My Sweet Home

Apa itu Fading dan M-Profile dalam sistem komuniaksi satelit?

1.Apa yang dimaksud dengan fading dan apa penyebabnya ?
Jawab :

Yang dimaksud dengan fading adalah variasi sinyal terima setiap saat sebagai fungsi dari fasa, polarisasi atau level sinyal terima. Fading terjadi akibat proses propagasi dari gelombang radio, meliputi pembiasan, pantulan, difraksi, hamburan, redaman, dan ducting. Pengaruh fading terhadap sinyal terima dapat memperkuat ataupun memperlemah, tergantung besar fasa dari resultan sinyal langsung dan sinyal tidak langsung.

Fading ada 2 macam yaitu :
a.Fading cepat
Fading yang terjadi dalam beberapa menit atau jam dimana disebabkan oleh sinyal yang diterima dari ruang hambur merupakan hasil hamburan titik-titik diruang hambur tersebut yang dipengaruhi gerak turbulensi.

b.Fading lambat

Fading yang terjadi dalam jangka waktu beberapa hari, bulan bahkan tahun yang disebabkan oleh :
- keadaan cuaca yang selalu berubah-ubah
- kelembapan temperatur
- tekanan uap di atmosfer akibat perubahan musim
- perubahan indeks bias permukaan bumi yang sebanding dengan level sinyal yang diterima
- perubahan cuaca di atmosfer akibat revolusi bumi mengitari matahari.



2.a.Apakah yang dimaksud dengan M-Profile dan fading?
Jawab :

M-profile atau path profile adalah representasi jalur komunikasi secara grafik antara pemancar dan penerima. Dari path profile dapat ditentukan lokasi dna tinggi antenna masing-masing pemancar dan penerima. Dari path profile dapat ditentukan lokasi dan tinggi antenna masing-masing pemancar dan penerima. Path profile juga memastikan bahwa jalur yang direncanakan bebas dari penghalang seperti bukit dan tidak terdapat subjek yang dapat menyebabkan rugi-rugi seperti pantulan, multipath, dan lain-lain. Dengan kata lain menggambarkan Fresnell zone clearance yang sesuai dengan yang direncanakan.

Fading adalah variasi sinyal terima setiap saat sebagai fungsi dari fasa, polarisasi atau level sinyal terima. Fading terjadi akibat proses propagasi dari gelombang radio, meliputi pembiasan, pantulan, difraksi, hamburan, redaman, dan ducting. Pengaruh fading terhadap sinyal terima dapat memperkuat ataupun memperlemah, tergantung besar fasa dari resultan sinyal langsung dan sinyal tidak langsung.

b. Terangkanlah hubungan antara M-profile dengan fading!
Jawab :

Hubungan antara M-profile dan fading adalah path profile menyediakan informasi visual untuk memastikan bahwa jalur transmisi yang direncanakan bebas dari penghalang dan tidak terdapat subjek yang dapat menyebabkan rugi-rugi seperti pantulan, multipath, dan lain-lain. Subjek yang dapat menyebabkan rugi-rugi dalam propagasi gelombang tersebut mengakibatkan fading.
Dengan demikian path profile akan membantu dalam perencanaan sistem komunikasi LOS agar fading yang menyebabkan rugi-rugi transmisi dapat dihindari atau di kurangi.
author

a wife, a mom, a blogger, a survivor of ITP & Lupus, a writer, author, a counselor of ITP & Lupus autoimmune, a mompreuneur, a motivator, a lecturer.