My Sweet Home

Berbuatbaiklah dengan Tak Terbatas







Berbuatbaiklah dengan Tak Terbatas

Balaslah kebaikan dengan kebaikan, keburukan dengan kebaikan. Karena sesuatu yang baik hasilnya juga akan baik. Akan datang banyak nikmat dan karunia yang Allah berikan untuk kita.

Seperti teladan kita, Rasulullah, ia selalu membalas segala sesuatu yang membuat dirinya sedih, terluka, terhina, terlecehkan bahkan terzalimi selalu dibalasnya dengan kebaikan dan senyum yang indah.

Sahabatku, jikalau ada di bulan Ramadhan ini seseorang yang membuatmu sedih, marah, jengkel, terhina, atau terzalimi maka tersenyumlah padanya, ucapkan maaf dan berterima kasihlah atas apa yang telah ia perbuat padamu.

Karena sungguh sikap kita ini adalah sikap mulia. Dengan sikap mulia ini kita telah sekaligus belajar untuk menjadi insan yang sabar dan ikhlas dalam menghadapi cobaan.

Allah dan penduduk bumi serta langit sangat mengagumi orang-orang yang bersikap mulia dengan kebaikan. Orang-orang yang baik akan Allah berikan banyak nikmat baik di dunia dan akhirat; baik rezeki, pahala ataupun surga.

Dari Anas ra, ia berkata, "Aku mendengar Rasulullah saw bersabda, 'Sesungguhnya Allah SWT berfirman: Apabila Aku menguji salah seorang hamba-Ku dengan kebutaan pada kedua matanya, kemudian dia sabar, maka Aku akan menggantikannya dengan surga,'" (HR. Bukhari)

Janganlah takut apabila kita diberi cobaan. Karena cobaan itu adalah pertanda Allah sayang dan cinta sama kita agar senantiasa kita menjadi orang yang selalu baik.

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata, "Rasulullah saw bersabda, 'Siapa saja yang dikehendaki Allah menjadi orang baik, maka ia akan diberikan cobaan.'" (HR. Bukhari)

Begitu juga jika kita ridha terhadap ujian dari-Nya maka ia pun beri kita pahala dan mengampuni dosa-dosa kita.

Hal ini seperti yang dikatakan Rasulullah pada hadist : Dari Abu Sa'id dan Abu Hurairah ra dari Nabi saw, beliau bersabda, "Seorang muslim yang tertimpa kecelakaan, kemelaratan, kegundahan, kesedihan, kesakitan, dan kedukacitaan, sampai yang tertusuk duri, niscaya Allah akan mengampuni dosanya sesuai apa yang menimpanya."(HR. Bukhari-Muslim)

"...Sesungguhnya besarnya pahala itu tergantung besarnya ujian..." (HR. Tirmidzi)

Sungguh menyenangkan bukan, jika kita selalu berbuat kebaikan tanpa batas, kenikmatan yang datang juga akan tanpa batas.

Percaya nggak sahabat? Pastinya harus percaya karena janji Allah itu tidak pernah ingkar.

Banyak kenikmatan secara nyata yang telah saya alami sendiri. Dan saya yakin sahabat lainnya juga banyak mengalami hal yang sama yaitu kenikmatan dah hadiah dari Allah ketika kita berbuat kebaikan.

Jangan pernah juga mengabaikan nasehat baik orang lain, karena bisa jadi nasehatnya itu akan membuat hidup kita menjadi lebih baik dan pemecahan setiap masalah kita dapat diatasi dengan mudah.

Semoga kita senantiasa menjadi insan yang selalu berbuat baik tanpa batas.

Ya Allah ya Rabbana, lapangkanlah dada kami dalam menghadapi setiap pernak-pernik kehidupan. Mudahkanlah kami menghadapi setiap kesulitan. Kuatkanlah kami agar menjadi insan yang tegar dan tangguh. Berilah lubuk hati yang halus, sehingga mampu menangkap hikmah di balik ujian dari-Mu. Ya Rahmaan, Ya Rahiim, berikanlah kami kebahagiaan sejati yang penuh hidayah, rahmat, dan ma'rifat-Mu agar kami senantiasa mampu melihat semua keindahan, kenikmatan, keagungan dan kebesaran-Mu pada wujud yang Engkau ciptakan. Ya Fattah, sadarkan kami agar senantiasa memburu kebaikan dan perbaikan. Isilah hati kami dengan ridha-Mu. Ya Allah, kabulkanlah doa kami ini.

Alhamdulillaahirabbil'aalamiin.

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Salam santun,
~Evi A.~
http://eviandrianimosy.blogspot.com/
Medan, 23 Juli 2012 / 03 Ramadhan 1433H / 23.30-00.30

¸.•*´¯`♥♥♥¸¸.•*´¯`♥♥¸.•*´¯`♥♥♥¸¸.•*´¯`♥♥

author

a wife, a mom, a blogger, a survivor of ITP & Lupus, a writer, author, a counselor of ITP & Lupus autoimmune, a mompreuneur, a motivator, a lecturer.