Tetap Semangat Memasak Buat Suami Walau Vertigo Parah

Masak Kangkung di tumis, Telur Dadar, Udang Goreng

Sakit bukan penghalang bagi kita untuk memasak. Awalnya saya tidak ingin memasak karena sakit tekanan darah sedang tinggi dan vertigo yang parah. Tiap berbaring, telungkup atau tidur dengan posisi terlentang kepala ini langsung berputar-putar seperti sedang terjadi gempa. Sakitnya luar biasa. Saya coba self healing tidak bisa. Akhirnya saya hubungi dokter hematologi saya, Dr Gino Tann untuk membantu saya membuatkan resep. Alhamdulillah dapat dosis 2x24 mg. Karena saya makan 1 butir (@6mg) tidak mempan mengatasi vertigo ini. Pas makan sesuai dosis sudah agak mendingan lebih baik. Memang belum sembuh total masih suka-suka vertigo, insyaAllah 2-3 hari bisa sehat kembali. Aamiin. Terima kasih dokter. Beliau dokter saya yang paling baik :).

Saat sakit tak tertahankan, biasanya selain dzikir adalah DOA. Berdoalah pada Allah, mohon dikuatkan, disehatkan dan jika sudah batas waktunya, mohonkan pada Allah untuk dimatikan dengan khusnul khotimah. Subhanallah, inilah indahnya berdoa itu. Serasa Allah selalu bersama kita. Dan kita selalu mempercayaiNya. Inilah yang biasa saya lakukan. Saya tidak tahu umur saya sampai kapan, bisa saja besok kita meningal, atau sebulan lagi, atau sebulan lagi, atau setahun lagi, atau puluhan tahun lagi, tetap terus semangat dan memohon akhir yang baik yaitu khusnul khatimah.

Begitu sayangnya saya sama suai. Ga bisa kalau tidak masak untuknya. Untuk ini saya harus masak, tidak peduli saya sedang sakit atau tidak. Jalan trus. Walaupun tekanan darah tinggi 137/81 dan vertigo yang parah dengan dosis obat Merislon 2x24mg (sekali telan 4butir @6mg). Tetap semangat memasak untuk suami .

Tumis Kangkung ala Evi
Bahan-bahannya :
2 ikan kangkung
2 sendok makan minyak, untuk menumis
5 siung bawang putih, cincang halus
(Jika bawangnya kecil-kecil buat jadi 6-7 siung)
2 cm jahe, memarkan atau tumbuk pake batu/pisau
1/2 bawang bombay, iris tipis
4 buah cabai merah, iris serong
1 sdm saus tiram
1 sdm minyak wijen
1/2 sdt garam
200 ml air (jika ga suka banyak kuah bisa 150 ml saja)
1 sdm lada putih

Cara membuat :
- Potong-potong kangkung sesuai selera, cuci bersih, tiriskan.
- Panaskan minyak (bisa minyak makan/kelapa atau minyak zaitun) dengan bersama minyak wijen.
- Lalu masukkan bawang putih, bawang bombay, jahe, tumis sampai harum, lalu masukkan cabai, saus tiram, dan lada putih.
- Kemudian tuangkan air dan tumis hingga sedikit mendidih.
- Masukkan kangkung, aduk-aduk, dan masak dengan api sedang sampai matang. Angkat.

Telur Dadar ala Evi
- 2 buah telur
- 1/2 sdt lada putih
- 1/2 sdt garam
- 1 sampai 2sdm minyak (bisa dari minyak kelapa, zaitun atau blueband)

Cara membuat :
- campur telur dengan garam dan lada putih, kocok sampai mengembang
- Didihkan minyak lalu masukkan telur yang sudah dikocok. Setelah mendidih, api agak dikecilkan agar telur tidak gosong dan masaknya merata. Angkat bila sudah agak kecoklatan.

Catatan : bila ada daun bawang lebih baik lagi. Dikocok bersama dengan telur. Kalau mau pakai cabe juga boleh. Tapi saya ga suka pedas

Udang Goreng ala Evi
- Udang secukupnya.
- 1/2 sdt lada putih
- 1/2 sdt garam
- 1 sampai 2 sdm minyak (bisa dari minyak kelapa, zaitun atau blueband)

Cara membuat :
- Iris kecil-kecil setiap buku-buku udang. (Catatan: kepala,kulit, dan ekor tidak dikupas). Agar pas dicampur bumbu, meresap sampai kedalam udang.
- Aduk udang yang sudah diiris dengan lada putih dan garam.
- Panaskan minyak dengan api sedang, lalu masukkan udang. Setelah warna udang mulai berubah dan terasa wangi udangnya, kecilkan api kemudian balik-balik agar udang tidak gosong dan masaknya merata. Angkat bila sudah matang.

Depok, 21 Juni 2014

~Evi A.~