My Sweet Home

Rahasia Agar Berat Tubuh Anak Bertambah (Anak Gemuk Sehat)



Sejak hamil dan melahirkan belum pernah lagi menulis di blog. Bekerja sebagai ibu rumah tangga, merawat dan menjaga bayi spesial sering menguras waktu dan tenaga. Tapi semua dijalani secara ikhlas demi perkembangan anak yang sehat.

Alhamdulillah hari ini saya mau bagikan rahasia agar berat badan anak kita bertambah atau kalau saya menyebutkannya anak tumbuh gemuk sehat.

Pengalaman ini saya bagikan karena melihat tumbuh kembang Rifqi, bayi saya lahir dengan berat 2.5 kg dan sekarang usia sudah 2 tahun dengan berat lebih dari 17 kg. Walaupun Rifqi sakit flu batuk, diare, bahkan saat Rifqi harus rawat inap di rumah sakit tetap beratnya tidak turun drastis. Padahal Rifqi makannya sedikit sekitar 3-5 sendok makan. Jadi apa ya rahasianya agar anak kita tumbuh kembangnya tetap bagus.

Rahasia 1 : Asupan Makan Bergizi

A. Makanan Seimbang

Bukan rahasia lagi pada saat anak-anak diberikan makan bergizi maka tumbuh kembangnya juga semakin baik. Namun tidak semua anak mengalami tumbuh kembang yang baik alias beratnya tidak bertambah sesuai dengan usia dan tinggi badannya.

Lalu masalahnya di mana?
Di sini saya akan kupas tuntas bagaimana agar makanan yang di makan anak kita menjadi lebih bergizi dan seluruh sari-sari makanan bisa di serap dan dialirkan ke seluruh tubuhnya.

Makanan yang bergizi dan sehat adalah makanan yang kelengkapan menu sehatnya terpenuhi.

Menurut para ahli gizi, separuh porsi dari piring makanan anak dan  orang tuanyanya harus diisi dengan sayuran buah-buahan. Porsi nasi atau produk karbohidrat lain dan produk protein atau lauk pauk jangan melebihi separuh porsi harian.

Selalu kita harus ingat, jangan sampai kita menyuruh anak makan sayur, sementara emaknya sendiri ga suka makan sayur. Ini sudah salah. Sebab anak pasti akan menjadikan orang tuanya sebagai model atau contoh. Jadi kita sebagai orang tua harusberikan contoh yang baik. Mulai benahi dari diri kita sendiri.

Ternyata sudah makan seimbang, berat tubuh anak masih belum berkembang dengan baik. Jangan pantang menyerah ya, Mak. Baca terus tulisan saya sampai habis Mak, insyaAllah ada banyak solusi.

B. Bersihkan Tubuhnya Penuh Cinta

Setelah anak kita makan makanan seimbang dan sehat, selanjutnya kita bersihkan tubuhnya. Mulai dari mulutnya, mukanyanya, badannya atau bajuhya, tangannya dengan penuh kelembutan. Si anak pasti merasa senang. Nafsu makannya juga akan berkembang dengan baik.

Saya melihat dari tingkah laku Rifqi. Dari sejak Rifqi lahir dan menyusui, Rifqi paking tidak suka jika mulutnya kotor. Pasti sisa air susu ibu (ASI) di bibir atau sekitar mulutbya dibersihkan pakai tangannya. Apalagi ketika usia sudah dua tahun, semakin rajin dia bersihkan mulut dan tubuhnya. Tidak suka Rifqi ada yang kotor di mulut, tangan atau bajunya.

Kecuali kotor karena main-main dengan temannya. Itu beda lagi. Biasanya dibiarkan saja. Namhn saat dia mulai jenuh dan risih dengan kotoran ters1111ebut, Rifqi panggil emaknya dan minta tolong dibersihkan kotoran di tubuhnya.

Tubuh yang bersih akan membuat pikiran si anak nyaman. Sel-sel dalam tubuhnya juga aka  ikutan tumbuh dengan baik. Sebab pikiran anak baik.


Rahasia 2 : Berikan Pelukan, dan Kasih Sayang

Setiap anak mempunyai perasaan dan emosi yang berbeda. Namun pada dasarnya semua anak selalu ingin diperhatikan, dikasihi, disayangi dan diberikan pelukan. Ketika seorang ayah ataupun seorang emak memberikan pelukan seikhlas hati maka si anak merasakan kasih sayang dan ketenangan.

Lalu apakah hubungan pelukan, dan kasih sayang terhadap tumbuh kembang anak? Tentu ada ya ayah dan emak.
Hubungannya adalah :
Anak yang merasa ayah dan emaknya rajin memeluknya, dan memberikan belaian kasih sayang menyebabkan si anak percaya pada orang tuanya. Hatinya menjadi tenang. Si anak juga akan rajin makan.

Sel-sel dalam tubuh anak akan bekerja dengan ikhlas. Begitu juga organ pencernaannya. Karena si anak merasakan kehangatan dari orang tuanya. Anak tidak merasa khawatir lagi. Mau makan sedikit ataupun makan banyak, tetap sari-sari makanan dan segala vitamin yang terkandung di dalamnya akan teraliri secara sempurna di dalam tubuhnya.

Inilah yang sering saya lakukan  dengan anak saya, Rifqi.

Foto Saya dan Rifqi

Saya selalu rajin mengucapkan kata sayang, "Rifqi sayang lagi apa? Mari kita makan, Nak!"

Saya juga rajin memeluk Rifqi. Baik saat dia butuh saya ataupun tidak butuh saya.
Misal saat dia sedang menangis, saya gendong, saya peluk dia, dan ajak dia berbicara dengan penuh kasih.

Begitu juga saat Rifqi malas makan. Saya memberikan kata-kata penuh kasih sayang dan cinta. Agar Rifqi mau makan. Rifqi tergolong bayi yang susah makannya. Kadang paling banyak cuma 3 sendok makan saja. Tapi tidak masalah bagi saya. Selama ada asupan makana  yang masuk ke dalam tubuh Rifqi maka itu aman.

Jadi buat para ayah dan emak, jangan pernah khawatir ya kalau anak makan sedikit atau sulit makan. Anak yang mencukupi kebutuhan nutrisinya akan mempunyai pola pertumbuhan normal di kurva pertumbuhan. Biasanya kalau bayi ada kurva pertumbihan di buku pegangan imunisasi.

Kalau untuk anak bukan balita mengukur tumbuh kembang anak bisa lewat indeks berat tubuh yang ideal.

Rahasia 3 : Rajin Lakukan Pijat untuk Relaksasi

Pijatan pada anak, khusus pada bayi dapat memengaruhi tumbuh kembang anak menjadi lebih baik.

Pijatan yang baik dan benar akan membuat otot-otot tubuh anak kita menjadi rileks. Peredaran darahnya juga menjadi lancar.
Apalagi untuk anak-anak yang aktif bergerak ke sana sini, perlu kita lakukan pemijatan. Tumbuh kembang amak semakin baik. Berat tubuh anak semakin bagus dan anak juga bisa gemuk sehat.

Pemijatan yang baik dan benar pada anak seperti apa? Nanti saya tulis di catatan blog berikutnya ya.

Rahasia 4 : Rutin Memotong Kuku Anak

Untuk rahasia ketiga ini, mungkin para ayah dan emak pada bingung. Emang apa sih hubungan potong kuku dengan tumbuh kembang anak.

Jelas ada ya ayah dan emak. Kebersihan kuku anak kita memengaruhi kondisi tubuh anak kita. Semakin panjang kukunya maka kemungkinan kuman dan bakteri hinggap di kuku semakin besar. Jika kuman dan bakteri masuk ke dalam percernaan anak kita, maka akan muncul banyak penyakit. Karena bakteri dan kuman merupakan salah satu pencetus aktifnya suatu penyakit.

Potong kuku anak kita jika terlihat panjang. Kondisi kuku setiap anak berbeda. Ada yang mudah panjang dan ada yang lama panjangnya. Kalau pada bayi, jangan tunggu 40 hari. Karena itu mitos. Kuku bayi tetap harus dipotong dan dibersihkan.

Rahasia 5 : Pantau Tinja (BAB) Anak

A. Bila anak diare

Apabila anak kita mengeluhkan sakit diare dan disertai muntah atau tanpa muntah maka bisa kemungkinan itu akibat adanya infeksi seperti virus. Biasanya akan sembuh dalam satu sampai dua hari. Namun bila disertai demam hilang dan timbul kembali lwbih dari seminggu disertai dengan diare, maka wajib diwaspadai adanya gangguan bakteri di tubuh anak kita.

Hal ink sangat memengaruhi nafsu makan anak kita. Sehingga tumbuh kembangnya juga akan sedikit terganggu.

Solusinya pergi ke Puskesmas atau Dokter Spesialis Anak. Biasanya dokter akan memberika  obat antibiotik untuk memberantas si pengganggu bakteri tersebut.

Ingat, jangan biarkan anak kita menderita dengan sakitnya ya para ayah dan emak. Tetap pantau terua keadaan anak kita.

Hal itu yang saya rasakan saat menjaga anak saya, Rifqi. Anak saya pernah alami diare. Saya pantau diarenya. Jika dalam waktu 2 hari, diare tidak sembuh, maka saya akan bawa langsung ke dokter. Alhamdulillah dua hari sembuh.

Langkah yang saya lakukan ketika anak diare adalah tidak minumkan susu kepada bayi kecuali ASI, rajin saya kasih makan buah pisang, minum probiotik L-Bio atau merk lain, dan melakukan self healing ketika bayi saya tidur disertai dengan doa.

Sehingga tumbuh kembang Rifqi berjalan dengan baik. Karena gangguan yang ada di dalam dirinya cepat tanggap saya atasi.

B. Bila tinja BAB anak keras (sembelit)

Tinja anak ayah dan emak keras? Ini juga harus diperhatikan. Mengapa? Karena akan memengaruhi tumbuh kembangnya juga. Kok bisa sih?

Tentu saja bisa. Bila tinja anak kita keras atau sembelit, kemungkinan besar anak kita makanannya kurang serat.

Bila anak kita komposisi makanannya kurang serat, maka proses penyerapan sari-sari makanan, mineral dan vitamin yang akan dialirkan di seluruh tubuh si anak pun bisa ikutan terganggu.

Jadi jangan pernah anggap remeh untuk kasus ini. Kalau ingin anak kita tumbuh kembangnya baik, maka asupan nutrisi anak juga harus dipenuhi. Salah satunya makanan berserat.



Rifqi pernah juga alami seperti ini. Alhamdulillah, stok buah-buahan  di rumah saya sering ada. Seperti jeruk, pisang, dan pepaya. Jika Rifqi alami tinja BAB yang keras, maka pada saat itu juga tanpa tunggu waktu yang lama, saya kasih ke Rifqi buah pepaya. Alhamdulillah, keluhan nyeri perut akibat sembelit hilang dan bab Rifqi pun lancar.

Rahasia 6 : Lakukan Self Healing di Tubuh Anak

Self Healing bagi saya pribadi adalah suatu teknik untuk menyembuhkan diri sendiri. Bisa dilakukan oleh dirinya sendiri ataupun orang lain.

Saya sering melakukan self helaing baik ke tubuh saya sendiri maupun ke tubuh anak saya Rifqi. Khususnya ketika anak saya sakit.

Seperti saat saya melahirkan dulu, Rifqi lahir genetik autoimun ITP sama seperti saya. Sehingga Rifqi dari lahir sudah masuk NICU dengan trombsit sangat rendah. Alhamdulillah Rifqi tidak ada alami perdarahan sedikit pun. Berbeda dengan kondisi anak lain yang alami ITP selalu dibaremgi dengan perdarahan.

Rifqi lahir dengan berat 2,5 kg, trombosit rendah dan lahir usia 8 bulan lebih. Prematur tapi alhamdulillah sempurna. Akibat tekanan darah saya sangat tinggi. Pas operasi sempat tekanan darah saya 180. Jadi operasi melahirka  dioercepat karena dokter takut terjadi kontraksi yang mengkhawatirkan kondisi emak dan anaknya.

Ketika rawat inap di NICU, saya sering mendoakan Rifqi, membacakan ayat suci al quran, menyusuinya walaupun susu saya sangat sedikit hanya 10-20ml dan melakukan self healing.


Berikut adalah self healing yang saya lakukan kepada Rifqi :

1. Saya membacakan ayat-ayat kesembuhan yaitu :
- Surat Al Fatihah
- Robbii Anni massaniyadhdhurru wa anta arhamur roohimiin.

"... (Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang diantara semua yang penyayang". (QS. Al-Anbiya [21] : 83)

- Allaahumma rabbannaasi, adz-hibil ba’sa, isyfi antasysyaafii, laa syifaa-a illaa syifaa-uka, syifaa-an laa yughaadiru saqamaa.

"Ya Allah, Tuhan pemelihara manusia, hilangkan bahaya (kejahatan dan penyakit), sembuhkanlah karena hanya Engkaulah yang bisa menyembuhkan, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-MU. Kesembuhan yang tidak meninggalkan satu penyakit pun" (Muttafaqun'alaih)

"Ya Allah, sembuhkanlah anakku ini. Kuatkan dia. Sehatkan dia. Dan jagalah dia selalu bersamaMu. Bimbinglah dia menjadi anak yang shaleh." Aamiin.

2. Kemudian saya membayangkan wajah anak saya yang imut, ganteng, suci bersih dengan infus yang tertancap di tangannya. Saya alirkan energi positif cinta dan kasih sayang ke semua tubuh saya.

3. Setelah itu, saya tarik nafas sedalam-dalamnya dari hidung, tahan (selama 4-10 detik), lalu saya hembuskan perlahan2 dari mulut: hah..hah..hah..hah.

4. Lalu saya katakan di dalam hati saya,
"Ya Allah, saya bersyukur memiliki suami, ibu, ayah, anak, kakak, teman, keluarga yang saya cintai."
Kemudian Saya bayangkan, saya sedang memeluk salah satu dari mereka yaitu anak saya. Saya peluk erat anak saya dan saya alirkan energi cinta dan kasih sayang dari ujung kepala saya sampai kaki saya. (Bayangkan aja rasa cinta itu adalah sebuah energi. Dan bayangkan juga seolah-olahkan rasa itu kita bagikan ke tubuh kita).

5. Saya tarik nafas sedalam-dalamnya lagi dari hidung, tahan (selama 4-10 detik), lalu saya hembuskan perlahan2 dari mulut: hah..hah..hah..hah.

6. Kemudian saya membayangkan sedang memeluk anak saya dengan penuh cinta. Lalu saya alirkan energi cinta dan kasih sayang tersebut ke tubuh anak saya mulai kepala sampai kaki.

7. Kemudian saya berkata, "Ya, Allah aku ikhlas akan sakit di tubuh yang anakku derita ini. Aku ikhlas, aku serahkan semuanya padaMu, Ya Allah. Sel-sel dan saraf yang ada di tubuh anakku, maafkan aku karena telah membuatmu sakit. Maafkan anakku juga jika telah membuatmu sakit. Aku ikhlas."

8. Lalu saya kembali lagi berdoa, "Ya Allah sembuhkanlah anakku ini. Kuatkan dia ya Allah. Jadikan obat yang masuk ke dalam tubuhnya menjadi penyembuh bagi anakku. Sehatkan dia ya Allah. Baguskanlah tumbuh kembang tubuhnya.
Aamiin."

Begitulah self healing yang sering saya lakukan. Apalagi jika anak saya sedang sakit. Apapun sakitnya, saya sering melakukan self healing tersebut.

Di akhir self healing, saya suka melakukan
dzikir, dan membaca surat alfatihah, al-ikhlas 3x, alfalaq 3x, an-nas 3x.
***
Lalu saya membaca sebanyak-banyaknya;
Qud biyadhi adrikni
Ya sayyidi ya rasulullah
(datanglah & jenguk kami, wahai tuan kami wahai rasulullah).

****

Lalu apakah hubungan self helaing dengan tumbuh kembang anak? Tentu ada ya ayah emak. Ketika kita melakukan self healing, otomatis kita sudah memberikan energi positif kepada tubuh kita dan tubuh anak kita. Selain itu juga menambah kedekatan kita kepada Allah swt. Karena segala sesuatu dari Allah dan kembali pada Allah.

Bila kita alirkan energi positif maka yang terjadi juga akan positif. Banyak kebaikan  yang akan terjadi pada kita maupun anak kita.

Rahasia 7 : Penting atau Tidak Vitamin dan Suplemen di Tubuh Anak.



Saya pernah nanya kepada dokter saat Rifqi sakit dan makannya hanya 2 suap saja. Dokter bilang belum perlu.

Pertumbuhan gigi Rifqi juga lambat dibanding anak lainnya. Di saat semua anak sudah full giginya tumbuh, Rifqi baru enam gigi yang tumbuh. Saya kembali tanya ke dokter, apakah perlu vitamin atau suplemen buat Rifqi agar pertumbuhan gigi Rifqi baik? Jawab dokter, belum perlu.

Dari pengalaman seperti itu saya menyimpulkan suplemen vitamin jd5belum perlu diberikan kepada anak kita selama nutrisi makanan anak kita dijaga.

InsyaAllah tumbuh kembang anak kita sehat. Anak gemuk sehat.

Fakta menunjukkan mayoritas pakar nutrisi berpendapat sebagian besar anak tidak membutuhkan suplemen vitamin. Sekalipun anak tersebut susah makan sayur.

Tumbuh kembangnya juga baik tanpa suplemen vitamin.

Rahasia 8 : Tidak Boleh Memaksa anak Makan Banyak. Atur Pola Makan Anak.

Bila anak kita susah makannya, langkah terbaik agar anak kita tumbuh kembangnya baik dan gemuk sehat, adalah mengatur pola makan si anak.

Kita sebagai orang tua tidak boleh memaksa anak makan banyak. Karena dalam memberikan makan anak bukan dilihat dari banyaknya jumlah nasi yang masuk ke dalam perut anak. Tapi dilihat dari nutrisi yang ada di dalam nasi anak.

Dalam pemberian makan anak harus diperhatikan kelengkapannya ada beras, sayur, protein, dan buah. Contoh sang emak masak sup ayam.

Maka kita bisa mencampur nasinya dengan sayur wortel, brokoli, kentang dengan daging ayamnya.

Bila anak tetap susah makannya, maka atur pola makan anak agar anak gemuk sehat.

Misal, anak kita makan jam 7 pagi makan nasi sebanyak 2 suap, jam 9 pagi kita berikan buah atau jus buah, jam 10 pagi kita berikan kembali lagi nasi 2-3 suap. Begitu seterusnya.

Si anak merasa nyaman dan tenang karena tidak ada paksaan dalam memberi makan si anak. Kenyaman dan ketenangan ini akan membantu metabolisme dari sistem pencernaan tubuh anak kita berkembang dengan baik.

Jika pencernaan baik maka proses penyerapan sari-sari makanan juga baik.

Apabila para emak bingung dengan berapa banyak porsi makanan yang harus diberikan kepada si emak. Maka mulailah dengan sepertiga atau seperempat porsi makan emaknya. Misal untuk anak usia 2 tahun ke atas, 3 sendok makan nasi dicampur sayur, daging, serta ada pemberian buah, maka itu sudah cukup. Pemberia  makanna yang cukup nutrisi dan sering maka itu lebih baik daripada memaksa anak makan.

Sebab kapasitas lambung anak tidak sebanyak lambung orang tuanya. Jadi tidak boleh memaksa anak makan banyak. Agar anak tumbuh kembangnya baik. Anak gemuk sehat.

Rahasia 9 : Puji dan Cium Kening Anak Saat Anak Mau Makan

Ketika anak kita sedang asyik makan, jangan lupa kita sebagai orang tuanya, rajin memberikan pujian dan cium kening anak kita.

Karena bagi seorang anak itu adalah hadiah terindah. Hatinya akan bahagia. Semangat makannya juga bertambah. Yang sebelumnya hanya 2 sampai 3 sendok makan bisa naik menjadi 5 sendok sampai 10 sendok makan. Tips ini sering saya praktikkan ke Rifqi.

Setiap Rifqi makan nasi 1 sendok, saya suka memberikan pujian, "Pandainya anak Mama makan nasi. Ayuk ditambah lagi makannya, Nak". Setelah itu cium keningnya.

Perasaannya jadi senang dan pikirannya bahagia. Nafsu makannya juga bertambah. Alhamdulillah.

Rahasia 10 : Makan Bersama

Anak kita masih juga susah makan. Khususnya bayi yang repotnya kita ajak makan. Ada tips lainnya yang bisa saya bagikan. Caranya yaitu makan bersama.

Saat anak kita makan, maka kita juga ikutan makan. Sehingga si anak semakin semangat melahap makanannya. Karena kita adalah model contoh teladan baginya.

Saya melihat Rifqi semakim semangat makannya ketika emaknya juga ikutan makan. Malah minta tambah dan tambah. Mungkin tips ini bisa jadi masukan buat ayah dan emak di mana pun berada.

Rahasia 11 : Bawa Anak bermain dengan Anak Lainnya.

Anak yang bersosialisasi dengan orang lain dibandingkan dengan anak yang selalu dikekang di dalam rumah saja itu berbeda tumbuh kembangnya. Baik dalam tumbuh kembang tinggi badan, berat tubuh, maupun tumbuh kembang pola pikirannya.

Anak yang rajin bermain  dengan anak lainnya baik saudara ataupun tetangganya, perasaannya akan bahagia. Wawasannya akan luas. Kemampuan motoriknya terasah dengan baik. Begitu juga dengan kemampuan lainnya.

Saya melihat Rifqi umur 1 tahun 5 bulan sudah bisa naik sepeda. Umur 2 tahun sudah lancar dan bisa balap sepeda serta mengatur kecepatan dan kelambatan sepedanya. Bahkan ketika ada jalan sempit atau belokan tajam, bisa dilaluinya.

Rahasia 12 : Berdoa pada Allah

Apabila semua rahasia di atas sudah para ayah dan emak praktikkan dan hasilnya tumbuh kembang anak masih kurang baik, berat tubuh anak tidak naik-naik, maka pilihan terakhir adalah berdoa.

Paling baik berdoa saat salat tahajud atau pada waktu-waktu mustajab dan di tempat yang mustajab.

Memohon pada Allah agar anak kita tumbuh kembangnya baik, sehat, kuat dan menjadi bermanfaat buat umat. Aamiin.

Selain 12 rahasia di atas, ada yang saya lupa untuk tuliskan yaitu tidur anak harus cukup. Karena pada saat anak tidur, disitulan proses perkembangan tubuh berjalan. Posisi tidur anak juga menunjang hal tersebut. Apalagi bayi. Suka sekali tidur telengkup dan kadang-kadang terlentang dengan kaki ditekuk. Tugas kita adalah mengangkatnya dan memperbaiki posisi tidurnya. Agar proses jalannya tumbuh kembang anak baik.

Rifqi saya wajibkan tidur siang hari walaupun hanya 1 jam atau beberapa menit. Yang penting ada tidurnya.

Memang ada juga anak yang ga tidur siang tapi badannya tumbuh kembang baik. Ini untuk pelengkap saja.

Saya pernah bertanya ke beberapa Dokter Spesialis Anak bahwa anak yang tidurnya cukup, proses tumbuh kembang juga akan baik

Semoga catatan ini bermanfaat buat semua teman-teman pembaca ya. Jika ada masukan dan ide, boleh tuliskan di komentar ini ya. Terima kasih teman-teman pembaca. Semoga Allah memberkahi para pembaca.

Salam santun,
~Evi Andriani~
Medan, 3 Mei 2018
author

a wife, a mom, a blogger, a survivor of ITP & Lupus, a writer, author, a counselor of ITP & Lupus autoimmune, a mompreuneur, a motivator, a lecturer.

19 comments

suka yang rahasia terakhir. berdoa sama Allah. emakku dlu gitu, tiap malem hbs sholat tahajud tiba2 ke kamar niupin ubun2. pas tak tanya itu ngapain, katanya, bacain al fatihah biar gak bandel huahahaha

reply

Kalo menjalankan semua rahasia yang diats, pasti anaknya pada sehat-sehat.

reply

Nice info Mbak. Artikel ini cocok dibaca semua orang karena siapa pun sejatinya Insya Allah akan menjadi orangtua ^^

reply

Bagus mbak, tulisannya lengkap, rapi dan informatif.
Tapi memang saya lihat ada beberapa anak-anak yang sulit sekali naik berat tubuhnya, sudah semacam keturunan...

Saya suka rahasia 9! sering saya lakukan ^_^

mampir-mampir ya mbak ke blogku : www.feylovechandra.wordpress.com
salam hangat dari fey yang selalu hangat ^_^
(emang microwave ~) hahaha

reply

Mana foto Rifkinya pengen lihat gemuk sehatnya. Tipsnya oke buat info kelak nambah anak hehe

reply

Ditunggu yang menambah berat badan untuk orang dewasa mbak evi

reply

MasyaAllah mbk Evi, sangat menginspirasi sekali artikrlnya. Makasih ya. Bisa diterapkan pada Saki

reply

Waahhh sangat lengkap sharingnyaaa, aku suka yg self healing sangat bermanfaat, makasih yaaa.

reply

Aku fokus ke self healing nya kak, MasyaAllah makasi ya kak udah diingetin, berlaku juga ya untuk anak yang lagi toilet training, huhu Khalil udah bisa bicara tapi untuk diajak pee atau ngomong kalau mau pee itu susah bener,hiks

reply

Wah, lengkap dan bermanfaat nih tipsnya

reply

Wah, lengkap dan bermanfaat nih tipsnya

reply

Lengkap banget ulasannya. Nambah pengetahuan saya tentang kesehatan anak. Mksh mbak Evi..

reply

suka banget yang cara2 self healing.

reply

Iya Mba. Mertua saya dulu juga sering katakan begitu. Bacakan al fatihah, annas, al falaq dan al ikhlas di ubun-ubun. Berarti emak kita sama ya mba. Makasih ya mba sudah komentar di sini

reply

InsyaAllah mba. Cuma kadang yang paling repot adalah soal nutrisi makanan dan interaksi dengan teman-teman sekitar. Kalau ketemubyang kena cacar atau flu pilek, anak kita kadang suka ikutan juga pilek. Hadeuh... bekum lagi makanan zaman now enak-enak tp bumbunya ga tahu. Si emak kudu harus rajin madak jadinya.

reply

Alhamdulillah ya mba. Semoga bermanfaat buat semua pembaca.

reply

Ya, Mba. Bayi saya suka banget juga dipeluk cium. Tapi ya gitu. Efeknya jadi manja sekali sama emaknya. Ada tips kah mba agar anak ga manja? Makasih

reply

Oh iya. Nanti dimasukin mba. Makasih masukannya ya mba Maqy

reply

wah dulu dua anakku gampang sekali makannya tapi tubuhnya ya itu kurus saja, sdh berkali2 di abwa ke dokter tp gak ada yang salah, ke omku yang dokter anak, yang penting asupan gizinya masuk dan seimbang dan anak terlihat sehat. Sampai dewasa ya bertubuh kurus , mungkin sdh genetik ya

reply

Terima kasih sudah membaca tulisan saya ini. Mohon setelah membaca, beri komentar di bawahnya.Salam santun, Evi.