My Sweet Home

Resep Membuat Coklat Ala Evi Andriani

Alhamdulillah telah berhasil membuat coklat sendiri. Ternyata mudah ya. Tidak sesulit yang saya bayangkan.


Bahan-bahan membuat coklat :
1. Coklat jenis dark chocolate ukuran 1 kg atau white chocolate
2. Isinya : selai, choco chips, dan kacang coklat
3. Cetakan coklat dan tempat untuk tim coklat
4. Wrap plastik




Resep membuat coklat ala Evi :
1. Tim coklat hingga meleleh.
Ada beberapa cara dalam tim coklat yaitu
(1) Panaskan coklat dengan menggunakan wadah yang cepat melelehkan bisa terbuat dari aluminium stainlessteel atau bahan plastik lainnya (saya gunakan jenis tupperware) di atas air yang mendidih.
(2) Panaskan coklat dengan menggunakan wadah yang cepat melelehkan bisa terbuat dari aluminium stainlessteel atau bahan plastik lainnya (saya gunakan jenis tupperware) di dalam magic jar atau bisa juga coklat langsung dicairkan di dalam magic jar.









Kedua cara di atas sudah saya coba dan berhasil. Tapi ingat jangan mencampurnya dengan susu atau gula. Karena setelah saya coba baik susu cair  yang dipanaskan lalu campur coklat, atau sebaliknya coklat ditim hingga meleleh lalu campur susu cair malah membuat coklat semakin kental dan jika dibiarkan beberapa lama cepat mengeras sehingga susah untuk dicetak.


2. Masukkan cairan coklat yang telah ditim hingga meleleh tadi ke dalam cetakan coklat.

Jika ingin memasukkan isi ke dalam coklat, maka di isi setengah cetakan dulu, baru masukkan isi coklat bisa dengan kacang, choco chip, selai, atau coklat kacang. Lalu tutup kembali dengan cairan coklat setengahnya lagi.




3. Setelah penuh satu cetakan, masukkan ke dalam lemari pendingin agar cepat mengeras.



4. Beberapa menit kemudian, ambil cetakan coklat dari lemari pendingin. Dan keluarkan secara pelan-pelan coklat dari cetakannya.



5. Setelah keluar semua coklatnya, maka wrap dengan plastik coklat agar tidak meleleh. Oh ya, jangan lupa coklat yang berembun akibat masuk lemari pendingin, kita lap sebelum diwrap, agar menghindari basah yang mempercepat coklat meleleh kembali.


 Hasil wrap terlihat dalam foto di atas.
Cantik bukan. Siap untuk disajikan.
Fungsi wrap agar coklat tahan lama dan ga mudah meleleh.

Semoga bermanfaat tulisan ini. Mari praktik buat coklat. Mudah dan enak.

NB :
- saya menggunakan bahan dark chocholate yang 1kg dengan kualitas terbaik.
- saya kurang suka dengan bahan coklat berwarna yang sekarang banyak dijual dengan harga murah bervariasi tanpa merk.
- saya tidak menggunakan tambahan gula dan susu karena saya kurang suka. Tapi jika teman-teman suka susu, beli saja bahan mild chocolate.
- jika ingin menggunakan pewarna, gunakan dari sari buah-buahan yang berwarna seperti melon, buah bit, buah naga, dll atau gunakan coklat berwarna dengan merk yang berkualitas.


Salam santun,
~Evi A.~
Medan, 1 Agustus 2013
http://eviandrianimosy.blogspot.com/
author

a wife, a mom, a blogger, a survivor of ITP & Lupus, a writer, author, a counselor of ITP & Lupus autoimmune, a mompreuneur, a motivator, a lecturer.