Tempat Wisata Air dan Danau di Sorowako Asyik Buat Liburan

Sorowako adalah salah satu desa atau pemukiman yang ada di Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Di Sorowako lebih dikenal dengan perusahaan tambang nikel oleh perusahaan Vale Indonesia, dulu namanya PT. Inco, Tbk.

Menurut Wikipedia, di sekitar Sorowako terdapat 3 buah danau yang terkenal yaitu Danau Matano yang Sorowako berada persis di pinggirnya, Danau Mahalona dan Danau Towuti. Ketiga danau tersebut dihubungkan oleh sungai Larona.

Tempat yang sudah saya kunjungi yaitu Danau Matano. Sedangkan Danau Mahalona dan Danau Towuti belum saya kunjungi.

Menurut Wikipedia, Danau Matano adalah sebuah danau tektonik dengan ukuran panjang 28 kilometer dan lebar 8 kilometer di Sulawesi Selatan, tepatnya berada di ujung timur provinsi Sulawesi Selatan, berbatasan dengan Sulawesi Tengah. Danau ini berada sekitar 50 km dari kota Malili (Ibu kota Kabupaten Luwu Timur).

Danau ini terkenal dengan Danau Terdalam Se-Asia Tenggara dan berdasarkan analisis karakteristik endapan, Danau Matano merupakan danau tertua di antara empat danau lainnya yang membentuk sistem danau Malili (Towuti, Mahalona, Masapi, Lontoa).

Menurut wikipedia, Danau Towuti adalah sebuah danau yang terletak di Sulawesi Selatan, Indonesia. Secara administratif, danau ini terletak di Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Danau ini memiliki lima pulau di tengah danau yang di antaranya yaitu Pulau Loeha, Pulau Bolong, dan Pulau Kembar.

Sedangkan Danau Mahalona merupakan bagian dari Taman Wisata Alam Danau Mahalona dengan luas 2.289,3 sampai 2440 ha. Danau Mahalona memiliki kedalaman maksimal 73 meter.terletak di ketinggian 300 mdpl ini berada di antara Danau Towuti dan Danau Matano. Tepatnya berada persis di sebelah utara Dn. Towuti.

Tapi sebenarnya ada banyak wisata air yang belum masuk Wikipedia. Yuk baca tulisan saya seterusnya.

Berikut beberapa tempat wisata air atau danau di Sorowako - Sulsel yang pernah saya kunjungi yaitu:

1. Danau Matano - Pantai Ide

Pantai ide merupakan wisata Bahari di desa Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan di pinggiran Danau Matano. 

Banyak orang penasaran kenapa namanya termasuk Pantai Ide. Apalagi saya orang Medan yang baru 2x ke sini karena suami saya asli orang Sorowako. Jadi kalau silaturahmi lebaran suka ke sini juga. Bergantianlah lebaran di Medan dan Sorowako. 

Dinamakan Pantai Ide karena masyarakat sekitar menjadikan  tempat ini mencari ide dan sebagai tempat refreshing pegawai kantor PT. Vale yang berada di sekitar kawasan Sorowako.
Pantai Ide Danau Matano ini dikeliling oleh pepohonan besar dan rimbun sehingga selalu tampak asri dan sejuk. Yang tak kalah menariknya adalah air di Pantai Ide Danau Matano ini bersih dan jernih. Berbeda dengan pantai lainnya di Indonesia yang berada di pinggiran Laut. Di sini tidak ada kepiting atau kerang, tapi kalau ikan masih ada. 

Bila hari libur lumayan cukup ramai kunjungan dan banyak masyarakat desa berjualan jajanan di sekitar Pantai Ide seperti sosis, mie instan, gorengan, minuman, dll. 

Kita bisa berjalan jauh ke dalam jauh di Danau karena adanya papan-papan yang dibangun dari pinggiran pantai, bila sudah di ujung akhir papan, kita bisa melihat luasnya danau, masyaAllah sungguh besar ciptaan Allah. Kita seperti bebas. Kita seakan-akan berada di tengah danau. Damai banget. Awan-awan di atasnya juga sangat cantik. Menambah keelokan Danau Matano. 

Tidak ada tiket masuk berkunjung ke Pantai Ide ini. Hanya saja kalau naik motor ke sini, wajib pakai helm. Karena sebelum masuk ke Pantai Ide ini, kira melewati pos pengaman Perusahaan Vale. Jadi mereka masyarat sekitar pakai helm demi keamanan. 


2. Kampung Taipa



3. Danau Matano - Pantai Malino



4. Laa Waa River Park

Posting Komentar untuk "Tempat Wisata Air dan Danau di Sorowako Asyik Buat Liburan"