My Sweet Home

Tugas Computer Organization dan Computer Architecture

1.Uraikan secara ringkas tapi jelas, arti dari istilah-istilah Computer Organization dan Computer Architecture !
Jawab :
- Computer organization atau organisasi komputer berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural. Atribut-atribut organisasional meliputi rincian hardware yang dapat diketahui oleh pemrograman, seperti signal-signal control, interface computer dan peripheral, dan teknologi memori yang digunakan.

- Computer Architecture atau arsitektur komputer berkaitan dengan atribut-atribut sebuah system yang tampak (visible) bagi seorang pemrogram. Arsitektur computer berkaitan dengan atribut-atribut yang memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program. Contoh-contoh atribut arsitektural adalah set instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk merepresentasikan bermacam-macam jenis data (misalnya bilangan, karakter). Mekanisme I/O, dan teknik-teknik pengalamatan memori.

2. Faktor-faktor apa yang dapat meningkatkan kecepatan-olah (processing-speed) instruksi didalam suatu prosesor? Uraikan jawaban saudara!
Jawab :
- Yang dapat meningkatkan kecepatan olah prosessor adalah clock, bus ditambah dan diperlebar, cache.

3. Apa yang dimaksud dengan processor memory bottleneck ?
Jawab :
- Processor memory bottleneck mempengaruhi performance microprosessor dengan memperlambat aliran informasi back dan forth dari CPU dan memory. Jika semua komponen dari system ini tidak mampu untuk mengejar jumlah yang sama dari data pada kecepatan yang sama, maka dibuatlah delay. Untuk contoh. prosesor 2GB akan severely bottlenecked dengan bandwidth memory 800MB.
- Bottlenecks mempengaruhi performance jaringan dengan memperlambat aliran informasi yang dikirimkan (transmitted) melalui jaringan. Koneksi TCP/IP sesungguhnya diciptakan untuk mengirimkan text files saja dan proliferasi dari transimisi intensive bandwidth seperti high-resolution graphics telah menyebabkan bottlenecks dalam proses kemudian, data menyeberangi jaringan lebih lambat.

4. Tuan Moore membuat “hukum” tentang perkembangan Integrated Circuits (IC). Bagaimana bunyi hukumnya? Uraikan secara ringkas!
Jawab :
- “By shringking size of lines in IC chips by 10%, industry may get new IC with 4 times transistor density every 3 years!” atau bisa diartikan bahwa dengan memperkecil ukuran garis yang membentuk rangkaian transistor pada silikon kurang lebih 10% per tahun- denagn pembuat keping akan dapat menciptakan generasi baru keping dalam setiap tiga tahun- dengan jumlah transistor empat kali lipat. Pada keping-keping memori, hal ini meningkatkan kapasitas dynamic random-access memory (DRAM) sebanyak empat kali lipat setiap 3 tahun.

5. Konsep family architecture menyebabkan munculnya istilah upward atau downward compatible. Apa artinya kedua istilah tersebut?
Jawab :
- Upward compatible bisa diartikan bahwa program atau software yang diciptakan atau dibuat dari operating system yang sebelumnya dapat bekerja dibawah operation system yang sama atau yang lebih baru. Sebagai contoh, program yang di design untuk bekerja pada intel 386, dapat juga bekerja pada Pentium.
- Sedangkan untuk Downward compatible berarti bahwa program yang dijalankan tidak hanya bekerja pada operating system yang dipakai saat itu, tapi juga pada operating system sebelumnya. Sebagai contoh: program yang didesign untuk bekerja pada MS-DOS 6.0 dapat juga bekerja pada MS-DOS 5.0.

Berikut ini adal 3 soal yang harus anda selesaikan dengan instruksi mesin IAS terlampir. Kondisi awal memory IAS tertera pada lembar berikutnya. Setiap pertanyaan berdiri sendiri, tidak saling terkait. Masing-masing soal mengasumsikan kondisi awal sesuai isi memory terlampir.

IAS Instruction Sets





6.Bila X = 1015, apa dampak dari pelaksanaan instruksi LOAD M(X) ?
Jawab :
- Isi memory dengan alamat 1015 akan dikopi ke acc.
Jadi isi acc : 0000000000000000000000000000000000001000

7. Bila X = 1014 berapa isi AC setelah pelaksanaan instruks SUB M(X) ?
Jawab :
- M(X) dikurangi dengan MQ, ditaruh bit hasil yang paling signifikan di Ac, taruh bit yang paling tidak signifikan di MQ.
1111111111111111111111111111111111111100

8. Bila X = 1018, apa dampak dari pelaksanaan instruksi JUMP M(X,0:19)?
Instruksi apakah yang dituju oleh instruksi JUMP tersebut?
Jawab :
- Ambil instruksi berikutnya dari separuh kiri M(X), Perintahnya DIV M(X)
author

a wife, a mom, a blogger, a survivor of ITP & Lupus, a writer, author, a counselor of ITP & Lupus autoimmune, a mompreuneur, a motivator, a lecturer.