My Sweet Home

Perjalanan Subuhku di Jakarta

 Perjalanan Subuhku di Jakarta

Hening sepi tak bertepi
Taksi-taksi dan mobil pribadi lalu lalang di tol menuju Cengkareng
Aku duduk dengan manis melihat pemandangan kerlap kerlip cahaya jalanan.
Indah sekali...
Lampu-lampu rumah penduduk juga ikut meramaikan.

Ah, sudah saatnya meninggalkan Kota Jakarta menuju kota lain.
Subuh tadi benar-benar menyenangkan.
Tertidur jam 12 malam dan terbangun jam tiga pagi.
Solat dan mandi di pagi hari benar-benar segar,

Tahukan kita bahwa di Subuh itu banyak keberkahan? Semua pastinya sudah tahu.

Saking begitu sayangnya Rasulullah SAW kepada pengikutnya, beliau berdoa : "Ya Allah berkatilah umatku selama mereka senang bangun Subuh". Dan dalam hadis lain beliau menjamin bila orang senang bangun Subuh maka rezeki dan hidupnya akan berkah seperti sabda Rasulullah SAW: "Berpagi - pagilah kamu mencari segala keperluan atau hajat, karena sesungguhnya di waktu pagi itulah terdapat berkah".

Allah SWT sendiri telah menegaskannya dalam Al Quran: "Dan (dirikanlah pula salat Subuh). Sesungguhnya salat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat)". ( Al Isra (17) ayat 78 ).

Salat Subuh juga dilakukan untuk menilai keimanan seseorang.
Rasulullah meragukan keimanan seseorang dengan menelitinya pada saat salat Subuh. Apabila beliau tidak mendapati orang tadi salat Subuh, maka benarlah apa yang beliau ragukan dalam hati. Ubai bin Ka'ab berkata: "Rasulullah SAW pernah salat Subuh, kemudian berkata, 'Apakah kalian menyaksikan bahwa si Fulan salat?' Mereka menjawab, ' Tidak '. Beliau berkata lagi , ' Si Fulan ? '. Mereka menjawab , ' Tidak '. Maka Nabi Mulia itu berkata: "Sesungguhnya dua salat ini (Subuh dan Isya) adalah salat yang berat bagi orang-orang munafik. Sesungguhnya, apabila mereka mengetahui apa yang ada dalam solat subuh dan isya, maka mereka akan mendatanginya, sekalipun dengan merangkak." (HR. Ahmad dan An-Nasai).

Ibnu Umar RA pun berkata: "Ketika kami tidak melihat seseorang dalam salat Subuh atau Isya, kami langsung berprasangka buruk kepadanya." Dan ujar Imam Malik lagi : "Batas antara kita dengan orang-orang munafik adalah menghadiri salat Isya dan Subuh, sebab orang-orang munafik tidak sanggup menghadiri kedua salat tersebut".
Subhanallah...
Walaupun badan masih lelah karena tiap hari aktivitas tak pernah berhenti di Kota Jakarta tapi masih semangat.
InsyaAllah beberapa hari lagi, aku akan kembali ke Jakarta.

Semangat pagi teman-teman, selamat beraktivitas.

Salam santun,
~Evi A.~
@Bandara Soekarno Hatta. Semoga selamat sampai tujuan. Aamiin
Like · · Promote ·

author

a wife, a mom, a blogger, a survivor of ITP & Lupus, a writer, author, a counselor of ITP & Lupus autoimmune, a mompreuneur, a motivator, a lecturer.