Sabtu, 27 Februari 2010

Bunga Mawar Ku Yang Indah

Sabtu, 27 Februari 2010
Bismillahirrahman nir rahim
Assalamu'alaikum wr wb.

Puji syukur pada Ilahi Rabbii, masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk menulis note kembali dan bersyukur pada Ilahi Rabbi juga karena memiliki sahabat seperti kalian teman-teman evi dimana saling mendo'akan, saling mengingatkan dan saling berbagi ilmu untuk kebaikan dunia dan akhirat.
Malam yang gelap dengan hujan membasahi bumi Allah membawa keberkahan di alam sembari mengucapkan "Allahumma shoyyiban nafi’an, Ya Allah turunkan hujan yang bermanfaat" juga ditemani adek-adek tersayang ku di jakarta barat, sehingga hilanglah rasa kesedihan, kepenatan di hati bersatu dan bercanda dengan keluarga.

Note berikut ini, evi tuliskan karena memiliki kenangan terindah dari bunga mawar. Dari sejak SD, SMP dan SMU suka banget evi ke Perpustakaan Daerah di Sumatera Utara depan Istana Maimun. hehehhe, hanya untuk mencari tau silsilah bunga mawar, cara penanaman dan lain-lain, saat itu belum paham dunia internet. Subhanallah sungguh nikmat Allah itu Maha Agung dan Besar, Dia ciptakan bunga-bunga yang Indah, tumbuhan-tumbuhan dan hewan tercipta membentang luas. Apalagi mawar... indahnya, harumnya, pesonanya,berbunga lebat terus menerus walaupun berduri tetap aja ia indah. Belum lagi makna-makna yang tersirat di dalamnya.

Bunga Mawar

Mawar adalah bunga kebanggaan, yang bisa disebut juga (Rosse). Mawar merupakan bunga yang sangat cantik, harum, dan indah dipandang, setiap orang pasti suka dengan baunya tapi hati-hati juga karena Mawar banyak durinya…. Bunga mawar pun bisa dijadikan sebagai alat komunikasi yang intinya rahasia seperti ungkapan perasaan ke seseorang… (jadi ingat pertama sekali dikasih bunga mawar putih ama seseorang ^_^).

Ada ungkapan bahwa sekuntum mawar bisa mewakili perasan seseorang. Dalam suatu dunia anak muda terkadang mawar dijadikan sebagai lambang untuk mengungkapkan rasa cinta. Entah darimana asal mulanya kenapa mawar itu dijadikan sebagai salah satu untuk mengungkapkan perasaan seseorang yang terdalam dari lubuk hatinya. Kalau tidak salah waktu SMP pernah baca dari kisah kerajaan romawi atau dewa dewi itu. Tapi kita harus kembali ke dalil firman Allah swt :

Alquran > Surah Al An'aam> Ayat 99
Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah, dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.

Alquran > Surah Yunus> Ayat 24
Sesungguhnya perumpamaan kehidupan duniawi itu, adalah seperti air (hujan) yang Kami turunkan dari langit, lalu tumbuhlah dengan suburnya karena air itu tanam-tanaman bumi, di antaranya ada yang dimakan manusia dan binatang ternak. Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya, dan memakai (pula) perhiasannya, dan pemilik-pemiliknya mengira bahwa mereka pasti menguasainya, tiba-tiba datanglah kepadanya azab Kami di waktu malam atau siang, lalu Kami jadikan (tanaman tanamannya) laksana tanam-tanaman yang sudah disabit, seakan-akan belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah Kami menjelaskan tanda-tanda kekuasaan (Kami) kepada orang-orang yang berpikir.

Mawar-mawar yang evi rindukan ini menurut beberapa sumber memiliki banyak arti dan makna yang menyatakan ungkapan rasa cinta,

1. Mawar Merah →yang melambangkan cinta pada pandangan pertama atau untuk mencintaimu.
2. Mawar Putih →yang melambangkan cinta suci / kesucian.
3. Mawar Hitam → yang melambangkan kamu adalah obsesiku.
4. Mawar Kuning → yang melambangkan simbol persahabatan.

Jenis Jenis Bunga Mawar

Klasifikasi jenis mawar gak ada yang baku. Dari lebih 10 buku dan kamus bunga mawar yang saya miliki, gak ada yang sama dalam mengkelompokkan bunga mawar. Mawar saat ini ada jutaan kultivar dan hybrid, sangat beragam macamnya. Di Wikipediapun kalo kita baca, klasifikasi bunga mawar dari satu bahasa, ke bahasa lainnya sudah berbeda. Saya simpulkan aja klasifikasi mawar berdasar yang sudah saya baca. Yang paling penting, bagaimana dengan mengetahui jenis jenis bunga mawar, kita bisa memilih dan menanam mawar dan membentuk taman mawar yang indah.

Berdasarkan asal, species mawar terbagi atas 5 kelompok : Species mawar asal Eropa, species asal Amerika, species dari Timur Tengah, species mawar asal China dan species asal Jepang.

Climbing Rose Sutter GoldMawar taman, terbagi atas 3 kelompok besar :


* Mawar Liar / Wild roses (Eng) / Rosier sauvages (Fr) : bunganya sederhana cuman beberapa petal, tapi sangat cepat berkembang biak, dan sangat tahan hama penyakit, gak mudah mati. Ros liar ini biasanya digunakan sebagai batang bawah untuk melakukan grafting mawar.

* Mawar kuno / Old garden roses (Eng), rosier anciens (Fr). Di perancis Ros yang masuk ros kuno ini adalah jenis mawar yang sudah ada sebelum zaman mawar hybrid tea diperkenalkan di tahun 1867. Petal bunga mawar ini sudah lebih kompak, umumnya wangi. Salah satu kelemahan mawar kuno adalah bunganya hanya sekali semusim, walaupun saat keluar bunga itu amat sangat banyak bunganya dan bisa berlangsung sampai 2 bulan, tapi setelah itu dia akan istirahat berbunga, atau berbunga tapi jarang, dan akan berbunga kembali di tahun berikutnya.

* Mawar modern / modern garden roses (Eng) / rosiers modernes (Fr).
Masa mawar modern dimulai saat dimunculkannya Kultivar mawar “La France” di tahun 1867. Mawar La France ini hasil hasil karya Jean-Baptiste Guillot , seorang rosieriste (ahli mawar dan pemulia mawar) asal Lyon, France. La France ini merupakan persilangan antara Rose Madame Victor Verdier dan Rose Madame Bravy atau Rose Madame Falcot.

Ciri khas mawar modern : berbunga double / kompak, jumlah petal banyak mencapai 60 petal bahkan lebih, berbunga terus menerus, ada yang wangi ada yang gak.
Mawar Merambat Pierre de Ronsard




Mawar Putih untuk kesucian hatimu


Mawar merah untuk keberanianmu menegakkan kebenaran


Mawar kuning untuk jiwa riangmu dalam menghulurkan persahabatan


Mawar merah jambu untuk keanggunan muslimah yg kau pertahankan




Sahabat, kalian adalah mawar-mawar yg mampu membuat Evii tersenyum bahagia...

Bunga berseri merah merona
Indah bersemi sepanjang masa
Tiada terusik apa pun jua
Hanya tertiup semilir angin
Walau engkau dilahirkan
Bagai bunga mawar merah
Nan ceria dan selalu tegar
Tuk hadapi kejamnya dunia
Mawar, oh mawar … mekar bersemi dengan indahnya
Mawar, oh mawar … gugur dengan mulianya


Tertulislah kisah tentang bunga mawar
Di tengah belukar yang penuh dengan duri
Semerbak harumnya yang tiada tara
Siapa pun ingin memetik bunga itu
Banyak lah kumbang datang ingin menghisap madunya … aduh sayang
Banyak kumbang yang mati karena tertusuk duri … aduh sayang
Kau memberi hati kepada diriku
Seluruh hidupku kudambakan padamu
Tak kusangka bukan hanya daku
Mendapat kasihmu membuat hati luka
Mawar berduri … kini kupergi
Dengan membawa luka di hati
Mawar berduri … cukup sekali
Kau melukai hatiku

Dalam Alquran > Surah Qaaf> Ayat 7 :
Dan Kami hamparkan bumi itu dan Kami letakkan padanya gunung-gunung yang kokoh dan Kami tumbuhkan padanya segala macam tanaman yang indah dipandang mata,

"Ya ALLAH...
kau hiasilah kami ini...
kebijaksaan para malaikat,
kefahaman para rasul,
dan hafazan para nabi...

Pemudahkan urusan kami,
selancar tusukan jarum...

Perkenankan ilmu~MU yang dipelajari kami,mudah difahami
seperti cepatnya air diresap tanah...

Kebalkan diri kami dari fikiran buruk dan dicerca,
seperti kebalnya daun keladi terhadap air...

Ya Allah, perbaikilah amalan kami dan jauhkan mulut kami dari perbutan keji dan nista.
Amin Ya Mujibassailin."

0 komentar:

Poskan Komentar