My Sweet Home

Tips Mengurangi Minus atau Slindris di Mata Versi Evi

Pertanyaan dari sahabat Evi:
Febby AyuIsmira Ginting like kak :)
itu minus d mata gmn kok bs brkurang kk ?? heh

Fitri Resty Rahayu Aq jg minus bnyk bgt mb.... Mb evi koq bs berkurang resepnya apa??

Jawabannya :

Untuk dek Febby AyuIsmira Ginting dan mba Fitri Resty Rahayu, mengurangi minus mudah kok ^_^.
Sebenarnya Evi ga tau juga kalau minus Evi berkurang, tapi inilah berkah ya mba. Saat kepala sangat pusing, dipikir dokter ada gangguan di mata atau minus dan silindrisnya bertambah. Saat diperiksa keseluruhan mata sampai saraf. Alhamdulillah normal. Mungkin karena aktivitas Evi yg terlalu padat dan pikiran yang berat akhir-akhir ini. Ga taunya saat diperiksa malah gejala yang ditakutkan itu berkurang.

Resep untuk mengurangi minus atau silindris di mata versi Evi lakukan :

1. Setiap hari terutama pagi hari melihat pemandangan alam yang indah, khususnya yang hijau-hijau.
Biasanya Evi selalu melihat tanaman dan bunga-bunga yang ada dihalaman rumah. Sembari hati bersyukur masih diberi nikmat oleh Allah bahwa mata ini masih melihat indahnya ciptaan-Nya.

2. Melakukan olah raga mata
-Sebelum melakukan olah raga mata, rasakan tubuh kita senyaman gitu, senang dengan pikiran-pikiran yang positif. Buang jauh-jauh pikiran negatif.

-Bernafas dengan rileks.
Biasanya Evi melakukan teknik pernafasan dengan metode 5, 20, 10. Kita tarik nafas, hisap 5 detik kemudian kita tahan 20 detik lalu kit akeluarkan 10 detik melalui mulut diantara sela-sela gigi. Jadi kita menghisap, memasukkan udara melalui hidung, lalu kita tahan, kemudian kita keluarkan secara perlahan-lahan dalam 10 hitungan. Lakukan secara rutin 10 kali sehari setiap hari, bangun tidur atau mau tidur. Maka kita akan mendapat fisik yang segar.

-Lakukan olah raga mata
► Lihat lurus ke atas, lakukan selama tiga detik. Lalu lihat lurus ke bawah selama tiga detik. Lakukan sebanyak tujuh kali. Setelah selesai kejapkan mata beberapa kali
► Lihat ke kanan lakukan selama tiga detik dan lihat ke kiri lakukan selama tiga detik. Lakukan sebanyak tujuh kali. Setelah selesai kejapkan mata beberapa kali.
► Lihat ke kanan selama tiga detik, lalu lihat lurus ke depan selama tiga detik, selanjutnya lihat ke kiri selama tiga detik, lalu lihat lurus ke depan lagi selama tiga detik. Lakukan sebanyak tiga kali. Setelah selesai kejapkan mata beberapa kali
► Lakukan gerakan melingkar pandangan mata kita mulai dari arah kiri ke kanan (jangan ada sudut) sebanyak tujuh kali. Setelah itu kebalikannya dari arah kanan ke kiri. Setelah selesai kejapkan mata beberapa kali.
► Pandangan mata ke arah atap rumah atau atas. Lakukan gerakan melingkar seperti point sebelumnya. . Setelah selesai kejapkan mata beberapa kali.
► Lakukan gerakan melingkar tersebut (poin 4 dan 5) dengan mata tertutup.
► Coba lakukan gerakan fokus dengan memnadang suatu objek dengan fokus saat kita gerakkkan objek tersebut. Catatan, penyinarannya harus dalam keadaan baik alais tempat yang terang.
► Rilekskan mata. Dengan merasakan keindahan alam setempat dan pejamkan mata. Rasakan bahwa kita sedang berada di tempat yang sejuk. Sambil gosok k dua tangan kita dan taruh kedua tangan di mata kita (tanpa menyentuh kelopak mata). Rasakan kehangatan yang ada, saat mata kita terpejam.

3. Konsumsi madu, habbatasauda dan minyak zaitun.

4. Konsumsi jus wortel, dengan kelang 1 hari.
Hari ini minum jus wortel, besok tidak. Besok minum lagi. (tapi ini Evi lakukan selama 1-3 bulan saja atau selama wortel ada di rumah). Lebih bagus lagi, kata dokter Evi di konsumsi dalam keadaan utuh alias jangan di jus karena serat vitaminnya bisa hancur.

5. Konsumsi sayuran hijau dan buah-buahan

Semoga bermanfaat ya sahabatku.
Medan, 18-12-2011
~Evi A.~

Referensi tambahan Evi : Rasulullah is My Doctor, karya : Jerry D. Gray
author

a wife, a mom, a blogger, a survivor of ITP & Lupus, a writer, author, a counselor of ITP & Lupus autoimmune, a mompreuneur, a motivator, a lecturer.