My Sweet Home

Makna Sholeh-Sholehah

Assalamu'alaikum Wr Wb.

Apa kabar sahabat fillah, kemarin malam evi mendapatkan nasehat dan pencerahan dari seorang sahabat evi (akhi Asmu'i)tentang makna sholeh/h itu bagi manusia. Semoga kita semua juga mengerti apa maksud sholeh/h itu sendiri. Selamat menikmati hikmah di bawah ini. :)

Secara etimologi, sholeh itu artinya bagus/baik. Tentu, sesuatu itu dikatakan 'baik/bagus' karena memenuhi kriteria tertentu. "Kedalaman dan pengamalan Ilmu" yang akan mengantarkan seseorang itu kepada predikat sholeh/h. Orang yang hanya rajin sholat, rajin puasa, dan lainnya, tapi ia tidak paham dengan apa yang ia lakukan, maka ia tidak dikatakan sholeh.

**************
Suatu hari Khalifah Umar Radhiyallahu ‘Anhu diberitahu tentang seseorang yang amalan lahiriyahnya sangat mengagumkan. Ia berkata : Alangkah sholeh orang itu, wudhu’nya sempurna dan sholatnya sedemikian khusuk. Mendengar itu Umar bertanya : Apakah engkau tinggal /hidup bersama dengan dia? Orang itu menjawab : Tidak! Umar bertanya lagi: apakah engkau pernah menguji dengan harta? Orang itu berkata: Tidak pernah? Lalu berkata: betapakah engkau mengatakan sesuatu bahwa dia orang sholeh padahal engkau tidak hidup bersamanya dan bermu’amalah dengannya?

Kalaulah amalan itu diukur dengan lahiriyahnya maka sungguh amat banyak orang yang dapat disebut sholeh. Tetapi Umar Radhiyallahu ‘Anhu tidak menerima berita yang hanya diketahui dari gambaran lahiriyahnya semata, karena terlalu banyak perkara lahiriyahnya tampak baik akan tetapi sebenarnya palsu dan sesat.

Hmm,...
Gerakan 'fisik' itu tak bermakna manakala tidak didasari oleh ilmu. Yang "tak bermakna ini" tentu lawan dari 'pribadi sholeh/h.'

Syukron wa Afwan....

wassalamu'alaikum wr wb
~Evi A.~
Medan, 15 April 2010
author

a wife, a mom, a blogger, a survivor of ITP & Lupus, a writer, author, a counselor of ITP & Lupus autoimmune, a mompreuneur, a motivator, a lecturer.