My Sweet Home

Jangan Menyerah (tafsir QS.Al Insyirah 94:5-8 )

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.”
(QS (Al-'Asyr) 94:5-8)

Pernah mengikuti kajian tafsir yang dibawa oleh ustadzah aufa.., paparan beliau mengatakan :

ayat 5-6 : Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan (Fa inaa ma'al 'usri yusra.., inna ma'al usri yusra..)

Dalam bahasa arab kata ' yusra ' yang artinya mudah (tanpa alif laam) maknanya kemudahan yang tiada terhingga, sementara kata ' al-usri ' yang artinya sulit (dgn alif laam) menunjukkan kesulitannya spesifik ke satu objek. Dan kata ini diulang sampai dua kali, yang dapat diambil makna bahwa Allah ingin memberi penekanan atau penegasan tentang janjiNYA ini, bahwa setiap ada kesulitan Allah memberikan kemudahan setelahnya, dan kemudahan yang tiada terhingga, bisa satu, dua, sepuluh, 100,1000, dst...

ayat 7 : Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan)yang lain) (Faidzaa faraghta fanshab..,)


kata ' faraghta ' berasal dari kata ' faragha ' yang artinya kosong. tapi kosong disini ibarat kosongnya gelas yang sebelumnya terisi penuh. maknanya adalah kehidupan seorang mukmin adalah sebuah ritme perputaran waktu yang tak pernah putus akan aktivitas yang selalu membawa manfaat, dan aktivitas itu berlangsung secara simultan, terus menerus tanpa putus, sehingga ketika selesai sebuah pekerjaan, tiada jeda untuk waktu yg terbuang sia-sia kecuali kembali melanjutkan pekerjaan lain".

Luarbiasa tuntunan Allah terhadap produktivitas waktu seorang mukmin, sehingga tidak dibiarkan waktu yang terbuang sia-sia karena kata sebuah hadits 'kemubadziran adalah temannya dengan syetan'.

Kemudian Allah menyandingkan janji akan ada kemudahan yang diberikan ketika kesulitan datang dengan anjuran untuk bekerja terus menerus (supaya manusia mau berusaha/bekerja sungguh-sungguh tanpa putus dengan keyakinan bahwa Allah selalu memberi kemudahan)

ayat 8 : kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap (wa ilaa rabbika farghab..)
Ketika manusia sudah mengerahkan segala ikhtiar , maka tawakkal adalah puncak diatas segala ikhtiar. Hasil kembalikan pada Allah, karena tugas seorang manusia hanyalah berusaha semampunya..


Keep spirit bro and sist.., bekerjalah.., berusahalah.., bergeraklah.., karena Allah akan selalu bersama kita
(insyaAllah)


wallaahu'alam

~zahrasyahidah~
jum'at, 11 desember 2009
author

a wife, a mom, a blogger, a survivor of ITP & Lupus, a writer, author, a counselor of ITP & Lupus autoimmune, a mompreuneur, a motivator, a lecturer.

20 comments

assalamu'alaikum..
trimakasih datanya
semoga tetap istiqomah dgn dakwah tulisanya
salam kenal

jzki
-muslim psi07-

reply

wa'alaikum salam wr wb
Alhamdulillah jika bermanfaat
tetap semangat selalu dalam berdakwah

Jazakallah khairan
~Evi A.~

reply

thanks buat jawabannya

reply

Sama-sama Diarynka. Semoga bermanfaat

reply
avatar
usman mukarrom

Assalamu'alaikum mbak Evi ada koreksi untuk tulisan anda, "kata sebuah hadits 'kemubadziran adalah temannya dengan syetan'". Yang benar bukan hadits tapi ayat Al-Qur'an surah Al-Israa'/17 ayat27. tolong lebih hati-hati ya mbak. Wassalam. Usman Mukarrom.

reply

ibu'........... ibu Evi.... sumber dari makna tafsir surat Al-Insyirah itu dari mana??? saya hendak jadikan refrensi untuk tugas kuliah.... saya kuliah di IAIN Sunaan Ampel Surabaya, nama saya majidah semester 6 psikologi. fakultas dakwah.....

reply

subhanallah luar biasa, ini adalah merupakan ayat motivasi buat kita semua... ^_^
terimakasih Bu Evi :)

reply

Luar biasaaa....
Tpi dsitu tadi ada kterangan kmubadziran Adl temannya syetan,bukan kah mubadzir tu saudaranya syetan ? Yg ada d qur'an surah al isra' 27 ..
Syukron.. Mumtazz... Lanjutkan untux brdakwah..

reply

Terima Kasih....
Semoga Allah SWT. Selalu melimpahkan Rahmad serta Hidayah-Nya kepada kita semua...Aamiin" Yaa Robbal 'alamiin....

reply

Kata Ma'a dalam tulisan ini diterjemahkan sebagai "sesudah atau setelah" padahal arti kata yang sesungguhnya dalam bahasa Arab ma'a itu berarti "bersamaan atau berbarengan" Apakah bisa menunjukkan referensi kata ma'a berarti sesudah atau setelah? terimakasih

reply

janji allah memberikan kita motifasi yang tinggi dalam menjalani kehidupan

reply

salam kenal ummi.... ijin sedot makna insyirahnya ya... my blog :http://lajurdakwah.blogspot.co.id/

reply

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

reply

Terima kasih telah memberikan pencerahan melalui artikel ini.

reply

trimakasih infonya.....
Obat Pembesar Penis
aryavimaxasli.com

reply