakai dan menutup aurat. Tidak seperti baju lainnya yang ada bagian atasan dan bawahan dipisah. Baju gamis juga mengingatkan kita dengan baju di Timur Tengah. Sehingga lebih terasa dekat dengan Allah, Rasullullah dan para sahabatnya. Di Timur Tengah baju gamis biasa dikenal dengan sebutan jubah dan kaftan. Di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan gamis.

Baju gamis zaman sekarang sudah banyak model dan lebih inovatif. Tidak seperti zaman dulu. Hanya kain panjang yang membentuk seperti baju kurang dengan lengan panjang dan menutup hingga mata kaki. Para desainer sekarang membuat baju gamis menjadi lebih keren, cantik dan kekinian. Mulai dengan menambah bagian rompi, bordir, renda, brokat, batu-batu, mutiara, permata, sampai memadukan berbagai jenis warna dan bahan kain dalam satu baju gamis.

Gamis Katun Kombinasi Bordir.
 Credit mataharimalldotcom

Kalau kita membeli baju gamis di toko offline, mungkin kita bisa lihat langsung, memegang baju tersebut, bahkan memakainya. Tapi kalau membeli online, bagaimana ya?

Berikut Tips Memilih Bahan Baju Gamis buat Idul Fitri adalah :

1. Bahan yang menyerap keringat

Bahan yang menyerap keringat adalah katun. Bahan katun ini terbuat dari serat tumbuhan alami yaitu kapas. Nama latin tumbuhan kapas adalah Gossypium. Bahan ini disukai banyak orang diseluruh dunia. Semakin bagus katunnya, maka semakin mahal harganya. Namun harga bukan hanya dinilai dari bahannya saja, tapi dilihat dari model, aksesoris tambahan, sampai pada merknya. Bahan katun juga banyak macamnya ya sahabat muslimah.

a. Katun Jepang
Bahan katun jepang sering juga dibuat menjadi baju gamis. Katun jepang di Indonesia macam ragam jenisnya. Mulai dari tingkat kehalusannya biasa, sedang, tebal. Begitu juga dengan tingkat kelembutannya atau kekakuannya ada yang biasa, sedang dan premium. Semakin bagus kualitasnya, semakin mahal harganya.

Namun, kalau saya pribadi agak kurang begitu suka katun jepang. Karena agak kaku bahannya. Mungkin saya mendapat baju gamis katun jepang yang kaku bahannya. Bukan katun yang lembut. Tapi saya suka motif katun jepang yang penuh warna dan motif bunga. Seperti bunga-bunga di Jepang.

b. Polycotton
Polycotton adalah bahan katun yang saya sukai. Karena bahan ini lebih banyak serat katunnya dan tebal. Namun, polycotton untuk baju gamis berbeda dengan polycotton untuk hijab. Polycotton untuk gamis, serat tenunnya lebih rapat dan tebal. Kalau untuk hijab, banyak ragam. Ada yang tebal dan lembut, ada yang sedang tapi kaku. Ada juga yang sedang tapi lembut. Kalau saya lihat tergantung merk pabrik. Tiap pabrik berbeda saya lihat kualitas bahannya. Masalah harga bersaing. Tergantung distributor atau seller jualnya mahal atau murah.

c. Katun denim
Katun denim ini dibuat dengan serat kapas. Hanya teknik pengolahan katun denim berbeda dengan katun lainnya yaitu teknik twill di mana ada 2 buah jalur benang yang ditenun (warp dan weft).

Katun denim sebagian orang tahunya hanya bahan celana jeans. Padahal katun denim sekarang banyak dipakai sebagai hijab. Tidak harus yang kaku seperti celana jeans. Ada banyak warna. Tingkat kehalusan, kekakuan, dan kelembutannya juga berbeda.

Selain celana jeans dan hijab, katun denim juga banyak dibuat gamis. Buat yang suka fashion dan gaya anak muda, biasanya suka bahan denim ini. Dulu saat saya masih di bangku kuliah senang pakai rok bahan denim. Baju gamis bahan denim juga banyak saya beli.

Gamis bahan Denim. Credit mataharimalldotcom

d. Katun Combed
Jenin katun combed sering kita sebagai bahan dari baju kaos. Ada 3 macam katun combed yang saya ketahui yaitu :
a. katun combed 20s : tebal
b. katun combed 30s : sedang (tidak begitu tebal dan tidak tipis)
Bahan 30s banyak dipilih sebagai bahan kain kaos.
c. katun combed 40s : tipis.

Saya pernah beli baju gamis berbahan katun combed (kaos katun). Cuma yang saya dapat bahannya tebal. Tidak seperti bahan baju combed 30s. Mungkin itu katun combed 20s ya. Tebal dan tidak menerawang.

e. Katun Ima
Ada baju gamis yang dibuat dengan katun ima. Katun ima memiliki tekstur garis yang khas dibanding katun lainnya. Walaupun sama-sama adem dan menyerap keringat, namun keunikan serat garis kain yang dimiliki katun ima dan tidak berbulu menjadikan itu sebagai ciri khusus baginya.

f. Katun rayon
Katun rayon ini bahannya lebih adem, dingin, tidak begitu tebal dan tidak tipis juga, lebih jatuh dan lembut. Biasanya banyak digunakan untuk pembuatan mukena. Khususnya mukena bali. Katun rayon ini tingkat kualitasnya saya lihat pun berbeda-beda. Semakin lembut bahannya, semakin bagus kainnya dan semakin mahal. Katun rayon cocok dibuat untuk gamis yang dipakai di rumah. Sering disebut dengan baju daster. Karena kurang begitu mewah. Tapi kalau kita orang yang kreatif dan inovatif, maka katun rayon sangat bisa dibuat menjadi mewah. Sehingga tidak hanya dipakai di rumah tapi bisa dipakai jalan-jalan, pengajian, dan kondangan.

2. Bahan berkilau dan licin

Bahan berkilau, mengkilap dan licin banyak diminati orang-orang zaman sekarang. Bahan ini disebut dengan istilah satin. Jenis-jenis yang menyerupai satin juga banyak ya sahabat shalihah.

a. Satin
Bahan satin paling laris dipakai masyarakat biasa maupun kalangan artis. Karena bila memakai bahan satin terlihat mewah dan mengkilap. Satin sendiri bisa dibuat dari bahan serat alami dan serat sintetis seperti katun (kapas), rayon, nilon, polyester, sutra. Bahkan bisa dibuat dari dua kombinasi serat alami dan sintetis sehingga melahirkan banyak jenis seperti velvet, satin sutra, roberto cavali, satin serat miring (meksmara), satin embos, satin shanghai, maxmara, dll.

Satin paling banyak dibuat jadi hijab. Tapi bukan berarti satin tidak banyak dibuat jadi baju gamis. Banyak baju gamis yang terbuat dari bahan satin. Baju nikah saya sendiri aja terbuat dari satin. Untuk baju pernikahan, biasanya orang menggunakan bahan velvet. Karena lebih lembut, jatuh dan tidak begitu licin. Apalagi untuk Idul Fitri cocok baju gamis bahan satin. Terlihat mewah. Sahabat muslimah suka satin tidak? Atau suka bahan katun seperti yang saya sukai.

b. Rayon
Jika melihat kata rayon, saya langsung ingat dengan hijab segiempat atau pashmina berbahan rayon Turki. Untuk di Indonesia, saya belum pernah melihat langsung baju gamis dari bahan rayon. Tapi kalau negara Turki sudah tidak asing lagi dengan bahan rayon. Rayon dengan katun rayon berbeda ya sahabat shalihah.

Rayon bahannya lebih halus, lembut, adem, dingin dipakai seperti sutra. Tidak begitu licin seperti satin. Rayon sering disebut sebagai satin premiumnya Turki. Harganya juga mahal. Menurut saya wajar mahal, karena bahannya memang lebih bagus dari satin.

3. Bahan sutra mewah

Kalau bahan sutra tentu semua sudah pada tahu ya sahabat shalihah. Bahan ini tergolong bahan super mahal. Bahkan sutra merupakan bahan pakaian laki-laki di surga. Sutra terbuat dari benang yang dihasilkan oleh ulat sutra. Langka dan mahal. Biasanya banyak orang-orang kerajaan atau kalangan kelas atas suka memakai bahan ini. Selain terkenal dengan langka dan mewah, bahan ini lembut, adem, mengkilap dan elegan sekali. Saya sendiri saja belum punya gamis sutra original hehehe. Kalau ada yang mau kasih ke saya, tentu saya terima dengan senang hati.

4. Bahan ringan

Bahan baju gamis juga ada yang ringan ya sahabat shalihah. Berikut saya sedikit memaparkan, bahan apa saja yang ringan dan suka dipakai orang.

a. Sifon
Karakteristik bahan ini ringan, lemas, jatuh, transparan. Baju gamis yang dibuat dari bahan dasar sifon biasanya selalu memakai inner agar tidak menerawang.

b. Linen
Karakteristik bahan ini agak berserat, ringan, dan transparan. Kadang-kadang kita menemukan bahan linen ininagak berbulu. Biasanya baju gamis menggunakan linen sebagai bahan kombinasi dengan bahan kain lainnya.

c. Bubble Pop
Bubble pop adalah bahan yang sering digunakan untuk membuat hijab. Namun, ada juga baju gamis dibuat dengan bahan bubble pop. Karakeristik bahan ini tidak bisa melar, tidak menyerap keringat, agak tipis dan menerawang. Kalau mau pakai gamis bahan ini sebaiknya memakai gamis dalaman. Agar tidak tembus dan tampak lebih menarik.

Gamis bahan Buble Pop. Credit mataharimalldotcom

d. Bahan jersey
Bahan jersey termasuk bahan tekstil yang paling laris untuk dibuat baju gamis. Jersey biasa dibuat dari serat katun atau dikombinasikan dengan serat sintetis. Bahan baju gamis ini mudah melar dan elastis. Bahan ini dikenal dengan istilah katun strecth. Bahan jersey halus, lebih hangat, dan tebal dibanding dengan spandex.

Saya termasuk suka dengan bahan jersey. Adem dipakai dan tidak mudah kusut. Walaupun dipakai akan seperti mengikuti bentuk tubuh, tapi bila hijabnya panjang maka biasa aja tidak kelihatan membentuk tubuh. Apalagi kalau jersey tipe premium, lebih bagus lagi.

Jersey memiliki tipe dan kualitas masing-masing. Mulai dari kualitas biasa, sedang, sampai premium. Kalau yang premium, jerseynya lembut dan menyerap keringat juga. Bisa jadi campuran katunnya lebih banyak ya. Jenis-jenis jersey yaitu jersey hight twist, jersey korea (spandex ity), jersey stella, jersey etiway, jersey scarlet, jersey serly, jersey serena.

Baju gamis bahan jersey. Credit mataharimalldotcom

Bahan jersey ini juga banyak diminati orang untuk baju gamis Idul Fitri. Semakin bagus kualitasnya, maka bahan semakin adem dan harga juga semakin mahal. Bahkan ada yang jutaan bila dikombinasikan dengan bahan lainnya, ditambah aksesoris dan pernak pernik.

e. Spandex
Bahan spandex merupakan bahan yang terbuat dari serat sintetis buatan manusia dengan karakteristik elastis. Bila kita pakai, bahan baju gamis spandex bisa meregang atau melar hingga 5x dari panjang atau lebar baju normalnya. Kalau sering di cuci di mesin cuci, selain bisa buat melar, spandex juga bisa buat baju cepat berbulu. Jika punya baju dengan bahan spandex, sebaiknya jangan cuci di dalam mesin cuci. Di rendam di ember saja, bilas, lalu jemur.

5. Bahan sederhana dan elegan

a. Wolfis atau woolpeach
Menurut saya pribadi bahan baju gamis yang sederhana dan elegan adalah wolfis atau woolpeach. Bahan yang satu ini bahan paling laris sepanjang masa untuk dibuat baju gamis. Bahan wolfis dibuat dari serat kantun dan sintetis.

Bahan ini tebal, tidak menerawang, halus dan tidak licin, tidak kaku, mudah disetrika dan bila dipakai sehari-hari dalam berpergian enak. Wolfis tidak mudah kusut. Kata sebagian orang bahan ini ringan. Tapi menurut saya tidak begitu ringan. Masih ringan, bahan sifon lagi.

Kalau untuk dipakai kondangan, wolfis masih kurang mewah. Agar tampak mewah, wolfis harus dikombinasikan dengan bahan lain dan ditambah aksesoris, brokat, batu permata, dll. Semakin kreatif si desainer buat kombinasinya, makin indah dan mewah baju gamis bahan wolfis.

Saya juga suka bahan wolfis ini. Hanya tetap saya paling sukanya ya katun. Paling bagus menyerap keringatnya. Kalau wolfis kurang maksimal menyerap keringat.

6. Bahan bertekstur

Sekarang ini banyak baju gamis yang menggunakan bahan bertekstur. Seperti apakah bahan bertekstur itu. Menurut saya ada bahan diamond dan rubiah.

a. Diamond atau crepe
Bahan ini memiliki karakteristik seperti kulit jeruk dan berserat. Tekstur kain ini ada yang lembut dan ada juga yang kasar. Ketebalannya juga banyak macamnya. Ada yang tipis, sedang, dan tebal. Semakin tebal bahan ini, maka semakin tidak menerawang baju gamisnya. Sebagian orang mengatakan kalau crepe bahannya adem. Oleh sebab itu, bahan ini banyak dijadikan hijab dan baju gamis.

Diamond memiliki banyak istilah pengucapan yaitu crepe, ceruty, wollycrepe, bubblecrepe. Bila sahabat shalihah membeli bahan baju gamis dari diamond yang tipis, harus pakai baju gamis dalaman agar tidak. Kalau yang tebal tidak perlu pakai dalaman dan tidak menerawang dan terlihat bagus.

b. Rubiah
Bahan rubiah ini pada dasarnya dibuat dari pengembangan kain katun ero. Kadang rubiah juga memakai kain dasarnya dari linen. Bisa juga bahan kain lainnya. Lalu mengapa dikatakan rubiah? Karena rubiah mempunyai ciri yang unik. Terdapat bintik serabut atau bulu pada bahan kain dasarnya. Bintik serabut atau bulu dibuat dari proses penenunan dengan sistem dobby.

Bahan kombinasi rubiah bulu hati. Dok. Pibadi

Bahan ini cukup diminati para sahabat shalihah. Karena terus booming, bentuk rubiah dibuat lebih kreatif. Semula hanya bintik, bulat, dan persegi, sekarang sudah ada bentuk hati, bulu angsa, hingga warna warni. Para artis juga banyak memakainya.

Baju gamis yang memakai kombinasi dengan rubiah, biasanya harganya menjadi mahal. Mungkin karena terlihat eksotik dan elegan.

7. Bahan murah tapi elegan

Bahan yang murah dan elegan menurut saya adalah balotelli. Bahan balotelli saat ini lagi booming. Banyak dipakai buat baju gamis. Harganya tidak mahal. Namun tetap cantik dipakai. Apalagi jika dikombinasikan dengan kain yang lain dan ditambah brokat atau bordir maka tampak elegan.

Bahan balotelli memiliki serat seperti garis dan kotak. Bahan ini lebih mengkilap dan bersinar seperti satin tapi berbeda ya dengan satin. Balotelli ini bahannya lebih tebal, jatuh dan indah dipakai. Oleh sebab itu, banyak produsen gamis yang senang memproduksi baju gamis dengan bahan balotelli.

Gamis bahan Balotelli. Credit mataharimalldotcom

Bagaimana sahabat shalihah? Sudah cukup pahamkan dengan tips memilih bahan baju gamis di atas. Tentu sudah tidak ragu lagi kan dalam membeli gamis untuk lebaran Idul Fitri dan bulan Ramadan.

Jika hendak membeli baju gamis selain memikirkan bahan, juga harus sesuai dengan anggaran yang kita punya. Kalau tidak bisa beli yang mahal, jangan dipaksakan harus beli mahal. Karena bahan yang murah, berkualitas, elegan dengan model berkelas juga banyak. Jadi sesuaikan dengan masing-masing kantong sahabat shalihah ya.

Buat para suami atau para lelaki yang ingin memberikan hadiah baju gamis untuk wanita kesayangannya baik istri, ibu, adik atau kakak perempuannya, jangan lupa baca tips ini ya. Agar tidak salah dalam memilih bahan.

Selain bahan, yang paling penting lagi dalam membeli baju gamis adalah perhatikan ukuran lingkar dada (LD) nya. Karena setiap produsen tidak begitu sama patokan standar ukuran S, M, L, XL, dll.

Selamat mempersiapkan baju buat lebaran Idul Fitri ya sahabat.

Wisata Taman Burung Kota Medan
author

Wisata Taman Burung Kota Medan



Mungkin sudah banyak orang Medan yang tahu tentang lokasi Wisata Taman Burung di Medan. Tapi orang luar Medan belum tentu banyak yang tahu.

Di blog ini saya akan menuliskan tentang perjalanan saya ke tempat wisata Taman Burung Kota Medan.

Awalnya saya tahu tempat wisata Taman Burung ini dari tetangga di depan rumah saya.

Saat saya bawa Rifqi main ke depan rumah tetangga, tetangga saya bilang, "Vi, bawalah Rifqi main ke Taman Burung!"

"Emang ada gitu Taman Burung di Medan, Kak?" tanya saya.

Sebab saya jarang pergi-pergi jauh di Medan kecuali bersama orang tua saya. Beda kalau saya di Depok, atau Pulau Jawa pasti bawaannya mau pergi ke sana sini. Karena pada dasarnya saya hobi jalan-jalan. Apalagi jalan-jalan ke tempat wisata pasti mengasyikkan.

"Ada Vi di Kompleks Cemara Asri," jawab si kakak tetangga saya.

Akhirnya saya cari di map lokasi Kompleks Cemara Asri untuk tahu rute jalannya dan posisi Taman Burung.




Ternyata jika di cari dari map, lokasi Taman Burung dari rumah saya sejauh 18 km. Wow lumayan jauh juga. Kalau tidak macet, maka perjalanan memakan waktu 29 menit. Pengalaman saya pergi kemarin sore-sore jam 3 itu macet dan padat. Sehingga sampai ke sana bisa memakan waktu 1 jam. Jadi buat teman-teman yang mau main ke tempat wisata Taman Burung ini, usahakan pergi sebelum jam 3 sore ya.
Karena perjalanan lancar jadi nyaman.

Sesampainya di tempat Kompleks Cemara Asri, saya lanjut perjalanan ke tempat wisata Taman Burung. Tidak begitu jauh jarak antara Pintu masuk komplek dengan lokasi Taman Burung. Kita jalan terus hingga mendapati sebuah bundaran. Kemudian dari bundaran itu belok kanan dan terus lurus. Kelihatan baget Taman Burungnya. Saya kagum dan terkejut. Banyak sekali burung-burung bertebrangan.

Wisata Taman Burung ini gratis. Terbuma lebar untuk wisatawan lokal maupun internasional. Tidak dipungut biaya. Makanya jangan heran kalau sore hari selalu ramai. Apalagi kalau hari libur, ampun deh. Padat sekali.

Pernah saya tanya seorang ibu di sana, datang dari mana? Jawabnya Tebing Tinggi. Wah jauh juga. Saya pikir yang berkunjung ke sini hanya orang-orang Kota Medab saja. Ternyata orang luar Kota Medan pun banyak.

Ada ribuan burung di sana. Tapi saya tidak tahu nama-nama burung di sana. Yang saya tahu ada satu burung datang mendekati saya dan keluarga. Burung ini menurut saya mirip burung bangau. Tapi ga tahu juga. Bisa jadi juga burung pelikan. Ntahlah. Saya juga ga tahu. Adakah teman-teman di sini yang tahu burung apa ini?

Burung yang datang mendekati saya dan keluarga

Menurut Tribun News pada Rabu 24 Juni 2015, di Taman Burung Cemara Asri Medan ada jenis burung cangak merah, cangak abu, kokokan laut, kolak malam kelabu, kuntul besar, kuntul kecil, kuntul kerbau, koreo padi, bangau, dan masih banyak jenis lainnya. Malah saya sempat melihat ada burung jenis merpati mampir di tempat saya.

Wah banyak juga ya jenis-jenis. Rifqi senang sekali lihat Taman Burung terbuka seperti ini. Taman ini jadi seperti sebuah penangkaran burung lepas atau terbuka. Padahal tidak dipelihara cuma ya tegantung alam bagaimana menangkarnya jadi ribuan burung ada.


Kalau pada pagi hari burung-burung ini akan bertebrangan ke sana sini dan kalau datang pada sore hari, maka kita akan melihat semakin banyak burungnya karena sudah waktunya ia pulang ke taman penangkaran alam terbuka yang merupakan rumahnya sendiri. Jangan kaget. Semakin sore, semakin ada ribuan burung di sini. Seru melihatnya. Rifqi saja tidak mau pulang ke rumah. Kalau ga dipaksa pulang. Hehehe

Selain burung, di taman ini juga banyak jenis ikannya. Yang paling cantik yaitu ikan mas. Besar-besar ikan mas nya. Warna oranye nya cakep sekali. Datang kemari penat dikepala pun hilang. Hati menjadi riang gembira. Alam memberikan kita banyak kebaikan. Namun kita manusia kadang tidak mau bersyukur.

Saya dan Rifqi ikut foto selfie sambil lihat burung

Sembari lihat ribuan burung bertebrangan, saya foto selfie terlebih dulu sebelum akan meninggalkan Taman Burung Cemara Asri ini. Jadi ada jejak kenangan di Taman Burung Cemara Asri di Kota Medan ini.

Ketika sudah waktunya pulang, Rifqi malah nangis dan tidak mau pulang. Sampai dibujuk atoknya untuk pulang. Rifqi tetap tidak mau dan masih terus lihat banyak burung-burung bertebrangan.

Rifqi tidak mau diajak pulang, malah asyik lihat burung.
Ada yang kurang di lokasi wisata Taman Burung Cemara Asri Kota Medan ini. Yaitu tidak adanya tong sampah. Adanya tong sampah pun di ujung yang jauh. Sehingga orang banyak buang sampah sembarangan. Kasihan burung-burung dan ikan di sini. Walaupun ini penangkaran alam terbuka, tapi seyogyanya pemerintah daerah ataupun pemilik Kompleks Perumahan Cemara Asri ini menambah tempat tong sampah di setiap 100-200 meter. Sehingga manusia membuang sampah pada tempatnya. Semoga Taman Burung ini terus ditingkatkan pelayanannya.

Selamat menikmati sajian saya ini ya teman-teman.

Salam santun,
~Evi Andriani~
Medan, 8 Mei 2018