25 Tips Mengelola atau Mengatasi Stress dan Emosi ala Evi Andriani

 


Setiap orang memiliki masalah dan ujian hidup yang berbeda-beda. Ada yang ringan masalahnya, ada yang sedang ujiannya, dan ada yang berat. Setiap orang juga memiliki kemampuan penyelesaian masalah atau ujian hidup yang berbeda-beda.


Ada yang mampu menyelesaikannya sendiri, ada yang butuh bantuan orang terdekat, keluarga atau sahabatnya, bahkan ada yang sampai memerlukan bantuan ahli terapi seperti psikolog, psikiater, bahkan para ustadz dan ustadzah yang membantu menangani atau menengahi masalahnya.


Saya pribadi juga pernah mengalami masalah yang ringan, sedang, hingga berat. Bahkan rasanya ingin pergi saja dari dunia fana ini yang penuh ujian, kekotoran, kekejaman, pengkhianatan, kejahatan, dll. 


Namun, selama kita masih terus beribadah, masih terus berprasangka baik pada Allah (husnudzon pada Allah), masih terus ingin berburu ibadah dan amalan hidup, masih ingin bertaubat, kemauan lainnya yang positif, maka kita bisa atasi stres dan emosi negatif dalam hidup.


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Stres adalah gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor luar; ketegangan. 


Semula berawal dari stres lalu muncul emosi negatif, prasangka negatif, pikiran putus asa, abai pada segala sesuatu yang positif, menyebabkan kita sulit untuk bergerak maju ke depan. Kita akan terus mundur dan terjatuh, bahkan bisa masuk ke jurang paling dalam. Oleh sebab itu, jika kita lihat sekitar kita, berita-berita, kejadian, atau drama korea yang memperlihatkan karena stres atau depresi banyak orang bunuh diri. Na'dzubillahi min dzalik.


Jangan sampai itu menimpa kita ya sahabat. Fokus pemulihan diri. Selama bulan Ramadan ini, saya ada tip mengelola stres dan emosi ala saya sendiri. 


Tips Mengelola Stress dan Emosi ala Evi Andriani yaitu:


1. Berprasangka baik pada Allah


Allah memberikan masalah, ujian, cobaan hidup kepada hamba-Nya sesuai kadar kesanggupan kita. Tidak mungkin Allah beri kita hal tersebut di luar kemampuan kita, tinggal kita mencari jalan upaya untuk menyelesaikan masalahnya.


Sebagaimana Allah berfirman:

"Allah tidak membebani seseorang, kecuali menurut kesanggupannya. Baginya ada sesuatu (pahala) dari (kebajikan) yang diusahakannya dan terhadapnya ada (pula) sesuatu (siksa) atas (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa,) “Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami salah. Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami."


2. Sibuk dalam beribadah dan beramal shalih


Ketika kita sibuk dalam beribadah dan beamal shalih khususnya di bulan Ramadan ini, kita dapat melupakan masalah-masalah kita. Bahkan kita sampai bisa ikhlas atau menemukan petunjuk dalam menghilangkan stres atau masalah kita.


3. Tilawah Al quran


Keajaiban membaca al quran sudah tidak perlu diragukan lagi. Sangat baik untuk syaraf-syataf di otak kita. Menenangkan batin kita. Terkoneksi kepada Allah dan keluarga kita. Sehingga semua permasalahan menjadi ringan. Stres dapat diatasi. Emosi negatif bisa di redam.


4. Menulis


Menulis yang baik dapat mengurasi stres dan emosi negatif yang ada pada tubuh kita. Tulislah yang engkau sukai, tulislah tulisan yang positif bukan tulisan negatif. Karena tulisan itu memengaruhi otak dan tubuh kita. Tulisan juga membuat kita sehat.


5. Melakukan hobi yang disukai


Melakukan hobi juga bisa mengurangi stres. Misal suka hobi menanam, menonton film, memasak, pokoknya segala kegiatan yang disukai akan berdampak baik dan positif kepada kita.


6. Memperhatikan pola makan yang baik (diet sehat)


Pola makan yang baik memengaruhi tingkat stres kita. Kurangi kafein dan makan tinggi kalori atau gula saat sedang stres. Kalau mau makan coklat untuk mengurangi stres, makanlah secukupnya.


7. Minum vitamin


Vitamin sangat baik untuk tubuh. Jika tubuh stres mintalah ke dokter umum terdekat untuk meresepkan vitamin yang dapat mengurangi stres.


8. Minum madu


Madu memiliki banyak peranan penting buat tubuh. Apalagi orang yang stres jika minu madu, akan adem dan menikmati manisnya madu.


9. Rajin konsumsi minyak zaitun


Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, seperti:


1) Mengontrol tekanan darah
2) Mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung
3) Menurunkan kadar kolesterol
4) Mencegah pertumbuhan sel kanker
5) Memelihara fungsi otak
6) Menjaga berat badan
7)Mengatasi sembelit
8) Mengendalikan kadar gula darah
9) Melembapkan kulit kering
10) Menjaga kesehatan mulu
11) Dan banyak manfaat lainnya.


Keistimewaan minyak zaitun tertuang dalam hadist Rasulullah, yaitu dari Abu Hurairah ra. Nabi Muhammad Saw bersabda, “Makanlah minyak (zaitun) dan berminyaklah dengannya. Sungguh ia berasal dari pohon yang diberkahi.” (HR. Ibnu Majah).


10. Rutin minum VCO (Virgin Coconut Oil)


Minyak kelapa virgin (VCO) berasal dari ekstraksi minyak dari kelapa yang belum mengalami proses pemanasan atau pemrosesan kimia berlebihan.


Manfaat VCO yaitu:
1) Sebagai Antioksidan
2) Menekan pertumbuhan bakteri dan virus
3) Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
4) Meningkatkan kesehatan kulit
5) Kesehatan kardiovaskuler
6) Menyehatkan dan menguatkan rambut
7) Melindungi dari Karies Gigi
8) Mengatasi Obesitas
9) Menurunkan Berat Badan
10) Mengatasi Diabetes
11) Menyeimbangkan Hormon
12) Meningkatkan Tenaga
13) Melancarkan Pencernaan


Sesuai fungsi itu, VCO dapat menjaga tubuh kita agar tetap fit dan sehat walaupun lagi stres dan emosi negatif yang berlebihan. 


11. Makan buah dan sayur


Di dalam sayur banyak kandungan vitaminnya. Makanya bagus makan sayuran.


Di bulan Ramadan banyak buah yang bisa kita makan, ada kurma (saya pribadi suka banget kurma ajwa, karena manfaatnya sangat banyak, harganya juga lumayan mahal dibanding kurma lainnya), semangka, pisang, melon, alpukat, pepaya, dll. Yang pasti jangan dulu yang asam-asam diminum saat perut kosong atau berpuasa, yang ada nantinya sakit perut.


Makan buah dan sayur memiliki segudang manfaat, apalagi jika kondisi kita sedang stres, buat tubuh tetap fit, pikiran dan syaraf kita tetap baik. 


12. Minum air putih yang cukup


Seseorang yang sedang mengalami masalah, apalagi sampai stress biasanya lupa minum air putih. Padahal air putih sangat penting untuk tubuh kita.


Fungsi air putih seperti mencegah dehidrasi, menjaga kesehatan sendi, otot, jantung, pencernaan, kulit, ginjal, dll. Selain itu juga membantu penyerapan makanan, menghilangkan bad mood, meningkatkan mood, mengontrol hormon kortisol dan adrenalin yang akan dilepaskan ketika Anda mengalami stres.


13. Olahraga dengan teratur


Olahraga penting buat tubuh, minimal 1x seminggu olahraga. Kalau setiap hari lebih baik. Sempatkan 15menit sampai 1 jam untuk olahraga agar tubuh bugar dan sehat. Kalau stres bisa lakukan olahraga yoga atau meditasi self healing.


14. Tidur yang cukup


Tidur cukup membuat badan fit. Kalau tidur tidak cukup nanti badan sakit, kepala sakit, mata sakit, pegal-pegal, sendi sakit, bahkan struktur sel kita juga bisa sakit. Jika karena stres ga bisa tidur, apalagi sudah lebih dari dua hari ga bisa tidur, maka minta obat tidur atau vitamin agar mudah tidur ke dokter umum atau spesialis. Karena kurang tidur dapat memperburuk stres dan mendatangkan penyakit lain di tubuh.


15. Berpikir positif dan berprasangka baik kepada orang lain


Tubuh yang sehat harus seimbang dengan pikiran dan jiwa yang sehat. Agar tubuh, pikiran, dan jiwa sehat, maka hidup kita harus positif. Lalukan kegiatan yang positif, berprasangka baik kepada orang lain, berkata-kata positif, dan bergaul dengan orang-orang yang positif. Maka sehatlah kita.


16. Memaafkan


Maafkan orang-orang yang sudah menyinggung perasaan kita, maafkan orang tua kita atas luka pengasuhan yang dibuatnya, maafkan orang-orang yang membuat luka di hati kita agar tubuh dan sel-sel kita baik. Minta maaf juga ke diri kita sendiri karena telah membuatnya sakit, sedih, marah atau stress. Berterima kasihlah pada diri kita setelah kita memaafkan atau meminta maaf. 


17. Pasrah, ikhlas, dan sabar


Jika ingin hidup sehat dan damai, pasrahkan segala sesuatu kepada Allah. Ikhlaskan semua masalah dan ujian yang dihadapi. Sabarlah selalu menghadapi sesuatu. InsyaAllah tubuh kita akan sehat.


18. Berserah diri dan Berdoa kepada Allah


Berserah diri yang baik yaitu kita berusaha atau berikhtiar semaksimal yang kita mampu baru setelah itu kita bertawakal/berserah diri.


Setelah berserah diri kita udah pasrah saja  gak berdoa lagi ? Ya tidak, justru kita terus berdoa, dan makin minta ke Allah, karena Allah suka kepada hamba-Nya yg merengek dan butuh.


Kalau kita minta sesuai yg kita mau bukan berarti kita ngatur Allah, namanya minta ya udah minta aja sesuai yg kita mau tapi masalah Allah mau beri sesuai yg kita minta atau tidak, itu yg baru kita gak boleh ngatur dan kecewa karena bisa jadi yg baik menurut kita belum tentu baik menurut Allah karena Allah paling tahu apa yang terbaik buat hamba-Nya, tapi yag dari Allah pasti yang terbaik, wallahu ahlam.


- Mintalah petunjuk kepada Allah agar dapat menyelesaikan masalah yang ada.
- Berdoalah kepada Allah dengan baik, perhatikan adab-adab dalam berdoa
- Mintalah kemudahan dalam hidup
- Mintalah keberkahan dalam hidup
- Mintalah segala sesuatu yang baik sama Allah.


Ada yang cepat terkabul doanya, ada yang lama baru terkabul. Jangan pernah menyerah dan putus asa, teruslah berikhtiar.


19. Self Healing


Saya kalau sudah punya banyak masalah, atau sakit autoimun kambuh, stress, sedih, depresi, saya melakukan self healing sendiri. Self healing mampu menenangkan diri kita dan membuat kita berpikir baik.


20. Atur pola waktu (manajemen waktu)


Aturlah waktu-waktu kita dengan baik. Apalagi di bulan Ramadan. Mana waktu untuk menulis, bangun tidur/sahur, bekerja, dan istirahat.


21. Mendengarkan Musik atau Murottal Quran


Bila suntuk bisa mendengarkan musik atau menghidupkan murottal quran. Agar adem pikiran dan jiwa kita.


22. Curhat kepada sahabat/teman/keluarga


Bila kita punya masalah yang tidak dapat kita selesaikan sendiri, maka carilah solusi/petunjuk, nasihat dari teman, sahabat, atau keluarga kita. Agar kita dapat menyelesaikan masalah di dalam diri kita.


23. Konsultasikan ke ahlinya


Bila stres, depresi kita berat dan parah, konsultasikan ke ahli psikologi seperti psikolog atau psikiater. Bisa juga ke ustadz atau ustadzah untuk mencari jalan keluar.


24. Bertemanlah dengan teman yang baik dan shalih/shalihah


Teman baik dan shalih/shalihah akan memberikan dampak baik dan positif bagi kita. Stres kita dapat dikelola dengan baik dan bisa hilang, sehingga kita menjadi sehat mental dan jiwa kita. 


25. Jagalah wudu


Apabila wudu kita dijaga, maka Allah akan selalu jaga kita. Walaupun stres diri kita, Allah selalu jaga kita. Setan pun tak bisa ganggu kita atau berbuat jahat pada kita. Bahkan keajaiban wudu salah satunya bisa meredam emosi atau marah, sedih, pada diri kita. 


Masalah yang kita alami, jangan kita cuekin, jangan kita abaikan, tapi selesaikan.  Agar tidak ada di diri kita rasa kesedihan, penyelesaian, sakit hati, penyakit hati, dan terganggunya kesehatan mental. Ayo kita bangkit dan berjuang agar stres dapat dikelola dan diatasi. Cara mengatasinya bagaimana? Baca 25 tips yang saya tulis di atas.


Semoga bermanfaat ya sahabat.


Saya senang menulis, salah satunya karena bergabung di blogger FLP.  Mampir yuk di sini : Website Blogger FLP 


Salam santun,
Evi Andriani
Depok, 2 April 2024

Posting Komentar untuk "25 Tips Mengelola atau Mengatasi Stress dan Emosi ala Evi Andriani"